Kembali ke Pressroom
11 Apr 2017

Dukung Implementasi e-Ticketing Kereta Bandara Soekarno Hatta, BCA Layani Pembayaran Cashless menggunakan Flazz

Jakarta, 11 April 2017 – Sehubungan dengan akan beroperasinya Kereta Bandara Soekarno Hatta (KA Basoetta) pada tahun ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan dukungan terhadap implementasi e-Ticketing oleh PT Railink sebagai pengelola dengan mengikutsertakan Flazz sebagai kartu elektronik yang dapat digunakan untuk membayar layanan transportasi kereta dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta.

Hadir dalam acara penandatanganan MOU antara Railink dan Perbankan, Direktur Utama Railink Heru Kuswanto, Direktur Keuangan Railink Eri Dwi Prasetyo, Executive Vice President BCA Mira Wibowo, beserta jajaran manajemen 9 (sembilan) perbankan lainnya di Jakarta Railway Center, Selasa (11/04). Melalui kerja sama tersebut, Railink tidak mengeluarkan kartu khusus sebagai alat transaksi pembayaran elektronik, melainkan menggunakan kartu elektronik perbankan, salah satunya Flazz BCA, yang telah beredar di masyarakat.

“Penandatanganan MOU ini merupakan salah satu wujud komitmen BCA dalam mendukung pertumbuhan cashless society di Indonesia. Dengan bersinergi dalam Airport Railway Ticketing System (ARTS) yang dikembangkan oleh Railink, kami berharap dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan nasabah setia berupa kemudahan pembayaran tiket Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta cukup dengan menggunakan Flazz, Kartu Debit, maupun Kartu Kredit BCA,” ujar Mira.

Sebelumnya, BCA juga sudah pernah bekerja sama dengan Railink untuk e-Ticketing Kereta Api Bandara Medan-Kualanamu, dan kerja sama ini telah memasuki tahun keempat. “Kami berharap kerja sama e-Ticketing KA Basoetta ini dapat berkontribusi mempertahankan keunggulan Flazz sebagai alat pembayaran di lini bisnis transportasi,” tambah Mira.

Per Februari 2017, jumlah kartu Flazz yang beredar sekitar 10,1 juta dengan rata-rata nilai transaksi per bulannya Rp61 miliar dan rata-rata nilai top up per bulannya Rp63 miliar. “Kami berharap kerja sama ini dapat memperluas basis pengguna kartu Flazz dan mendukung perkembangan bisnis kartu Flazz di tahun 2017 ini. Tentunya, BCA juga akan melanjutkan penambahan mesin EDC dan Flazz card reader untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dan pengguna dalam bertransaksi menggunakan kartu Flazz,” tutup Mira.

Penandatanganan MOU antara Railink dan Perbankan (kiri-kanan) Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto, Direktur Keuangan PT Railink Eri Dwi Prasetyo, Executive Vice President PT Bank Central Asia Tbk Mira Wibowo, dan beberapa manajemen bank lainnya menandatangani MOU antara Railink dan Perbankan untuk penggunaan kartu perbankan sebagai alat pembayaran dalam sistem E-Ticketing Kereta Bandara Soekarno Hatta di Jakarta Railway Center, Jakarta, Selasa (11/04). Sehubungan dengan akan beroperasinya Kereta Bandara Soekarno Hatta (KA Basoetta), BCA berpartisipasi memberikan dukungan terhadap implementasi E-Ticketing oleh PT Railink sebagai pengelola dengan mengikutsertakan Flazz sebagai kartu elektronik yang dapat digunakan untuk membayar layanan transportasi kereta dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta.

Executive Vice President BCA Mira Wibowo (kedua kanan) memberikan penjelasan mengenai kartu elektronik Flazz sebagai salah satu alternatif pembayaran E-Ticketing KA Bandara Soekarno Hatta di sela penandatanganan MOU antara Railink dan Perbankan di Jakarta Railway Center, Jakarta, Selasa (11/04). Dengan bersinergi dalam Airport Railway Ticketing System (ARTS) yang dikembangkan oleh Railink, BCA berharap dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan nasabah setia berupa kemudahan pembayaran tiket Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta cukup dengan menggunakan Flazz, Kartu Debit, maupun Kartu Kredit BCA.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2016)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2016, BCA melayani lebih dari 15 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.211 kantor cabang, 17.207 ATM dan lebih dari 400 ribu mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA