Kembali ke Pressroom
10 Des 2016

BCA Gelar Pelatihan Layanan Prima bagi Desa Wisata Puncak Tinggan, Plaga, Bali

Bali, 10 Desember 2016 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Bakti BCA kembali mendukung keberlangsungan pariwisata yang berkualitas di Indonesia. Kali ini, BCA mewujudnyatakannya dengan menggelar pelatihan layanan prima bagi pengurus Desa Wisata Puncak Tinggan, Plaga, Kabupaten Badung, Bali. Kegiatan pelatihan dipusatkan di Hotel Haris & Convention Centre, Bali dan dibuka secara resmi oleh General Manager Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati.

“Pelatihan layanan prima yang diinisiasi BCA bagi pengurus Desa Wisata Puncak Tinggan, Plaga diharapkan mampu berkontribusi membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, memberikan varian baru dalam atraksi wisata, dan akhirnya mampu memberikan manfaat ekonomi bagi pembangunan di tingkat desa dalam rangka mewujudkan kesejahterahaan masyarakat secara berkelanjutan,” ujar Inge.

Pelatihan layanan prima ini diselenggarakan sebagai bentuk partisipasi BCA dalam fungsi tanggung jawab sosialnya untuk turut serta mengembangkan bisnis di lingkungan komunitas maupun desa wisata yang dapat berkontribusi memakmurkan masyarakat daerah. Pelatihan layanan prima ini diadakan atas dasar pentingnya mengembangkan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan industri pariwisata yaitu kualitas sumber daya manusia (SDM).

Sebagaimana diketahui, Desa Wisata Puncak Tinggan, Plaga di Bali menawarkan kegiatan wisata alternatif berupa pembelajaran tentang alam, lingkungan hidup, pertanian, perkebunan, wirausaha, aneka seni tradisional serta budaya masyarakat desa dengan suasana khas pedesaan. Dengan atraksi trekking ditengah-tengah kebun kopi serta ekowisata desanya, disamping itu juga didukung dengan keberadaan Air Terjun Nungnung serta pesona alamnya yang masih asri, Desa Wisata Puncak Tinggan Plaga memiliki potensi untuk berkembang, apalagi bila didukung dengan kualitas pelayanan yang unggul.

Karenanya, BCA menggelar pelatihan layanan prima di Desa Wisata Puncak Tinggan Plaga dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan wisata alam, budaya dan pertanian yang berwawasan lingkungan sehingga dapat semakin baik dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara nantinya. Pelatihan digelar selama 2 (dua) hari pada tanggal 10 dan 11 Desember yang diisi oleh pemateri dari BCA Learning Service dengan beberapa materi diantaranya pengenalan industri pariwisata secara umum, komponen pendukung kesuksesan pariwisata, kerjasama team, pelatihan komunikasi, dan tentunya sentuhan layanan prima kepada wisatawan. Pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga terampil di bidang pemandu wisata, pemandu outbond, dan pengurus homestay serta meningkatkan kemampuan para pramuwisata tentang pasar wisata dan pengelolaan objek wisata, sehingga mampu memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan keinginan para wisatawan.

Pelatihan layanan prima yang difasilitasi BCA ini juga sejalan dengan visi khusus Pemerintah Kabupaten Badung yakni mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Badung selama ini sebagian besar berasal dari sektor pariwisata, khususnya retribusi Pajak Hotel dan Restoran (PHR). Setiap tahunnya PAD Pemda Badung mengalami kenaikan yakni tahun 2013 mencapai Rp 2 triliun dan tahun 2014 naik menjadi Rp2,47 triliun. Karenanya, sektor pariwisata menjadi salah satu dari lima program prioritas Pemkab Badung yang tertuang dalam RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung tahun 2016-2021. Pemkab Badung juga menunjukkan komitmennya dalam upaya membangun pariwisata Bali yakni dengan menyisihkan retribusi Pajak Hotel dan Restauran (PHR) sekitar Rp350 miliar untuk 6 (enam) kabupaten lainnya di Bali dalam upaya mendukung pembangunan pariwisata Bali yang berkualitas, ramah lingkungan serta senantiasa menjaga kelestarian budaya sebagai ikon pariwisata Bali.

Ini bukan kali pertama BCA memberikan pelatihan layanan prima kepada para pengurus desa wisata di sektor pariwisata daerah. Sebelumnya, BCA telah ikut serta mengembangkan Desa Wisata Taman Sari di Banyuwangi, Desa Wisata Wayang Wukirsari di Yogyakarta dan Desa Wisata Batu Lonceng di Lembang, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta,Wirawisata Goa Pindul di Yogyakarta, dan Kampung Batik Wiradesa di Pekalongan. “Pelatihan ini merupakan bagian dari program Solusi Bisnis Unggul yang berada di bawah naungan program Bakti BCA. Pelatihan semacam ini merupakan tanggung jawab BCA sebagai salah satu institusi keuangan yang tumbuh dan berkembang seiring dengan pembangunan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan ekonomi” tutup Inge.

BCA Gelar Pelatihan Layanan Prima bagi Desa Wisata Puncak Tinggan, Plaga, Bali

Pelatihan Desa Wisata Puncak Tinggan Bali. General Manager Corporate Social Responsibility PT Bank Central Asia Tbk Inge Setiawati membuka pelatihan untuk pengurus Desa Wisata Puncak Tinggan yang bertemakan “Membangun Layanan Prima” di Hotel Haris & Convention Centre, Bali, Sabtu (10/12). Pelatihan ini merupakan bagian dari program Solusi Bisnis Unggul BCA yang bertujuan mengembangkan sektor pariwisata daerah, salah satunya Desa Wisata Puncak Tinggan, Bali yang dinilai memiliki potensi untuk berkembang dengan atraksi pesona alamnya yang masih asri apalagi bila didukung dengan kualitas pelayanan yang unggul.

BCA Gelar Pelatihan Layanan Prima bagi Desa Wisata Puncak Tinggan, Plaga, Bali

Pelatihan digelar selama 2 (dua) hari pada tanggal 10 dan 11 Desember yang diisi oleh pemateri dari BCA Learning Service dengan beberapa materi diantaranya pengenalan industri pariwisata secara umum, komponen pendukung kesuksesan pariwisata, kerjasama team, pelatihan komunikasi, dan tentunya sentuhan layanan prima kepada wisatawan.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2016)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 15 juta rekening nasabah melalui 1.204 cabang, 17.057 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA