Kembali ke Pressroom
01 Des 2020

BCA Gelar Webinar Literasi Keuangan "Berani Mimpi, Mulai Aksi"

Jakarta, 1 Desember 2020 – Pemahaman akan pengelolaan keuangan pribadi bagi generasi muda menjadi ilmu yang berharga untuk merasakan financial freedom di masa depan. Melihat kondisi tersebut, BCA serta didukung penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan berkomitmen untuk fokus memberikan edukasi literasi keuangan bagi generasi muda. Kali ini, komitmen tersebut diwujudkan melalui kegiatan Webinar Literasi Keuangan dengan tajuk “Beranu Mimpi Mulai Aksi”, yang merupakan juga bagian dari peringatan Hari Literasi Keuangan Nasional yang jatuh pada tanggal 19 November.

Webinar Literasi Keuangan dilakukan secara virtual melalui Youtube Solusi BCA yang dibuka oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja serta Dewan Komisioner OJK Tirta Segara pada Minggu (29/11). Turut hadir dalam kegiatan webinar ini Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Managing Director Shinta VR Andes Rizky serta para narasumber yaitu Assistant Vice President Marketing Communication BCA Bunga Noladika dan Finance Enthusiast Kadek Arini. Webinar ini diikuti oleh lebih dari 1000 peserta dari berbagai sekolah, universitas dan juga berbagai latar belakang profesi. 

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 menunjukan indeks literasi keuangan di Indonesia baru sekitar 38,03%. Angka ini masih terbilang cukup rendah meskipun saat ini sudah terdapat medium digital untuk melakukan edukasi terhadap keuangan. Generasi muda khususnya kaum pelajar kini diharapkan dapat semakin disadarkan akan pentingnya memahami keuangan. 

“Pengelolaan keuangan bagi generasi muda saat ini masih kurang berimbang dengan pola hidup konsumtif yang mereka lakukan. BCA sadar akan hal tersebut sehingga menginisiasi edukasi keuangan melalui online webinar. Sudah menjadi komitmen dari BCA dalam memberikan pendampingan pengelolaan keuangan bagi masyarakat serta menghadirkan solusi keuangan yang tepat. Lebih lagi pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini, menabung menjadi bagian yang penting dan esensial untuk dilakukan sejak dini guna memperoleh kebebasan finansial yang tentunya menjadi impian banyak orang,” ujar Jahja. 

“BCA yakin dengan kehadiran akses digital yang semakin mudah saat ini dapat menjadi peluang bagi generasi muda untuk memenuhi kebutuhan informasi akan pengelolaan keuangan mendasar sampai dengan tips disiplin menabung bahkan investasi” ujar Inge. 

Webinar Literasi Keuangan dari BCA dikemas secara menarik dan modern sesuai dengan target dari kegiatan ini yaitu generasi muda. Kegiatan ini terbagi dalam tiga sesi talkshow yang setiap sesinya memiliki pembahasan edukatif mengenai literasi keuangan. Sejumlah topik yang dibahas oleh BCA bersama dengan Kadek Arini antara lain mengenai pengelolaan keuangan selama pandemi, cara membagi pos keuangan, tips membedakan keinginan dan kebutuhan serta tidak lupa memberikan solusi keuangan melalui produk BCA. 

“Kegiatan webinar ini menjadi sebuah kebanggaan bagi BCA karena dapat turut mendukung peningkatkan edukasi literasi keuangan di Indonesia yang sejalan dengan program OJK. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan wawasan keuangan yang lebih luas bagi peserta khususnya dalam menabung. Kehadiran produk-produk tabungan yang beragam dari BCA seperti SIMPEL dan LAKU juga dapat menjadi solusi menabung di tengah pandemi dengan program #BankingFromHome.” tutup Jahja.

Webinar Literasi Keuangan “Berani Mimpi, Mulai Aksi” – Assistant Vice President Marketing Communication BCA Bunga Noladika (kanan atas) dan Finance Enthusiast Kadek Arini (kanan bawah) dalam webinar literasi keuangan yang ditayangkan live dari Youtube SolusiBCA pada Minggu (29/11). Webinar ini merupakan bagian dari peringatan Hari Literasi Keuangan Nasional yang jatuh pada tanggal 19 November lalu. Target utama dari pelaksanaan webinar ini adalah generasi muda khususnya kaum pelajar yang diharapkan dapat semakin disadarkan akan pentingnya memahami keuangan.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2020)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & SME dan konsumer. Pada akhir September 2020, BCA melayani 23,0 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 33 juta transaksi setiap harinya didukung oleh 1.249 kantor cabang, 17.415 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 24.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA