Kembali ke Pressroom
06 Apr 2021

BCA dan Blibli Kolaborasi Hadirkan Desa Binaan Goes Digital

Jakarta, 6 April 2021 – Sebagai satuan sistem keuangan nasional PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendukung program pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bentuk dukungan ini dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan maupun stimulus, kali ini BCA berkolaborasi dengan Blibli untuk memberikan nilai tambah bagi pelaku bisnis UMKM yang juga terimbas akibat pandemi. Melalui Corporate Social Responsibility BCA memiliki program Desa Binaan yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian di desa.

Kegiatan ini bertajuk Desa Binaan Bakti BCA Goes Digital, seremoni kegiatan ini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh EVP CSR BCA Inge Setiawati, Vice President CSR BCA Ira Bachtar dan Senior Vice President of Seller Sales Operation & Development Blibli Geoffrey L Dermawan pada Selasa (06/04). Pada kesempatan istimewa ini, kegiatan juga dihadiri oleh pengurus 12 desa binaan Bakti BCA.

“Program kolaborasi yang kita sepakati dengan Blibli sejalan dengan visi misi BCA yang ingin mengangkat desa binaan untuk lebih dekat dengan dunia digital. Kami menyadari bahwa di tengah kondisi yang masih membatasi ruang gerak ini, peran teknologi digital menjadi lebih masif dalam berbagai aspek kehidupan. Kegiatan pengembangan desa binaan ini juga merupakan bentuk perwujudan pilar dalam CSR BCA yaitu pilar solusi bisnis unggul,” ungkap Inge Setiawati.

Kolaborasi strategis yang dilakukan oleh BCA dan Blibli diwujudkan melalui tiga program utama yaitu digitalisasi, pelatihan dan optimisasi. Ketiga program ini sudah dirumuskan sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh desa binaan. Adapun tujuan akhir diadakannya kolaborasi ini adalah untuk membantu pengembangan dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh desa binaan.

Geoffrey L Dermawan selaku perwakilan Blibli mengungkapkan antusiasmenya berkolaborasi dengan BCA. “Pelaku UMKM saat ini harus bisa bertransformasi digital agar tetap bisa kompetitif. Dengan masuk ke platform digital, dapat menjangkau pasar lebih luas, dan belajar bersaing dengan meningkatkan mutu kualitas produk karena mereka akan bertemu dengan para pelaku usaha lain di dalam satu platform,” kata Geoffrey. “Selain itu, untuk mewujudkan ekonomi digital bagi UMKM di Indonesia, e-commerce perlu

melakukan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak agar potensi digitalisasi UMKM berjalan maksimal. Oleh karena itu, Blibli sangat senang bisa bersinergi dengan BCA dalam program Desa Binaan Bakti BCA Goes Digital. Melalui kolaborasi ini, kami berharap potensi wirausaha UMKM dan destinasi wisata yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara ini dapat memperluas pasar wisata mereka di platform digital Blibli.”

Kolaborasi strategis ini akan memberikan akses bagi pelaku bisnis di desa wisata untuk memanfaatkan fitur dan layanan bagi seller di ekosistem e-commerce Blibli untuk memasarkan produk ke seluruh Indonesia sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First, fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care. #KarenaLokalNo1

“Hal ini sejalan dengan misi Blibli untuk mendorong pelaku kreatif lokal dan memberdayakan potensi Indonesia untuk menopang perekonomian nasional di tengah pandemi corona (COVID-19),” pungkas Geoffrey.

Sebagai tambahan informasi, CSR BCA memiliki 12 desa binaan yang tersebar di beberapa wilayah. Ke-12 desa binaan tersebut antara lain Wirawisata Goa Pindul; Desa Wisata Pentingsari; Wisata Wayang Desa Wukirsari; Desa Wisata Tamansari; Doesoen Kopi Sirap; Kampung Batik Gemah Sumilir; Bukit Peramun; Wisata Aik Rusa Berehun; Gunong Lumut; Kampung Adat Sijunjung; Nagari Silokek; Desa Wisata Pucak Tinggan. Di tengah kondisi pandemi, BCA terus memberikan pendampingan bagi desa binaan melalui webinar-webinar inspiratif.

“Harapannya melalui kegiatan ini, desa wisata dapat semakin memupuk semangat untuk menyambut kembali pulihnya pariwisata serta perekonomian di Indonesia. Semoga kolaborasi yang dijalin dengan Blibli juga dapat mendorong perekonomian di desa binaan dan semakin meningkatkan produk lokal,” tutup Inge.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Desa Binaan Bakti BCA Goes Digital, dapat membuka akses tautan sebagai berikut: Blibli.com/DesaBinaanBaktiBCA baik melalui website dan aplikasi Blibli. Pelanggan akan menemukan berbagai penawaran menarik mulai dari paket tour wisata dan produk UMKM seperti fashion, aksesoris, batik serta kuliner persembahan Desa Binaan Bakti BCA Goes Digital dan Blibli.

Bakti BCA Berkolaborasi dengan Blibli Hadirkan Inovasi Digital Bagi Desa Binaan – EVP CSR BCA Inge Setiawati (atas kanan) bersama dengan Senior Vice President of Seller Sales Operation & Development Blibli Geoffrey L Dermawan (atas kiri) dalam kegiatan virtual press conference pada Selasa (06/04). Pada kegiatan ini dihadiri juga oleh beberapa perwakilan desa wisata yang memaparkan kondisi desa mereka yang terbantu berkat ada edukasi digitalisasi dari BCA dan Blibli.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2020)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2020, BCA melayani 25 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 32 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.248 kantor cabang, 17.623 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 24.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat 10310

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA