Kembali ke Pressroom
09 Mei 2022

Konsisten Dukung Kemajuan UMKM, BCA Ramaikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Bangka Belitung

Jakarta, 22 April 2022 – Komitmen BCA untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masi terus berlanjut. DI tahun ini, BCA berkontribusi pada pelaksanaan program pemerintah bertajuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Bangka Belitung 2022.

Peresmian pameran in store Gernas BBI Bangka Belitung dilakukan secara offline yang diselenggarakan di Mall Summarecon Serpong, Tangerang. EVP Transaction & Banking BCA I Ketut Alam Wangsawijaya didampingi Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Bangka Belitung Melati Erzaldi menghadiri seremoni peresmian acara pameran in store “Cahaya Bangka Belitung” dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada Jumat (23/04). Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dan Provinsi Bangka Belitung menampilkan sejumlah produk asli Bangka Belitung sebagai ajang kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang berlangsung hingga Minggu, 24 April 2022.

“BCA bangga dapat kembali menjadi bagian dalam Gernas BBI 2022. Gerakan nasional ini sejalan dengan komitmen kami dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya melalui sektor UMKM. Kolaborasi dari kesamaan tujuan dan gerakan ini akan semakin memperkuat BCA dalam mendorong masyarakat untuk semakin mencintai, mengembangkan, dan meningkatkan nilai tambah produk lokal dan bangga dengan buatan Indonesia,” ujar Ketut.

BCA turut menyukseskan rangkaian kegiatan Gernas BBI dengan membantu program pemasaran dari produk-produk Bangga Buatan Indonesia khususnya dari Bangka Belitung dengan memberikan cashback 25% melalui setiap transaksi menggunakan QRIS BCA mobile, MyBCA dan Sakuku. Pameran ini didukung oleh 16 UMKM non pangan, fashion, kriya dan 20 UMKM pangan dari Bangka Belitung. Rangkaian acara juga dilengkapi oleh berbagai kegiatan seperti fashion show, talkshow, webinar dan banyak lagi. Acara ini digelar dalam rangka mendukung Gerakan BBI Bangka Belitung 2022 dan mewujudkan target 30 juta UMKM, IKM, Artisan untuk on boarding. Selain itu, juga membantu meningkatan penjualan produk atau jasa dari UMKM Indonesia hingga tahun 2023.

Sejalan dengan Gernas BBI, BCA telah mengembangkan program #BanggaLokal di akhir tahun 2020. Terbaru, BCA telah menggelar program Bangga Lokal: Fashioning The Future 2022 guna memajukan UMKM di bidang fashion pada bulan Maret 2022. Program #BanggaLokal telah menghimpun ratusan merchant yang terdiri dari merchant kesehatan & kecantikan, fashion, makanan & minuman serta hobi & aktivitas. Dan, karena memiliki tujuan yang sama, pada tahun 2022 akan menjadi program #BanggaLokal, #BanggaBuatanIndonesia.

Secara kongkret, BCA melakukan pendampingan UKM dengan cara membantu mengkurasi produk-produk UKM sehingga dapat diangkat melalui program promosi dan komunikasi, sehingga dapat meningkatkan awareness dan penjualan; membantu proses persiapan UMKM untuk onboarding dalam e-commerce maupun platform penjualan berbasis digital yang memudahkan konsumen mengakses produk UMKM; serta membantu proses pengembangan Bisnis melalui fasilitas kredit bagi yang memenuhi syarat dan infrastruktur pembayaran elektronik (QRIS dan EDC). Pada triwulan I 2022, BCA mencatat total outstanding penyaluran kredit komersial dan UKM naik 8,2% YoY menjadi Rp188,8 triliun.

“Kehadiran Gernas BBI Bangka Belitung 2022 secara offline dapat menjadi permulaan yang baik di awal tahun ini untuk membangkitkan semangat masyarakat Indonesia dalam membangun bisnis UMKM. Gerakan ini patut didukung oleh semua pihak, terutama di masa pandemi ini. Semoga Gernas BBI 2022 dapat menjadi sarana untuk kebangkitan produk-produk lokal Indonesia,” tutup Ketut.

BCA Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia - Executive Vice President BCA I Ketut Alam Wangsawijaya (kiri) bersama dengan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan (kanan) hadir langsung dalam pameran In store Promotion "Cahaya Bangka Belitung" yang diselenggarakan di Lobby Broadway Summarecon Mall Serpong, Jumat (22/04). Pameran ini diselenggarakan dalam rangka mendukung Gerakan Nasional BBI Bangka Belitung 2022. BCA bangga dapat menjadi bagian dalam Gernas BBI Bangka Belitung 2022, gerakan ini sejalan dengan komitmen BCA yang diharapkan dapat mendukung meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2022, BCA melayani sekitar 30 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 60 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.241 kantor cabang, 18.050 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 20
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA