Kembali ke Pressroom
28 Jan 2019

BCA Dukung Gelaran Piala Presiden E-sport 2019

Jakarta, 28 Januari 2019 – Perkembangan zaman yang begitu pesat turut membawa dunia olahraga berkembang seiring berjalannya waktu. Salah satu fenomena yang belakangan meramaikan kancah olahraga dan digandrungi oleh generasi milenials adalah e-sport. Menyadari hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang juga berfokus pada generasi milenials turut bergerilya mendukung dan berpartisipasi pada salah satu gelaran olahraga kekinian, Piala Presiden 2019 yang menggelar kompetisi e-sport.

Untuk memberikan informasi mengenai pelaksanaan Piala Presiden lebih dalam, hadir di acara press conference Piala Presiden 2019 antara lain Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (RI) Moeldoko, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI Triawan Munaf, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, dan Presiden IESPL Giring Ganesha di Jakarta, (28/01).  

“BCA melihat bahwa tren generasi milenials akan e-sport kini mulai berkembang. Tak hanya menjadi tren di luar negeri, anak muda Indonesia bahkan memiliki keunikan tersendiri di bidang e-sport. Fenomena global olahraga elektronik yang ternyata sudah dimulai pada tahun 1972 ini menjadi salah satu option yang cocok untuk anak muda jaman now. Hal ini tentunya memotivasi BCA untuk turut mendukung gelaran Piala Presiden yang menginisiasi kompetisi e-sport,” urai Inge.

E-sport merupakan olahraga elektronik dengan mengandalkan sambungan internet dan dikaitkan dengan game. Popularitas e-sport semakin tinggi di Indonesia karena untuk pertama kalinya, e-sport masuk ke dalam ajang kompetisi olahraga resmi melalui Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Sebelumnya, e-sport hanya digelar oleh organisasi non-olahraga atau komunitas. Masuknya e-sport ke Asian Games ini menjadi pengukuhan bahwa e-sport termasuk olahraga yang kompetitif.

“Kami ingin menciptakan ekosistem yang inklusif dan sehat agar dapat diterima oleh masyarakat luas. Nantinya insan-insan kreatif yang berkecimpung di dalamnya siap berlaga di tingkat dunia,” ujar Kepala BEKRAF Triawan Munaf.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berharap bermain game juga bisa menuai prestasi. “Piala Presiden Esports 2019 ini membuat para pecinta game Indonesia bisa berprestasi dan tak lagi dipandang sebelah mata,” kata Imam.

Diinisiasi oleh IESPL, sebuah Organisasi Liga Esports, visi penyelenggaraan Piala Presiden kali ini adalah membangun Indonesia sebagai juara di segmen e-sport dan membangun ekosistem yang sehat untuk e-sport Indonesia. Format kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori yakni profesional dan regional. Untuk kategori profesional, 12 tim dari IESPL akan diundang langsung dan IESPL juga akan membuka registrasi untuk tim yang akan mengikuti babak kualifikasi. Untuk kategori regional, IESPL akan membuka kesempatan untuk tim-tim yang ingin berpartisipasi yang akan mewakili delapan wilayah di Indonesia. Delapan wilayah ini antara lain Palembang, Denpasar, Surabaya, Makassar, Manado, Solo, Pontianak, dan Bekasi.

Berikut jadwal dan lokasi untuk penyelenggaraan babak kualifikasi regional di delapan wilayah:

Kota Tanggal Lokasi
Palembang dan Denpasar 9 – 10 Februari 2019 Palembang Sport Center Galleria Mall, Denpasar
Surabaya dan Makassar 16 – 17 Februari 2019 Surabaya Town Square Trans Studio Mall, Makassar
Manado dan Solo 23 -24 Februari 2019 Manado Town Square The Park Solo
Pontianak dan Bekasi 2 – 3 Maret 2019 Summarecon Mall Bekasi Pontianak (TBC)

Agar dapat berjaya di kompetisi internasional, seperti Asian Games 2022, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap, ke depannya masyarakat dapat memberi dukungan penuh kepada para gamers Indonesia. “Kita punya 43 juta gamers; namun, skill saja belum cukup kalau tidak didukung oleh segenap masyarakat,” katanya.

“Kehadiran IESPL terinspirasi dari harapan Bapak Joko Widodo yang menginginkan kemajuan ekosistem esports. Berbekal pengalaman menyelenggarakan liga esports multicabang yang diikuti oleh berbagai tim terbaik di Tanah Air, IESPL berharap Piala Presiden Esports dapat menjadi kompetisi tahunan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh tim di Indonesia. Sejalan dengan semangat dan komitmen kami untuk membesarkan skema esports Indonesia, Piala Presiden juga diharapkan dapat menemukan dan membina para pemain berprestasi agar bisa mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia,” ujar Presiden IESPL Giring Ganesha.  

Inge menambahkan, e-sport yang sudah marak di luar negeri kini mulai mempengaruhi generasi milenials di Tanah Air. Konotasi negatif bermain game perlahan luntur karena pada kenyataannya e-sport membawa pembaharuan bagi culture anak muda, bahkan telah dinilai sebagai salah satu cabang di ajang olahraga lingkup Asia. “Kami berharap, dukungan kepada gelaran Piala Presiden ini dapat turut menyumbangkan nilai-nilai sportivitas di dalam olahraga kepada anak muda, sekaligus dapat turut memperbaiki pengelolaan dan infrastruktur e-sport di Indonesia," tutup Inge.

Kobarkan Semangat Kompetisi e-Sport, BCA Dukung Gelaran Piala Presiden 2019

BCA Dukung Gelaran E-Sport Piala Presiden 2019 - Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati bersama Presiden IESPL Giring Ganesha, CEO Blibli.com Kusumo Martanto, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (RI) Moeldoko, Duta Piala Presiden Maungzy, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Duta Piala Presiden Tobias Justin, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Triawan Munaf di tengah acara Press Conference E-Sport Piala Presiden 2019 di Jakarta, Senin (28/01). Dukungan BCA untuk gelaran Piala Presiden ini diharapkan dapat turut menyumbangkan nilai-nilai sportivitas di dalam olahraga untuk generasi milenial, sekaligus dapat turut memperbaiki pengelolaan dan infrastruktur e-sport di Indonesia.

Kobarkan Semangat Kompetisi e-Sport, BCA Dukung Gelaran Piala Presiden 2019

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2018)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2018, BCA melayani hampir 18,5 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.243 kantor cabang, 17.440 ATM dan lebih dari 500.000 mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA