Kembali ke Pressroom
27 Sep 2017

BCA Gelar Sosialisasi Aspek Perpajakan Bagi Penggiat UMKM Semarang

Semarang, 27 September 2017 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen meningkatkan kualitas UMKM sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia. Komitmen tersebut diwujudkan dengan menggelar Pelatihan bagi 75 Pengusaha UMKM mengenai Aspek Pajak atas Kegiatan Bisnis, sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala KCU Gang Tengah Semarang BCA Iwan Santoso Narto,  Vice President CSR BCA Ira Bachtar dan Vice President DBKM BCA Ade Bachtiar di Semarang, Rabu (27/9).

“BCA mendukung kebijakan pemerintah mewujudkan pertukaran informasi keuangan secara otomatis (Automatic Exchange of Information / AEOI) untuk kepentingan perpajakan yang tertuang dalam Perppu Nomor 1 Tahun 2017. Melalui Pelatihan ini, kami berharap dapat menjadi wadah sosialisasi kepada para penggiat UMKM sekalian bahwa pertukaran informasi hanya untuk kepentingan perpajakan semata, di mana keamanan dan kerahasiaan data nasabah akan tetap dilindungi sesuai dengan ketentuan undang-undang perpajakan dan perjanjian internasional,” ujar Iwan.

UMKM sendiri telah menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia, bahkan telah terbukti memiliki daya tahan tinggi saat terjadi krisis moneter dan krisis global. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, jumlah usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 59 juta pelaku usaha yang mana kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional mencapai 60,34% setahun, dengan pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai (PPN) yang dibayarkan oleh sektor itu mencapai Rp47 triliun.

“Semoga Pelatihan Bakti BCA bagi Pelaku UMKM ini berkontribusi mengembangkan serta meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di Kota Semarang yang perlu untuk terus menerus digiatkan oleh seluruh pihak, termasuk BCA,” tambah Iwan.

Selain digelar di Kota Semarang, Pelatihan UMKM serupa sebelumnya telah digelar di Kota Malang, dan ke depannya, juga akan digelar di Kota Pekalongan dan Banyuwangi dan beberapa kota lainnya. “Pelatihan UMKM ini kami gelar sebagai perwujudan Solusi Bisnis Unggul BCA di bawah payung Bakti BCA yang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat agar mampu bertumbuh dan mencapai kemajuan secara mandiri. Karena itu, kami berharap melalui pelatihan hari ini, para penggiat UMKM dapat semakin menambah wawasan dalam pengembangan usahanya dan tergerak untuk disiplin mematuhi peraturan perpajakan yang penting dalam menstimulus perekonomian di Indonesia,” tutup Iwan.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2017)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2017, BCA melayani 16 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.222 kantor cabang, 17.193 ATM dan lebih dari 440 ribu mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA