Kembali ke Pressroom
11 Apr 2019

BCA Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

Jakarta, 11 April 2019 – PT Bank Central Asia Tbk (“Perseroan”) hari ini melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), yang memberikan persetujuan atas Laporan Tahunan termasuk Laporan Keuangan Perseroan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2018. Dengan persetujuan atas laporan tersebut, RUPST memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et decharge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilaksanakan sepanjang tahun buku 2018.

RUPST memberikan persetujuan atas penetapan penggunaan sebagian laba bersih Perseroan untuk pembayaran dividen sebesar Rp340 per saham, meningkat 33,3% dibandingkan tahun sebelumnya, di mana dividen tunai tersebut sudah termasuk dividen interim sebesar Rp85 per saham yang telah dibayarkan oleh Perseroan pada tanggal 21 Desember 2018. Di samping itu, RUPST telah memberikan persetujuan kepada Direksi (dengan persetujuan Dewan Komisaris), jika keadaan keuangan Perseroan memungkinkan serta dengan mempertimbangkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk menetapkan dan membayar dividen interim tahun buku 2019 kepada Pemegang Saham sebelum berakhirnya tahun buku 2019.

Terdapat beberapa perubahan pada susunan Direksi sesuai dengan keputusan RUPST. Mewakili Perseroan, Presiden Direktur Jahja Setiaatmadja mengucapkan terima kasih kepada Eugene Keith Galbraith yang telah memberikan kontribusi dan dedikasi yang tinggi terhadap Perseroan untuk masa bakti 2011 – 2019 sebagai Wakil Presiden Direktur dan periode 2002 – 2011 sebagai Presiden Komisaris. Selanjutnya, RUPST mengangkat Suwignyo Budiman sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan, yang berlaku efektif jika dan sejak tanggal Otoritas Jasa Keuangan memberikan persetujuan terhadap pengangkatan tersebut. Sehubungan dengan Direktur yang membawahkan fungsi kepatuhan, terdapat perubahan yang semula dijabat oleh Subur Tan akan digantikan oleh Inawaty Handojo yang berlaku efektif jika dan sejak tanggal Otoritas Jasa Keuangan memberikan persetujuan terhadap pengangkatan tersebut. Dengan demikian setelah ditutupnya RUPST, maka susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang menjabat adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris*:

Presiden Komisaris                      : Djohan Emir Setijoso

Komisaris                                       : Tonny Kusnadi

Komisaris Independen                : Cyrillus Harinowo

Komisaris Independen                : Raden Pardede

Komisaris Independen                : Sumantri Slamet


Direksi*:

Presiden Direktur                         : Jahja Setiaatmadja

Wakil Presiden Direktur              : Armand Wahyudi Hartono

Wakil Presiden Direktur **         : Suwignyo Budiman

Direktur                                          : Subur Tan

Direktur                                          : Henry Koenaifi

Direktur Independen                   : Erwan Yuris Ang

Direktur                                          : Rudy Susanto

Direktur Kepatuhan **                : Inawaty Handojo

Direktur                                          : Lianawaty Suwono

Direktur                                          : Santoso

Direktur                                          : Vera Eve Lim


Catatan :

    * Masa jabatan berlaku sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan yang akan diselenggarakan pada tahun 2021.
    ** Pengangkatan Suwignyo Budiman selaku Wakil Presiden Direktur Perseroan dan Inawaty Handojo sebagai Direktur Kepatuhan berlaku efektif jika dan sejak tanggal persetujuan OJK.

Lebih lanjut, Dewan Komisaris telah diberi kuasa dan wewenang oleh RUPST untuk menunjuk Kantor Akuntan Publik Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan  yang akan mengaudit buku dan catatan Perseroan untuk tahun buku 2019. Dalam prosesnya, Dewan Komisaris perlu memperhatikan rekomendasi Komite Audit dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan pada POJK No. 14/POJK.03/2017, Perseroan sebagai salah satu Bank Sistemik di Indonesia, wajib melakukan pengkinian Rencana Aksi (Recovery Plan) secara berkala. Sehubungan dengan hal tersebut, RUPST telah memberikan persetujuan Atas perubahan Recovery Plan Perseroan.

BCA Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

RUPST BCA 2019 – (kiri-kanan) Direktur BCA Subur Tan, Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA Eugene Keith Galbraith, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Presiden Komisaris BCA Djohan Emir Setijoso, Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, dan Komisaris BCA Tonny Kusnadi sebelum acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (11/04). RUPST memberikan persetujuan atas penetapan penggunaan sebagian laba bersih Perseroan untuk pembayaran dividen sebesar Rp340 per saham, meningkat 33,3% dibandingkan tahun sebelumnya, di mana dividen tunai tersebut sudah termasuk dividen interim sebesar Rp85 per saham yang telah dibayarkan oleh Perseroan pada tanggal 21 Desember 2018. Selain itu, RUPST mengangkat Suwignyo Budiman sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan, yang berlaku efektif jika dan sejak tanggal Otoritas Jasa Keuangan memberikan persetujuan terhadap 

 

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2018)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2018, BCA melayani 19 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.249 kantor cabang, 17.778 ATM, serta layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA