Kembali ke Pressroom
08 Mar 2018

PT BCA Tbk Hasil Kinerja 2017 - Jaga Kepercayaan Melalui Kualitas

  • Portofolio kredit meningkat 12,4% dan dana pihak ketiga tumbuh 9,6%
  • Laba bersih tumbuh 13,1% menjadi Rp 23,3 triliun 

Jakarta, 8 Maret 2018 – PT Bank Central Asia Tbk (IDX: BBCA) dan para entitas anak mengumumkan kinerja keuangan konsolidasi pada tahun 2017, menutup tahun dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 13,1% mencapai Rp 23,3 triliun dibandingkan Rp 20,6 triliun pada tahun sebelumnya. Pendapatan operasional yang terdiri dari pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya tumbuh 6,0% menjadi Rp 57,0 triliun pada tahun 2017, dibandingkan Rp 53,8 triliun pada tahun 2016. Pendapatan bunga bersih BCA meningkat 4,1% menjadi Rp 41,8 triliun sedangkan pendapatan operasional lainnya tumbuh 11,5% menjadi Rp 15,1 triliun pada tahun 2017.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, menyampaikan, “BCA berhasil membukukan hasil kinerja yang baik dengan memanfaatkan berbagai peluang bisnis di tengah proses pemulihan ekonomi Indonesia. Pencapaian kinerja di tahun 2017 tersebut sejalan dengan pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga, terutama pada dana giro dan tabungan. Profitabilitas BCA juga didukung oleh berbagai program efisensi serta pembentukan cadangan kredit bermasalah yang lebih rendah sejalan dengan kualitas kredit yang tetap terjaga”.

Pada tahun 2017, portofolio kredit meningkat 12,4%, menjadi Rp 468 triliun yang ditopang oleh pertumbuhan di seluruh segmen. Kredit korporasi tumbuh 14,5% menjadi Rp 177,3 triliun pada akhir tahun 2017. Pada triwulan akhir 2017, BCA melihat tingginya pencairan kredit korporasi sejalan dengan siklus peningkatan permintaan kredit pada akhir tahun.  Kredit konsumer tumbuh 12,1% menjadi Rp 122,8 triliun didukung oleh produk-produk kredit konsumer yang kompetitif. Pada portofolio kredit konsumer, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) meningkat 14,2% menjadi Rp 73,0 triliun dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) naik 10,0% menjadi Rp 38,3 triliun pada tahun 2017. Pada periode yang sama, outstanding kartu kredit meningkat 6,9% menjadi Rp 11,5 triliun. Sementara itu, kredit komersial dan UKM tumbuh 10,3% menjadi Rp 167,5 triliun.

Rasio kredit bermasalah (NPL) BCA terjaga pada level yang relatif rendah yaitu 1,5% pada akhir tahun 2017. Total cadangan kredit yang telah dibentuk tercatat sebesar Rp 14,6 triliun, meningkat 5,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Rasio cadangan terhadap kredit bermasalah tercatat sebesar 190,7%. Sementara itu, BCA mempertahankan posisi likuiditas dan permodalan yang sehat. Rasio kredit terhadap pendanaan (LFR) tercatat sebesar 78,2% dan rasio kecukupan modal (CAR) mencapai 23,1%.

Pengembangan layanan payment settlement merupakan langkah strategis yang berperan dalam memperkokoh pendanaan BCA terutama dari dana giro dan tabungan (Current Account and Savings Accounts – CASA). Pada akhir tahun 2017, dana pihak ketiga mencapai Rp 581,1 triliun, meningkat 9,6% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 530,1 triliun. Dana CASA berkontribusi 76,3% dari total dana pihak ketiga BCA dan tercatat sebesar Rp 443,7 triliun pada akhir tahun 2017. Di dalam komposisi CASA, dana giro tumbuh 9,7% menjadi Rp 151,3 triliun dan dana tabungan naik 8,2% menjadi Rp 292,4 triliun.

“Pencapaian kinerja usaha BCA tidak lepas dari kepercayaan nasabah. Oleh karena itu, para karyawan BCA termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan dalam memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berevolusi. Pemanfaatan teknologi terkini mendukung customer experience dan upaya otomasi yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi operasional”, tutur Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA.

Menjaga Kepercayaan Melalui Kualitas

Paparan Kinerja BCA Tahun 2017 - Presiden Komisaris BCA DE Setijoso (kedua kanan) dan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (tengah) berbincang di sela pemaparan kinerja keuangan BCA tahun 2017 bersama (Kiri-Kanan) Direktur BCA Subur Tan, Wakil Presiden Direktur BCA Eugene Keith Galbraith, dan Direktur BCA Suwignyo Budiman di Jakarta, Kamis (08/03). Per akhir Desember 2017, BCA mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 13,1% mencapai Rp 23,3 triliun, dengan portofolio kredit meningkat 12,4% menjadi Rp 468 triliun. Pencapaian kinerja di tahun 2017 tersebut sejalan dengan pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga, terutama pada dana giro dan tabungan.

 

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2017)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2017, BCA melayani lebih dari 17 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.235 kantor cabang, 17.658 ATM dan lebih dari 470 ribu mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA