Kembali ke Pressroom
01 Sep 2020

Komitmen BCA Membangun Potensi Desa Wisata di Tanah Air

Jakarta, 1 September 2020 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan implementasi keuangan berkelanjutan. Melalui pilar Solusi Bisnis Unggul Bakti BCA, BCA berupaya untuk membina UMKM dan komunitas dengan pemberdayaan Desa Binaan. Komitmen ini turut diimplementasikan melalui dukungan BCA dalam pembangunan desa binaan  secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Kontribusi dan dukungan terus BCA berikan demi mengembangkan potensi ekonomi dan pariwisata desa wisata sehingga mampu menjadi desa yang mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. 

Kontribusi dan dukungan BCA ini dikupas secara tuntas di acara Talkshow virtual yang mengangkat tema “Tantangan Desa Wisata Era Baru dan CSR Membangun Potensi Desa Wisata”. Program Talkshow yang ditayangkan secara langsung melalui TV Desa Indonesia, Youtube TV Desa, Aplikasi Kugo, serta Genflix Live ini menghadirkan Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati secara virtual pada Selasa (01/09). Turut bergabung dalam talkshow tersebut para ahli ekonomi, sosial, budaya serta pegiat kegiatan CSR. Talkshow virtual ini dipandu langsung oleh CEO & Founder Miracelova Screen Institute, Arvin Miracelova. 

“Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 memberikan tantangan yang tidak mudah di berbagai sektor salah satunya sektor pariwisata dan perekonomian. Seperti BCA yang memiliki Desa Binaan di beberapa wilayah di Indonesia mengalami tantangan yang tidak mudah. Namun, hal ini juga menjadi peluang bagi kami untuk mengandalkan digitalisasi dalam memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Walaupun penuh dengan tantangan, namun BCA terus berkomitmen untuk mendampingi ke-12 Desa Wisata Binaan untuk tetap maju di tengah situasi yang cukup dinamis ini,” urai Inge. 

Tantangan pariwisata pada era baru harus diselaraskan dengan peningkatan kemampuan para pengurus desa wisata agar kembali eksis. Rangkaian pembinaan memegang peranan penting dalam mendorong Desa Wisata untuk menyongsong era yang baru. Pelatihan bagi para pengurus tetap dilaksanakan seperti sedia kala, namun saat ini pelatihan dilakukan secara virtual dan berfokus pada pemanfaatan digital sebagai sarana promosi desa wisata. 

Sebagai informasi, dukungan BCA terhadap desa wisata melalui pilar Solusi Bisnis Unggul tidak berhenti pada pemberian donasi kepada masyarakat desa. Dukungan Bakti BCA juga diawali dengan analisa mendalam terhadap desa wisata untuk menentukan arah pembinaan; membentuk kepengurusan masyarakat; merumuskan visi, misi, serta target untuk desa binaan; mengembangkan kapasitas SDM; meningkatkan sarana, prasarana, dan infrastruktur; hingga uji layanan dan pengukuran dampak. Seluruh kegiatan ini dikerjakan bersama-sama dengan masyarakat desa sehingga nantinya mampu berkembang secara mandiri. 

“Sejalan dengan pembinaan desa wisata, kami turut memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang patut untuk dieksplor. Untuk itu, kami aktif memberikan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai kanal. Kami berharap di tahap new normal yang secara perlahan dimulai ini dapat turut memulihkan kembali geliat pariwisata dan perekenomian di Indonesia, khususnya berkembangnya kembali desa wisata di Tanah Air,” tutup Inge. 

Komitmen BCA Membangun Potensi Desa Wisata di Tanah Air – EVP CSR BCA Inge Setiawati saat menjadi salah satu narasumber pada Talkshow virtual dengan tema “Tantangan Desa Wisata Era Baru dan CSR Membangun Potensi Desa Wisata” bersama ahli ekonomi, sosial, budaya serta pegiat kegiatan CSR pada Selasa (01/09). Melalui pilar Solusi Bisnis Unggul Bakti BCA, BCA berupaya membina UMKM dan komunitas dengan pemberdayaan Desa Binaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Di tengah pandemi COVID-19, BCA tetap memberikan pembinaan kepada pengurus desa secara virtual, berfokus pada pemanfaatan digital sebagai sarana promosi desa wisata.

Komitmen BCA Membangun Potensi Desa Wisata di Tanah Air

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2020)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & SME dan konsumer. Pada akhir Juni 2020, BCA melayani 22,5 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 30 juta transaksi setiap harinya didukung oleh 1.251 kantor cabang, 17.360 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA