Kembali ke Pressroom
30 Mar 2022

Tingkatkan Dukungan Penyaluran KUR, BCA Bersinergi dengan PT Panca Budi Niaga Salurkan KUR Rp20 Miliar

Jakarta, 30 Maret 2022 – Sebagai bagian dari sistem keuangan nasional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam mendukung sektor UMKM, salah satunya dengan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) di berbagai sektor usaha. Pada kesempatan ini, BCA melakukan perjanjian kerjasama channeling KUR dengan PT Panca Budi Niaga (PBN), anak usaha PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi kemasan plastik, dengan nilai kerja sama Rp20 miliar. 

Kegiatan sosialisasi KUR ke pedagang dilakukan di Alam Sutera dan dihadiri oleh Luky Hermanto selaku Direktur Markerting PBN dan Benny Virtandy selaku Pimpinan PBN Cabang Jabodetabek, Kepala BCA KCU Asemka Daniel Darmawan, Kepala Pengembangan Bisnis BCA KCU Asemka Helena Effendie, serta Assistant Vice President Commercial & SME Business BCA Hary Poedjiono, pada Rabu (30/03). 

“Dukungan BCA terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus digenjot demi membantu industri tetap berjalan di tengah proses pemulihan pandemi COVID-19. Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyeimbangkan kembali roda perekonomian Indonesia. Kerjasama dengan pola channeling antara BCA dan PBN bertujuan untuk membantu usaha masyarakat di daerah Jabodetabek khususnya pedagang plastik. Dalam Kerjasama ini, BCA juga mengandeng KlikA2C sebagai penyedia layanan yang akan memproses pengajuan via online,” ujar Daniel. 

Melalui kerja sama ini, BCA menyalurkan KUR dengan plafon kerjasama hingga Rp20 miliar. Dalam kegiatan ini, PBN, KlikA2C dan BCA akan memberikan sosialisasi program KUR kepada pedagang dan toko buyer PBN, serta mengedukasi peserta terkait solusi pembayaran melalui QRIS BCA. 

Pada perwujudannya nanti, PBN akan membantu BCA untuk melakukan seleksi atas customer yang layak mendapatkan KUR sesuai kriteria yang telah disepakati, sehingga bantuan ini akan tepat sasaran. Sementara itu, KlikA2C memiliki peran untuk melakukan verifikasi kelengkapan data dan dokumen calon debitur. Selain itu, untuk mendapatkan KUR dari BCA ini, calon debitur juga dipastikan harus memiliki rekening BCA yang aktif dan memastikan untuk melakukan pembayaran tepat waktu. 

Sebagai informasi, KUR BCA hadir untuk debitur individu atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan/agunan tambahan belum cukup. Sepanjang tahun 2021 total penyaluran KUR BCA tercatat sebesar Rp206 Miliar, meningkat 55% yoy. Adapun sektor yang mendominasi adalah perdagangan dan jasa, perkebunan dan pertanian, serta industri pengolahan. 

“Hal ini sejalan dengan upaya BCA dalam mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) maka program ini pun turut serta menerapkan aspek tersebut.  Kami berharap keberadaan program penyaluran KUR ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh UMKM di Indonesia serta membangkitkan semangat untuk keluar dari situasi penuh ketidakpastian,” tutup Daniel.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2021)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2021, BCA melayani 29 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 48 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.034 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA