Timika, 19 September 2017 – Sebagai bentuk kontribusi terhadap dunia pendidikan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Pelatihan Guru di Timika dengan tema “Menjadi Guru yang Menginspirasi”. Pelatihan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan mutu guru sebagai pihak yang berjasa membawa anak-anak Papua, khususnya wilayah Timika meraih masa depan yang cerah.
Dihadiri sekitar 50 tenaga pengajar sebagai peserta pelatihan, Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Timika Yoseph Mario didampingi Kepala Diknas Pendidikan Menengah Kabupaten Timika Armin Wakerkwa membuka Pelatihan ‘Menjadi Guru yang Menginspirasi’ di Hotel Cendrawasih 66, Timika, Selasa (19/09). Membuka pelatihan yang berlangsung selama dua hari, Selasa – Rabu, 19-20 September 2017 tersebut, Yoseph Mario mengapresiasi profesi guru yang menurutnya adalah panggilan jiwa untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. “Menekuni profesi guru bukanlah perkara mudah. Memerlukan kesabaran dan kebijaksanaan dalam membimbing anak-anak menjadi generasi muda yang memiliki cita-cita tinggi, berpengetahuan luas, dan berakhlak mulia. Karenanya, BCA berharap pelatihan ini dapat berkontribusi meningkatkan kualifikasi guru sebagai role model yang berjasa memajukan kualitas pendidikan di Timika,” tuturnya.
Yoseph Mario melanjutkan bahwa dalam pelatihan ini, BCA memberikan edukasi kepada para guru mengenai bagaimana menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga ilmu pengetahuan yang diajarkan lebih mudah diserap dan dipahami oleh siswa.
Pelatihan ini bukanlah yang pertama dilakukan. Pada tahun 2014 pelatihan serupa diselenggarakan di Wamena, sedangkan pada tahun 2015 diselenggarakan di Wamena, Timika, Manokwari, dan Sorong, dan pada tahun 2016 diselenggarakan untuk guru-guru di Kota Mataram, Wamena, Manokwari, Sorong, dan Timika. Di tahun 2017, pelatihan telah dilakukan di Jayapura, Sorong, dan Mataram, serta akan diselenggarakan di Wamena, Manokwari, dan Kupang. Selain itu, BCA juga memfasilitasi beberapa kegiatan pengembangan kompetensi guru, seperti seminar bagi 300 guru-guru Sekolah Binaan di Yogyakarta, Lampung dan Serang. Tidak hanya itu, BCA juga mengadakan pelatihan serta supervisi evaluasi kepada sekitar 100 guru dari 17 Sekolah Binaan BCA yang berada di Serang, Lampung dan Yogyakarta bertemakan “Guru Hebat Siswapun Hebat”.
Pelatihan guru ini merupakan implementasi dari salah satu pilar Bakti BCA, yakni Solusi Cerdas. “Melalui pilar Solusi Cerdas, BCA berupaya aktif mengembangkan program-program maupun bekerja sama dengan lembaga yang berkompeten untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pelatihan ini bertujuan memberikan pedoman bagi para guru bagaimana membentuk siswa supaya memiliki karakter yang positif. Siswa sebagai generasi muda yang dinamis menjadi tantangan bagi para guru untuk selalu berinovasi dalam menciptakan gaya mengajar yang menyenangkan, dengan di saat yang sama mampu membentuk karakter moral para siswa yang tidak hanya cerdas tetapi juga berakhlak mulia,” tutup Yoseph Mario.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2017)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2017, BCA melayani 16 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.222 kantor cabang, 17.193 ATM dan lebih dari 440 ribu mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id