Jakarta, 17 Maret 2016 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan dukungannya pada inovasi bidang teknologi finansial (fintech) dalam rangka memberikan kenyamanan serta keamanan nasabah saat melakukan transaksi keuangan di e-commerce saat ini. Kali ini BCA dengan didukung oleh DailySocial mengadakan Financial Technology Hackathon (Finhacks) 2016 dengan mengajak para developer, startup, pekerja serta praktisi teknologi informasi (TI) untuk menghasilkan inovasi sistem pembayaran di Indonesia. Sebagai tahap awal dari rangkaian acara ini,BCA mengajak komunitas-komunitas TI untuk berdiskusi dan bertukar pikiran melalui Community Meet Up – Finhacks 2016.
Acara ini berlangsung di Hongkong Café, Jakarta, pada 17 Maret 2016. Hadir dalam acara ini Direktur BCA Armand Hartono, Executive Vice President Strategic Information Technology BCA Hermawan Thendean, Chief Manager Strategic IT BCA Liliani Santoso dan CEO DailySocial.id Rama Mamuaya.
“Finhacks adalah salah satu wujud nyata perhatian besar BCA pada perkembangan dunia digital, terutama e-commerce. Di BCA kami menjunjung tinggi semangat customer focus dimana kami senantiasa mendengarkan masukan dari nasabah lalu membuat inovasi dan solusi yang menjawab kebutuhan mereka. Kami berharap melalui Finhacks akan hadir solusi-solusi pembayaran baru dan inovatif yang akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan baik bagi para pelaku e-commerce maupun penggunanya,” ujar Armand.
Pada kesempatan kali ini, BCA akan memberikan pemaparan mengenai API (Application Program Interface). API ini diluncurkan secara khusus oleh BCA untuk dapat diakses peserta Finhacks untuk kebutuhan aplikasinya dan mempermudah mereka mengembangkan sistem pembayaran modern. Dalam hackathon bertajuk #HackByTheBeach, API akan menjadi amunisi utama bagi para pengembang untuk menghasilkan aplikasi modern di bidang pembayaran.
“Finhacks menjadi sarana bagi kami untuk melibatkan komunitas TI dalam pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Kami percaya bahwa eksistensi kami saat ini tidak lepas dari dukungan dari para pengembang dan pegiat TI di Tanah Air. Karena itu, kami harap melalui acara ini kami dapat memberikan kesempatan kepada para pengembang dan pegiat TI untuk belajar hal baru yang mungkin belum pernah mereka alami sebelumnya”, tambah Executive Vice President Strategic Information Technology BCA Hermawan Thendean.
Armand melanjutkan, perkembangan dunia digital dan teknologi saat ini perlu dimanfaatkan secara maksimal, termasuk dalam memudahkan hidup masyarakat dalam melakukan pembayaran sebagai solusi yang berguna bagi perekonomian Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa, Indonesia dapat menjadi raksasa dalam bidang teknologi digital.
Pendaftaran Finhacks telah dibuka sejak 7 Maret 2016 dan akan ditutup pada 4 April 2016. Startup dan praktisi IT yang memiliki ide atau terobosan unik terkait sistem pembayaran digital dapat segera mengirimkan ide tersebut melalui https://finhacks.id.
”BCA mendukung penuh seluruh kegiatan yang mendorong lahirnya inovasi solusi perbankan di era digital. Sudah saatnya masyarakat Indonesia berani untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita mereka. Solusi perbankan untuk hidup yang lebih nyaman dan aman akan memberikan kebaikan bagi kita semua,” tutup Armand.
Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Armand Hartono (kedua kiri) didampingi Executive Vice President Strategic Information Technology BCA Hermawan Thendean (kiri) berbincang dengan CEO DailySocial.id Rama Mamuaya (kanan) dan salah satu programmer sekaligus peserta Financial Technology Hackathon (Finhacks) pada acara Community Meet Up Finhacks 2016 di Jakarta, Rabu (17/3). BCA didukung oleh DailySocial.id mengadakan kompetisi Finhacks dengan mengajak para developer,startup, pekerja serta praktisi teknologi informasi (TI) untuk menghasilkan inovasi sistem pembayaran di Indonesia. Sebagai tahap awal dari rangkaian acara ini, BCA mengajak komunitas-komunitas TI untuk berdiskusi dan bertukar pikiran melalui Community Meet Up – Finhacks 2016.
Pada acara ini, BCA memberikan pemaparan mengenai API (Application Program Interface). API ini diluncurkan secara khusus oleh BCA untuk dapat diakses peserta Finhacks untuk kebutuhan aplikasinya dan mempermudah mereka mengembangkan sistem pembayaran modern. Dalam hackathon bertajuk #HackByTheBeach, API akan menjadi amunisi utama bagi para developer untuk menghasilkan aplikasi modern di bidang pembayaran. Pendaftaran Finhacks telah dibuka sejak 7 Maret 2016 dan akan ditutup pada 4 April 2016.
***
Tentang Finhacks 2016
Finhacks adalah serangkaian acara kolaborasi BCA dengan industri dan pengembang aplikasi, mulai dari diskusi, workshop hingga hackathon yang melibatkan perbankan, media, komunitas IT, pengembang, para pakar, hingga pemain di bidang e-commerce untuk bersama-sama membangun inovasi sistem pembayaran digital di Indonesia. Untuk proses pengumpulan ide dan informasi lebih lanjut seputar acara ini, kunjungi halaman resmi Finhacks 2016 di https://finhacks.id.
Tentang DailySocial.id
DailySocial adalah media teknologi yang fokus kepada informasi, opini dan discovery. Didirikan pada tahun 2008, DailySocial saat ini menjadi platform Online to Offline yang mendorong industri UKM Digital dan Startup di Indonesia melalui pemberitaan yang berimbang dan komunitas yang terus berkembang. Saat ini DailySocial mengembangkan media dan komunitas di sisi Teknologi dari hulu ke hilir (produsen teknologi sampai dengan pengguna teknologi) melalui konten dan kerjasama-kerjasama strategis dengan ekosistem teknologi dan digital di tanah air.
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Erlan Dwi Anto melalui nomor 0811-998-8877 atau email melalui erlan@dailysocial.id
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2015)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2015, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14 juta rekening nasabah melalui 1.182 cabang, 17.081 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id