Kembali ke Pressroom
11 Jun 2017

VIRA, Teknologi Baru Virtual Assistant Chat Banking Terobosan BCA

Jakarta, 11 Juni 2017 - Sebagai penyedia jasa perbankan, PT Bank Central Asia Tbk terus melakukan inovasi dengan menyediakan sarana yang memudahkan bagi para nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Salah satu inovasi terbaru adalah layanan VIRA atau Virtual Assistant Chat Banking BCA yang dapat diakses melalui beberapa aplikasi chat populer, yaitu Facebook Messenger, LINE dan Kaskus Chat. Hanya dengan menambahkan akun resmi BCA, yaitu: “Bank BCA”, di Facebook Messenger, LINE dan Kaskus Chat, para nasabah kini dapat mengakses VIRA kapanpun dan dimanapun untuk mengetahui informasi, ragam promosi BCA.

Mengisi talkshow “Experience VIRA, the new technology for Virtual Assistant Chat Banking”, Senior Vice President Consumer Business BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengungkapkan bagaimana VIRA merupakan terobosan teknologi terbaru BCA untuk terus berada di sisi nasabah. Talkshow tersebut digelar sebagai salah satu rangkaian program edukatif di ajang Teknopolis 2017 “Today’s Technology and Beyond” yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (11/06).

“Melalui layanan VIRA di beragam platform messaging populer memungkinkan BCA untuk memberikan informasi seputar layanan dan produk kepada pengguna layanan chat tersebut, dimana saja dan kapan saja. Dengan layanan VIRA, nasabah dimudahkan untuk bisa mendapatkan informasi terkini seputar promo-promo yang ada di BCA, mencari lokasi ATM BCA terdekat, mengetahui kurs terkini, daftar Kartu Kredit dan KPR secara online, cek saldo dan mutasi rekening, serta cek sisa limit, tagihan dan histori kartu kredit,” ujar Ketut.

VIRA merupakan layanan chat bot yang dikembangkan BCA menggunakan teknologi kecerdasan buatan agar nasabah dapat memperoleh informasi yang sifatnya mendasar secara mudah, tanggap, dan responsif. Caranya pun terbilang sangat mudah. Untuk menggunakan layanan VIRA, nasabah tinggal mengakses Facebook Messenger, LINE, dan Kaskus Chat dan menambahkan akun resmi Bank BCA. Selanjutnya, VIRA akan membantu nasabah untuk mendapatkan informasi terkini yang diinginkan.

“Selalu pastikan akun Bank BCA yang ditambahkan adalah akun resmi BCA, dengan memastikan tanda verifikasi berwarna biru di Facebook fanpage akun Bank BCA dan mencari akun Bank BCA dari menu Akun Resmi di platform LINE,” tambah Ketut.

Layanan VIRA ini merupakan implementasi ide juara pertama kompetisi Financial Technology Hackathon (Finhacks) #HackbyTheBeach yang diselenggarakan pada tahun 2016 lalu. Layanan ini akan terus dikembangkan secara berkesinambungan demi menghadirkan informasi yang lebih beragam dan memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin dinamis.

“BCA akan memperluas fitur-fitur yang tersedia dalam VIRA. Kami tentunya berharap ke depannya VIRA dapat menjawab pertanyaan yang lebih mendetail seiring semakin berkembangnya data yang terkumpul dari interaksi chat dengan nasabah,” tutup Ketut.

VIRA, Teknologi Baru Virtual Assistant Chat Banking Terobosan BCA

VIRA, Terobosan Baru BCA - Senior Vice President Consumer Business PT Bank Central Asia Tbk (BCA) I Ketut Alam Wangsawijaya (kiri) mengungkapkan bagaimana VIRA Virtual Assistant Chat Banking BCA merupakan terobosan teknologi terbaru untuk senantiasa berada di sisi nasabah pada gelaran talkshow yang dihelat di pameran Teknopolis 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (11/06). Layanan VIRA yang dikembangkan di beragam platform messaging populer, seperti Facebook Messenger, LINE dan Kaskus Chat memungkinkan BCA untuk memberikan informasi kepada nasabah seputar layanan dan produk serta ragam promosi dimana saja dan kapan saja.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2017)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Maret 2017, BCA melayani hampir 16 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.213 kantor cabang, 17.207 ATM dan lebih dari 400.000 mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA