Kembali ke Pressroom
01 Apr 2021

BCA Ajak Desa Binaan untuk Melestarikan Lingkungan

Jakarta, 1 April 2021 – Sampah sampai saat ini masih menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di berbagai tempat khususnya di lingkungan tempat tinggal. Hal ini juga yang terjadi pada kawasan desa wisata terlebih disaat jumlah pengunjung sedang meningkat. Memahami kondisi tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang memiliki program desa binaan tidak pernah putus memberikan edukasi guna mendorong semangat pengurus desa binaan untuk tetap berkarya. 

Pada kesempatan istimewa ini, BCA memberikan edukasi pelatihan melalui webinar pengelolaan dan pengolahan limbah sampah kepada segenap pengelola homestay dan pengurus yang ada di 12 desa binaan BCA, kegiatan ini dihadiri oleh EVP CSR BCA Inge Setiawati, Vice President CSR BCA Ira Bachtar pada Kamis (01/04). 

“BCA berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan kepada 12 desa binaan yang sudah kami tetapkan. Pengelolaan dan pengolahan limbah memang perlu dilakukan demi kelestarian lingkungan dan tentunya menjaga agar lingkungan tetap sehat. Pelaksanaan kegiatan webinar ini merupakan salah satu bentuk dukungan BCA terhadap kepedulian lingkungan untuk masa depan bumi yang lebih baik. Selain itu, kegiatan ini sejalan dengan komitmen BCA pada gerakan ramah lingkungan sebagai bentuk jawaban kami terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Inge. 

Meskipun saat ini kunjungan ke beberapa desa binaan tidak seramai dahulu sebelum pandemi, pengelolaan limbah tetap perlu dilakukan. Salah satu keuntungan lain yang bisa dirasakan dari pengolahan limbah ini juga adalah terjadinya circular economy. Limbah yang diolah tersebut dapat menjadi barang-barang menarik yang memiliki daya jual, tentunya ini juga bisa dimanfaatkan pengelola desa untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Pilar solusi bisnis unggul yang dimiliki oleh CSR BCA memiliki fokus pada pembinaan desa dan komunitas serta pilar sinergi yang berfokus pada lingkungan. Inge menegaskan bahwa tujuan diadakannya pelatihan ini juga untuk memberikan tambahan wawasan bagi pengurus desa mengenai pemanfaatan limbah sampah secara tepat.

Sebagai tambahan informasi, CSR BCA memiliki 12 desa binaan yang tersebar di beberapa wilayah. Ke-12 desa binaan tersebut antara lain Wirawisata Goa Pindul; Desa Wisata Pentingsari; Wisata Wayang Desa Wukirsari; Desa Wisata Tamansari; Doesoen Kopi Sirap; Kampung Batik Gemah Sumilir; Bukit Peramun; Wisata Aik Rusa Berehun; Gunong Lumut; Kampung Adat Sijunjung; Nagari Silokek; Desa Wisata Pucak Tinggan. Di tengah kondisi pandemi, BCA terus memberikan pendampingan bagi desa binaan melalui webinar-webinar yang inspiratif. 

“Harapannya melalui kegiatan hari ini dapat memberikan semangat bagi para pengurus desa wisata untuk kembali bangkit menghidupkan kembali pariwisata di Indonesia. Kami yakin semakin intens diberikan edukasi, desa binaan akan kembali siap menyambut wisatawan dalam jumlah banyak dan tetap dengan mematuhi protokol,” tutup Inge.

BCA Ajak Desa Binaan Lestarikan Lingkungan – EVP CSR BCA Inge Setiawati membuka webinar pengelolaan dan pengolahan limbah yang merupakan program dari Corporate Social Responsibility BCA. BCA berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan kepada 12 desa binaan yang sudah ditetapkan melalui webinar-webinar inspiratif.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2020)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2020, BCA melayani 25 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 32 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.248 kantor cabang, 17.623 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 24.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat 10310

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA