Lombok, 10 November 2021 – Laju penurunan grafik penularan COVID-19 yang mulai terlihat memberikan kabar baik bagi banyak pihak tidak terkecuali bagi pelaku bisnis UMKM. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai bagian dari keuangan nasional senantiasa berkomitmen untuk mendukung program pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan memberikan nilai tambah untuk masyarakat. Kontribusi bagi pelaku bisnis UMKM dilakukan melalui aksi nyata dukungan akselerasi bisnis, kali ini BCA turut serta dalam penyerahan sertifikat Halal bagi pelaku UMKM di NTB.
Seremoni penyerahan sertifikat ini dilakukan di Kantor Cabang Utama BCA Cakranegara yang dihadiri oleh Kepala KCU Cakranegara Indrawanto Sahama, Gubernur Provinsi NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB Ahmad Masyhuri, S. H., dan Direktur Utama LPPOM MUI Ir. Hj. Muti Arintawati, M.Si pada Rabu (10/11). Penyerahan ini juga dihadiri oleh segenap rekan-rekan UMKM di NTB yang mendapatkan sertifikat halal tersebut.
“Penyerahan sertifikat halal ini merupakan bentuk kelanjutan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia – Karya Kreatif Indonesia beberapa bulan lalu. Sebelumnya, sebanyak 110 mitra UMKM telah mengikuti pelatihan bersama dengan Blibli.com, Gofood dan MUI pada April lalu. Berdasarkan pelatihan dan seleksi yang dilakukan terpilihlah 43 UMKM dari bidang kuliner yang memenuhi persyaratan dan mendapatkan sertifikat halal,” ujar Indrawanto.
Pada pelatihan beberapa waktu lalu, pelaku UMKM mendapatkan edukasi mengenai digitalisasi yang harus diterapkan di masa ruang gerak yang terbatas. Topik-topik yang relevan mengenai membangun bisnis seperti literasi keuangan, sertifikasi halal, serta pengelolaan food hygiene.
Sebagai tambahan informasi, program “Karya Kreatif Indonesia – Eksotisme Lombok” diprakarsai oleh Bank Indonesia. BCA turut menyukseskan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 20 UMKM unggulan di wilayah NTB untuk bergabung di program Bangga Lokal, serta membantu program pemasaran melalui situs e-commerce dengan memberikan potongan harga. Tak ketinggalan, BCA pun memberikan sarana promosi bagi UKMN di kantor cabang BCA di wilayah NTB.
“Kehadiran sertifikat halal bagi pelaku UMKM di Lombok ini menjadi peluang yang baik untuk melakukan ekspansi bisnis. Selain itu juga ini menjadi nilai tambah bagi penjual untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, terlebih UMKM sebagai salah satu penopang perekonomian nasional. Kami berharap sertifikat ini dapat memberikan harapan baru bagi pelaku bisnis dan memberikan dampak positif bagi perekonomian,” tutup Indrawanto.
Pelatihan Digitalisasi Sertifikasi Halal – UMKM NTB - Kepala KCU Cakranegara Indrawanto Sahama (kedua dari kanan) menyerahkan token of appreciation kepada Kepala Dinas Koperasi UKM, Provinsi NTB Ahamd Masyhuri, SH (kedua dari kiri) beberapa waktu lalu dalam rangka pelatihan digitalisasi dan penyerahan sertifikasi halal. Pada pelatihan beberapa waktu lalu, pelaku UMKM mendapatkan edukasi mengenai digitalisasi yang harus diterapkan di masa ruang gerak yang terbatas.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2021)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 46 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.237 kantor cabang, 17.913 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id