Jakarta, 9 Agustus 2016 - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui pengangkatan Santoso sebagai Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), yang berlaku efektif sejak tanggal 8 Agustus 2016. Persetujuan tersebut diberikan setelah melalui proses fit and proper test yang dilakukan oleh OJK.
Sebagaimana telah diinformasikan sebelumnya dalam hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan pada 7 April 2016 di mana salah satu keputusannya adalah pengangkatan anggota dewan komisaris dan direksi, termasuk pengangkatan Santoso yang semula menjabat sebagai Kepala Grup Layanan & Pendukung Bisnis Consumer Card BCA menjadi Direktur BCA, yang berlaku efektif jika dan sejak tanggal OJK memberikan persetujuan terhadap pengangkatan tersebut.
Santoso (50 tahun) menjabat sebagai Direktur BCA sejak 8 Agustus 2016. Bertanggung jawab atas Pengembangan Bisnis & Pemasaran Transaksi Perbankan, Pengembangan Solusi Kerjasama Transaksi Perbankan, Pengembangan Produk Transaksi Perbankan, serta Layanan & Pendukung Bisnis Transaksi Perbankan. Sebelumnya, menjabat sebagai Kepala Grup Layanan & Pendukung Bisnis Consumer Card pada 2015 hingga 2016. Karirnya di BCA dimulai pada tahun 1992, sebagai Kepala Bidang Supporting Administrasi. Dalam perjalanan karirnya, sempat menduduki berbagai macam posisi manajerial, seperti Kepala Urusan Marketing Area Non-Jabodetabek II (1996 – 1998), Kepala Biro Area Marketing (1998 – 2000), Wakil Kepala Divisi Jaringan Konsumer, Wakil Kepala Divisi Jaringan Layanan serta Wakil Kepala Divisi Jaringan & Penjualan (2000 – 2005), Kepala Divisi Bisnis Kecil & Menengah (2005 – 2009), Kepala Unit Bisnis Kartu Kredit (2009 – 2012), Kepala Grup Merchant & Kredit Consumer Card (2012 - 2014). Santoso pernah menjabat sebagai Kepala Dana Pensiun BCA (2003 – 2016), Komisaris PT Abacus Cash Solution (2010 – 2016). MenyeIesaikan pendidikan terakhir pada FakuItas Teknik, Universitas Trisakti, Jakarta.
Santoso mengatakan, “Saya mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh Perseroan dan stakeholder BCA. Karena itu saya siap mengemban tanggung jawab ini sebaik-baiknya dan bekerja sama dengan seluruh jajaran komisaris, diresi serta seluruh keluarga besar BCA sebagai Direktur BCA.”
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2016)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14,8 juta rekening nasabah melalui 1.201 cabang, 16.974 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id