Jakarta, 18 Januari 2017 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menunjukkan kepedulian terhadap pengembangan bisnis Financial Technology dan E-Commerce di Indonesia. BCA menawarkan solusi Application Program Interface (API) untuk mendukung para pebisnis retail GO ONLINE dalam acara Internet Retailing Expo 2017. Acara ini merupakan edisi kedua Internet Retailing Expo – Indonesia yang berisi konferensi dan expo E-commerce yang diselenggarakan mengingat potensi yang sangat besar dari pasar ritel internet, yang telah berkembang sangat signifikan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.
Hadir untuk membuka acara Internet Retailing Expo 2017, Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono mendorong para pebisnis retail GO ONLINE dengan mengusung tema “Let’s connect borderless with customers!” dan menawarkan layanan solusi perbankan Application Program Interface (API) agar transaksi pembayaran produk semakin mudah, nyaman, dan efisien. Turut hadir pula, Executive Vice President Information Technology BCA Hermawan Tendean sebagai narasumber dalam CEO Panel Discussion “Omni-channel Retailing: Digital Transformation, Customers First” yang diselenggarakan di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (18/01).
“Seiring dengan perkembangan inovasi teknologi yang pesat dewasa ini, bisnis retail tak pelak dihadapkan pada peluang sekaligus tantangan berupa alur transaksi perdagangan yang lintas batas bahkan cenderung global. Pesatnya globalisasi juga menjadikan para konsumer memiliki banyak alternatif produk dan jasa yang mendorong perubahan preferensi konsumer ke arah akuisisi produk dan jasa yang tidak hanya berkualitas namun juga menawarkan proses pembayaran yang efisien, yakni dengan GO ONLINE,” ujar Armand.
Menanggapi perubahan tren perdagangan menjadi berbasiskan online yang lintas batas, BCA menyadari bahwa para pebisnis retail dituntut untuk beradaptasi dan bisa hadir dengan beragam solusi di tengah pesatnya persaingan perdagangan retail di Indonesia. BCA juga menyadari pesatnya pertumbuhan pelaku financial technology ataupun e-commerce telah memunculkan kebutuhan konektivitas sistem yang solid dengan perbankan agar transaksi pembayaran pengguna aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Dalam kerangka tersebut, BCA menawarkan layanan solusi perbankan berupa Application Program Interface (API) dalam rangka membantu para pebisnis retail menerapkan basis online pada bisnisnya.
“Application Program Interface (API) BCA memungkinkan Bapak dan Ibu pebisnis retail terkoneksi secara langsung dengan layanan perbankan BCA sehingga dapat menikmati beragam informasi dan transaksi perbankan secara cepat dan mudah,” tambah Armand.
BCA baru-baru ini telah meluncurkan “Website Developer API BCA” yang menyediakan informasi seputar layanan API BCA yang siap untuk digunakan, seperti: transfer, mutasi rekening, lokasi ATM, dan pembayaran Sakuku yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan para pebisnis retail. Teknisnya, IT Developer dari perusahaan E-Commerce yang berkeinginan untuk mengakses layanan perbankan BCA harus terlebih dahulu melakukan integrasi system to system dengan layanan API. Karenanya, “Website Developer API BCA” juga menyediakan forum yang diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dua arah antara BCA dengan para IT Developer untuk melakukan tanya jawab serta saling bertukar informasi.
“Sesuai dengan tema GO ONLINE yang diusung dalam acara Internet Retailing Expo hari ini, Let’s connect borderless with customers!” tutup Armand.
BCA Dukung Retail GO ONLINE Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Armand W. Hartono memperkenalkan layanan Application Program Interface (API) kepada Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Roy Nicolas Mandey dalam acara Internet Retailing Expo 2017 di Pullman Central Park, Rabu (18/01). BCA mendorong para pebisnis retail GO ONLINE melalui layanan API agar transaksi pembayaran produk dan jasa semakin mudah, nyaman, dan efisien.
(Kiri-Kanan) Direktur Telkom Abdus Somad Arief, CEO Alfacart.com Catherine Sutjahyo, CEO Lippo Digital Group Adrian Suherman, dan Executive Vice President Information Technology BCA Hermawan Thendean menjadi narasumber dalam diskusi panel yang bertemakan “Omni-channel Retailing: Digital Transformation, Customers First”. Acara Internet Retailing Expo diadakan karena potensi yang sangat besar dari pasar ritel internet, yang telah berkembang sangat signifikan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.
Mengusung tema “Let’s connect borderless with customers!”, BCA menyadari pesatnya pertumbuhan e-commerce telah memunculkan kebutuhan konektivitas sistem yang solid dengan perbankan agar transaksi pembayaran pengguna aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Karenanya, BCA menawarkan layanan API dalam acara Internet Retailing Expo 2017 dalam rangka membantu para pebisnis retail menerapkan basis online pada bisnisnya.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2016)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 15 juta rekening nasabah melalui 1.204 cabang, 17.057 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id