Kembali ke Pressroom
10 Nov 2021

BCA Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Modal Rakyat

Jakarta, 10 November 2021 - Mencermati bahwa UMKM merupakan salah satu sendi utama perekonomian di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai salah satu perbankan Nasional terus berupaya mendorong penguatan peran UMKM melalui beragam program dan kolaborasi. Terbaru, BCA turut mendukung program Pemerintah dalam memberikan akses pembiayaan inklusif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui perjanjian kerjasama dengan PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat).

Penandatanganan kesepakatan kerja sama dilakukan oleh Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah dan CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik di Jakarta beberapa waktu lalu. Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk upaya BCA untuk memperluas jaringan bisnis dan jangkauan pembiayaan ke debitur UMKM dengan berkolaborasi dengan perusahaan fintech.

“Sejalan dengan komitmen Pemerintah dimana inklusi keuangan adalah prioritas Indonesia, maka BCA sebagai institusi keuangan juga berkomitmen mendukungnya. Kami juga mencermati bahwa perkembangan bisnis di era digital saat ini semakin pesat sehingga muncul beragam fintech untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat. BCA melihat hadirnya fintech ini berhasil membuka pintu baru bagi perkembangan bisnis perbankan di Tanah Air,” urai Elvriawati.

Modal Rakyat akan menjadi jembatan antara BCA dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis. Melalui kerjasama ini, BCA mengalokasikan limit kerjasama senilai Rp 20 Milyar yang akan didistribusikan kepada UMKM yang sedang mengembangkan bisnis. Adapun, kerjasama ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp 2 Milyar dengan tenor pembiayaan selama maksimal 3 bulan.

Elvriawati menambahkan sampai dengan Oktober 2021, BCA telah membukukan total Disbursement of Digital Partnership mencapai Rp 145,76 Milyar melalui berbagai skema pembiayaan. Sejumlah program yang mendukung digital partnership ini diantaranya Business Personal Loan Direct, Business Personal Loan E-commerce dan Channeling Fintech.

Sebagai informasi, Modal Rakyat merupakan perusahaan berbasis teknologi finansial yang mempertemukan pendana dengan peminjam UMKM, memberikan solusi bagi UMKM yang ingin mendapatkan pinjaman dengan praktis, cepat, dan mudah. Modal Rakyat sendiri telah melakukan pendanaan sejak tahun 2018 dan hingga saat ini mencatatkan sudah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 2 Trilyun untuk seluruh program pinjaman.

“Kami berharap transformasi UMKM akan semakin kuat melalui adanya kerjasama strategis BCA dan Modal Rakyat ini. Kedepan, BCA akan terus berupaya dalam memberikan akses pembiayaan inklusif kepada pengusaha UMKM sehingga pada akhirnya kami dapat mendukung transformasi ekonomi UMKM di Indonesia,” tutup Elvriawati.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2021)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 46 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.237 kantor cabang, 17.913 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA