Back to Credit Card

Asuransi Kecelakaan Perjalanan Otomatis

Perjalanan jadi lebih nyaman

Mengapa Asuransi Kecelakaan Perjalanan Otomatis?

Santunan Kecelakaan

Perlindungan perjalanan baik di darat, laut, atau udara di dalam maupun di luar negeri dengan angkutan umum yang dioperasikan berdasarkan izin untuk pengangkutan umum secara komersial

Santunan Medis

Perlindungan untuk penggantian biaya medis yang dikeluarkan di luar negeri atau perawatan lanjutan di Indonesia ketika kembali dari luar negeri

Perlindungan untuk Semua

Berlaku bagi pemegang kartu utama maupun kartu tambahan, berikut 1 (satu) orang istri atau suami dan anak kandung dengan jumlah maksimal 3 (tiga) orang

Asuransi Perjalanan

Asuransi Kecelakaan Perjalanan Otomatis

Asuransi kecelakaan diri selama perjalanan merupakan salah satu fasilitas yang disediakan secara otomatis bagi pemegang Kartu Kredit BCA yang melakukan pembelian tiket angkutan darat, laut, dan udara untuk perjalanan dalam negeri maupun ke luar negeri berupa pertanggungan terhadap:

  • Travel Accident (Kecelakaan Perjalanan)
  • Oveseas Medical Reimbursement (Biaya Pengobatan di luar negeri)

Perlu Diketahui

  1. Polis induk diterbitkan oleh PT. Asuransi Umum BCA (BCAInsurance) untuk PT. Bank Central Asia Tbk.
  2. PT. Bank Central Asia Tbk sebagai “Pemegang Polis”
  3. PT. Asuransi Umum BCA (BCAInsurance) disebut “Penanggung”
  4. Pemegang Kartu Kredit BCA disebut “Penerima Manfaat”

Syarat dan Ketentuan

  • Berlaku untuk pemegang kartu utama maupun kartu tambahan
  • Berlaku untuk 1 (satu) orang istri atau suami dan anak kandung sah dengan jumlah maksimal 3 orang yang berusia antara 3 bulan sampai 23 tahun
  • Jenis angkutan darat, laut atau udara, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang digunakan harus merupakan angkutan umum yang dioperasikan secara komersial
  • Proses klaim asuransi akan ditangani oleh PT. Asuransi Umum BCA (BCAInsurance)

Terdapat 2 (dua) macam jaminan asuransi/pertanggungan yang dapat Penerima Manfaat peroleh dari asuransi perjalanan yaitu:

  • Kecelakaan Perjalanan (Travel Accident)

     

    Apabila Penerima Manfaat mengalami kecelakaan yang terjadi dalam suatu perjalanan pergi/pulang, dari dan ke tempat keberangkatan dan tempat tujuan (seperti yang tercantum dalam tiket), maka Penanggung akan memberikan santunan sesuai yang tertera pada tabel santunan di bawah ini, dengan syarat, kecelakaan tersebut terjadi sewaktu Penerima Manfaat menjadi penumpang alat transportasi komersial, bukan sebagai pilot atau awak pesawat. Khusus perjalanan melalui udara, jaminan asuransi atau pertanggungan ini termasuk kecelakaan yang terjadi pada Penerima Manfaat yang bersangkutan yang melakukan perjalanan dimaksud yang terjadi di terminal/bandar udara dan dalam suatu perjalanan dari dan ke bandar udara dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

     

    Nilai Pertanggungan adalah sebagai berikut:

Produk Nilai Pertanggungan

BCA Card Platinum, BCA Visa Platinum/Black, dan BCA MasterCard, Platinum Taz/Black, BCA JCB Black

Rp 1.000.000.000

(satu miliar rupiah)

BCA Everyday Card, BCA Card Indomaret, BCA Visa Batman, BCA, MasterCard Platinum, BCA Matahari dan BCA BWS

Rp 600.000.000

(enam ratus juta rupiah)

 

Tabel santunan

Kecelakaan yang mengakibatkan Jumlah santunan yang diberikan
Kematian  100%
Kehilangan kedua tangan atau kedua kaki, atau kehilangan seluruh penglihatan dari kedua mata 100%
Kehilangan saru tangan dan satu kaki 100%
Kehilangan seluruh penglihatan dari satu mata dan satu tangan atau satu kaki 100%
Kehilangan satu tangan atau satu kaki 50%
Kehilangan seluruh penglihatan dari satu mata 50%
Kehilangan seluruh ibu jari dan jari telunjuk dalam satu tangan 25%

 

Tanggung jawab Penanggung untuk setiap kejadian kecelakaan atas setiap diri Penerima Manfaat tidak akan melebihi nilai jaminan sebesar yang tercantum pada tabel nilai pertanggungan, namun untuk setiap kejadian kecelakaan untuk setiap alat angkutan umum penumpang tidak melebihi Rp10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah) untuk setiap jenis Kartu Kredit BCA dan tidak melebihi Rp 40.000.000.000 (empat puluh miliar rupiah) untuk semua jenis Kartu Kredit BCA.

Bilamana jumlah akumulasi santunan dalam satu alat angkutan umum penumpang melebihi nilai yang disebutkan masing‐masing tersebut di atas, maka nilai santunan untuk setiap Penerima Manfaat akan dibagikan secara proporsional.

 

Pengecualian Umum

Polis ini tidak menanggung segala kerugian yang disebabkan oleh atau akibat dari:

  • Bunuh diri atau percobaan bunuh diri oleh Penerima Manfaat yang dilakukan baik secara sadar atau tidak sadar.
  • Keadaan perang
  • Bertugas dalam militer atau layanan udara di negara manapun
  • Kerugian yang timbul dari tindakan terorisme dengan cara apapun
  • Kondisi penyakit yang sudah ada sebelumnya
  • Sabotase

Pengecualian untuk asuransi kecelakaan perjalanan

Polis ini tidak menanggung kerugian langsung atau tidak langsung yang disebabkan oleh:

  • Cedera tubuh yang disebabkan baik secara langsung maupun tidak langsung, karena tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh Penerima Manfaat.
  • Keadaan tubuh yang sudah cacat, atau penyakit yang sudah diderita sebelum kecelakaan.
  • Penerima Manfaat dalam keadaan mabuk atau karena penyalahgunaan narkoba
  • Penyakit

Hilangnya Penerima Manfaat

Bilamana Penerima Manfaat hilang akibat suatu peristiwa yang dijamin polis dan tidak diketemukan dalam waktu 12 (dua belas) bulan kalender sejak terjadinya peristiwa, hal ini akan dianggap sebagai kematian, dengan syarat hilangnya Penerima Manfaat telah diumumkan oleh pihak yang berwenang disertai dengan bukti pendukung dari ahli waris kepada Penanggung. Sehubungan dengan hal tersebut, Penanggung akan menanggung sesuai dengan syarat dan kondisi polis.

  • Biaya Pengobatan di Luar Negeri*
    Penanggung akan mengganti kepada Penerima Manfaat biaya pengobatan Penerima Manfaat untuk biaya pengobatan yang layak dan wajar yang dikeluarkan oleh Penerima Manfaat yang terjadi pada saat Penerima Manfaat sedang berada di luar negeri sebagai akibat kecelakaan atau sakit (“pre‐existing condition” berlaku), dengan nilai pertanggungan sebagai berikut:
Produk Limit

BCA Card Platinum, BCA Visa Platinum/Black,

BCA MasterCard Platinum Taz/Black, BCA JCB Black

Rp 25.000.000/orang atau

Rp 50.000.000/keluarga**

*Hanya berlaku untuk Kartu Kredit BCA Card Platinum, BCA Visa Platinum/Black, BCA MasterCard Platinum Taz/Black, BCA JCB Black

**Keluarga yakni suami atau istri yang sah dan anak kandung sah maksimal 3 orang dengan range usia 3 bulan sampai 23 tahun.

 

Sakit berarti sakit atau penyakit yang diderita dan terjadi selama Penerima Manfaat melakukan perjalanan. Perlindungan ini memberikan penggantian atas biaya medis yang terjadi untuk perawatan atau perawatan lanjutan di Indonesia apabila Penerima Manfaat telah kembali dari luar negeri. Perlindungan ini diberikan apabila Penerima Manfaat dirawat inap di Rumah Sakit dalam waktu 12 (dua belas) jam setelah kedatangan kembali di Indonesia dan harus merupakan perawatan lanjutan yang diperlukan dari perawatan yang diterima oleh Penerima Manfaat pada saat Penerima Manfaat dirawat di luar negeri. Penggantian untuk perawatan di rumah sakit di Indonesia maksimal sampai dengan 7 (tujuh) hari secara terus‐menerus atau 5% dari maksimum manfaat ini.

“Medical Expense”/ Biaya pengobatan; berarti semua biaya yang dikeluarkan di luar negeri dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak Penerima Manfaat mengalami kecelakaan atau sakit dan telah dibayar terlebih dahulu oleh Penerima Manfaat kepada ahli medis yang berwenang, Rumah Sakit atau biaya ambulan, biaya operasi, x‐ray, biaya perawat atau perawatan medis lain yang diperlukan dan ditentukan oleh dokter yang sah.

Bila Penerima Manfaat mendapatkan penggantian atas Biaya Pengobatan tersebut dari perusahaan asuransi lain, maka Penerima Manfaat hanya berhak atas selisih kurang dari jumlah penggantian yang diterima dari perusahaan asuransi lain.

 

Pengecualian untuk biaya pengobatan di luar negeri

Penanggung tidak akan bertanggungjawab atas biaya pengobatan yang terjadi:

  • Pada saat dan setelah Penerima Manfaat mamasuki usia 70 tahun.
  • Bila perjalanan yang dilakukan Penerima Manfaat bertentangan dengan nasihat ahli medis yang berwenang.
  • Jika sebelumnya sudah ada kondisi kesehatan atau penyakit, dimana gejala tersebut sudah ada dalam waktu 12 (dua belas) bulan sebelum perjalanan dan Penerima Manfaat telah mendapat nasihat medis atau menjalani perawatan medis dari ahli medis yang berwenang.
  • Untuk cedera yang timbul dari kegiatan yang berkaitan dengan profesi atau pekerjaan Penerima Manfaat dalam industri minyak dan gas.
  • Terhadap penggantian yang diberikan ganti rugi dari polis asuransi lain yang dimiliki oleh Penerima Manfaat.
  • Setelah 60 (enam puluh) hari dari tanggal biaya pengobatan yang pertama kali terjadi.
  • Untuk prosthesis, lensa kontak, kacamata, alat bantu pendengaran, peralatan yang berhubungan dengan gigi dan peralatan medis lainnya.
  • Untuk perawatan medis rutin, pembedahan kosmetik, perawatan dan pembedahan khusus lainnya.
  • Untuk biaya gigi dan mata lainnya kecuali terjadi karena keadaan darurat.
  • Untuk perawatan karena AIDS atau setiap cedera tubuh atau sakit yang timbul pada saat awal tes positif untuk HIV, dan penyakit yang berhubungan dengannya.


Pembayaran Klaim

Klaim untuk kematian akan dibayarkan kepada ahli waris Penerima Manfaat, sedangkan klaim atas cacat tubuh dan biaya pengobatan akan dibayarkan kepada Penerima Manfaat.

 

Pemberitahuan Klaim dan Informasi Produk

Pemberitahuan klaim harus dibuat secara tertulis dan disampaikan oleh Penerima Manfaat atau ahli waris Penerima Manfaat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari dari tanggal terjadinya kecelakaan atau sakit yang menimpa Penerima Manfaat kepada Departemen Klaim PT. Asuransi Umum BCA (BCAinsurance). Untuk informasi lebih lanjut mengenai fasilitas produk Asuransi Perjalanan ini, anda dapat menghubungi:

PT. ASURANSI UMUM BCA (BCAinsurance)
Sahid Sudirman Centre Building lantai 10 / Unit F
Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta 10220
Tel: (021) 27889588
Fax: (021) 27889577
www.bcainsurance.co.id

Terdapat 2 (dua) macam jaminan asuransi/pertanggungan yang dapat Penerima Manfaat peroleh dari asuransi perjalanan yaitu:

  • Kecelakaan Perjalanan (Travel Accident)

    Apabila Penerima Manfaat mengalami kecelakaan yang terjadi dalam suatu perjalanan pergi/pulang, dari dan ke tempat keberangkatan dan tempat tujuan (seperti yang tercantum dalam tiket), maka Penanggung akan memberikan santunan sesuai yang tertera pada tabel santunan di bawah ini, dengan syarat, kecelakaan tersebut terjadi sewaktu Penerima Manfaat menjadi penumpang alat transportasi komersial, bukan sebagai pilot atau awak pesawat. Khusus perjalanan melalui udara, jaminan asuransi atau pertanggungan ini termasuk kecelakaan yang terjadi pada Penerima Manfaat yang bersangkutan yang melakukan perjalanan dimaksud yang terjadi di terminal/bandar udara dan dalam suatu perjalanan dari dan ke bandar udara dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Nilai Pertanggungan yang dijamin adalah Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah) dengan perincian sebagai berikut:

Tabel santunan

Kecelakaan yang mengakibatkan Jumlah santunan yang diberikan
Kematian  100%
Kehilangan kedua tangan atau kedua kaki, atau kehilangan seluruh penglihatan dari kedua mata 100%
Kehilangan satu tangan dan satu kaki 100%
Kehilangan seluruh penglihatan dari satu mata dan satu tangan atau satu kaki 100%
Kehilangan satu tangan atau satu kaki 50%
Kehilangan seluruh penglihatan dari satu mata 50%
Kehilangan seluruh ibu jari dan jari telunjuk dalam satu tangan 25%

 

Tanggung jawab Penanggung untuk setiap kejadian kecelakaan atas setiap diri Penerima Manfaat tidak akan melebihi nilai jaminan sebesar yang tercantum pada tabel nilai pertanggungan, namun untuk setiap kejadian kecelakaan untuk setiap alat angkutan umum penumpang tidak melebihi Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah) untuk setiap jenis Kartu Kredit BCA dan tidak melebihi Rp10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah) untuk semua jenis Kartu Kredit BCA.

Bilamana jumlah akumulasi santunan dalam satu alat angkutan umum penumpang melebihi nilai yang disebutkan masing‐masing tersebut di atas, maka nilai santunan untuk setiap Penerima Manfaat akan dibagikan secara proporsional.

Pengecualian Umum

Polis ini tidak menanggung segala kerugian yang disebabkan oleh atau akibat dari:

  • Bunuh diri atau percobaan bunuh diri oleh Penerima Manfaat yang dilakukan baik secara sadar atau tidak sadar.
  • Keadaan perang.
  • Bertugas dalam militer atau layanan udara di negara manapun.
  • Kerugian yang timbul dari tindakan terorisme dengan cara apapun.
  • Kondisi penyakit yang sudah ada sebelumnya.
  • Sabotase

Pengecualian untuk asuransi kecelakaan perjalanan

Polis inti tidak menanggung kerugian langsung atau tidak langsung yang disebabkan oleh:

  • Cedera tubuh yang disebabkan baik secara langsung maupun tidak langsung, karena tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh Penerima Manfaat.
  • Keadaan tubuh yang sudah cacat, atau penyakit yang sudah diderita sebelum kecelakaan.
  • Penerima Manfaat dalam keadaan mabuk atau karena penyalahgunaan narkoba.
  • Penyakit.

Hilangnya Penerima Manfaat

Bilamana Penerima Manfaat hilang akibat suatu peristiwa yang dijamin polis dan tidak diketemukan dalam waktu 12 (dua belas) bulan kalender sejak terjadinya peristiwa, hal ini akan dianggap sebagai kematian, dengan syarat hilangnya Penerima Manfaat telah diumumkan oleh pihak yang berwenang disertai dengan bukti pendukung dari ahli waris kepada Penanggung. Sehubungan dengan hal tersebut, Penanggung akan menanggung sesuai dengan syarat dan kondisi polis.

  • Biaya Pengobatan di Luar Negeri
    Penanggung akan mengganti kepada Penerima Manfaat biaya pengobatan hingga maksimum Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah) dan batas maksimum untuk seluruh keluarga tidak melebihi Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk biaya pengobatan yang layak dan wajar yang dikeluarkan oleh Penerima Manfaat yang terjadi pada saat Penerima Manfaat sedang berada di luar negeri sebagai akibat kecelakaan atau sakit (“pre‐existing condition” berlaku).

    Sakit berarti sakit atau penyakit yang diderita dan terjadi selama Penerima Manfaat melakukan perjalanan. Perlindungan ini memberikan penggantian atas biaya medis yang terjadi untuk perawatan atau perawatan lanjutan di Indonesia apabila Penerima Manfaat telah kembali dari luar negeri. Perlindungan ini diberikan apabila Penerima Manfaat dirawat inap di Rumah Sakit dalam waktu 12 (dua belas) jam setelah kedatangan kembali di Indonesia dan harus merupakan perawatan lanjutan yang diperlukan dari perawatan yang diterima oleh Penerima Manfaat pada saat Penerima Manfaat dirawat di luar negeri. Penggantian untuk perawatan di rumah sakit di Indonesia maksimal sampai dengan 7 (tujuh) hari secara terus‐menerus atau 5% dari maksimum manfaat ini.

    “Medical Expense”/ Biaya pengobatan; berarti semua biaya yang dikeluarkan di luar negeri dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak Penerima Manfaat mengalami kecelakaan atau sakit dan telah dibayar terlebih dahulu oleh Penerima Manfaat kepada ahli medis yang berwenang, Rumah Sakit atau biaya ambulan, biaya operasi, x‐ray, biaya perawat atau perawatan medis lain yang diperlukan dan ditentukan oleh dokter yang sah.

    Bila Penerima Manfaat mendapatkan penggantian atas Biaya Pengobatan tersebut dari perusahaan asuransi lain, maka Penerima Manfaat hanya berhak atas selisih kurang dari jumlah penggantian yang diterima dari perusahaan asuransi lain.

Pengecualian untuk biaya pengobatan di luar negeri

Penanggung tidak akan bertanggungjawab atas biaya pengobatan yang terjadi:

  • Pada saat dan setelah Penerima Manfaat mamasuki usia 70 tahun.
  • Bila perjalanan yang dilakukan Penerima Manfaat bertentangan dengan nasihat ahli medis yang berwenang.
  • Jika sebelumnya sudah ada kondisi kesehatan atau penyakit, dimana gejala tersebut sudah ada dalam waktu 12 (dua belas) bulan sebelum perjalanan dan Penerima Manfaat telah mendapat nasihat medis atau menjalani perawatan medis dari ahli medis yang berwenang.
  • Untuk cedera yang timbul dari kegiatan yang berkaitan dengan profesi atau pekerjaan Penerima Manfaat dalam industri minyak dan gas.
  • Terhadap penggantian yang diberikan ganti rugi dari polis asuransi lain yang dimiliki oleh Penerima Manfaat.
  • Setelah 60 (enam puluh) hari dari tanggal biaya pengobatan yang pertama kali terjadi.
  • Untuk prosthesis, lensa kontak, kacamata, alat bantu pendengaran, peralatan yang berhubungan dengan gigi dan peralatan medis lainnya.
  • Untuk perawatan medis rutin, pembedahan kosmetik, perawatan dan pembedahan khusus lainnya.
  • Untuk biaya gigi dan mata lainnya kecuali terjadi karena keadaan darurat.
  • Untuk perawatan karena AIDS atau setiap cedera tubuh atau sakit yang timbul pada saat awal tes positif untuk HIV, dan penyakit yang berhubungan dengannya.

Pembayaran Klaim

Klaim untuk kematian akan dibayarkan kepada ahli waris Penerima Manfaat, sedangkan klaim atas cacat tubuh dan biaya pengobatan akan dibayarkan kepada Penerima Manfaat.

 

Pemberitahuan Klaim dan Informasi Produk

Pemberitahuan klaim harus dibuat secara tertulis dan disampaikan oleh Penerima Manfaat atau ahli waris Penerima Manfaat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari dari tanggal terjadinya kecelakaan atau sakit yang menimpa Penerima Manfaat kepada Departemen Klaim PT. Asuransi Umum BCA (BCAinsurance). Untuk informasi lebih lanjut mengenai fasilitas produk Asuransi Perjalanan ini, anda dapat menghubungi:

PT. ASURANSI UMUM BCA (BCAinsurance)
Sahid Sudirman Centre Building lantai 10 / Unit F
Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta 10220
Tel: (021) 27889588
Fax: (021) 27889577
Call Center kami : HaloBCA 1005888
www.bcainsurance.co.id

Terdapat 2 (dua) macam jaminan asuransi/pertanggungan yang dapat Penerima Manfaat peroleh dari asuransi perjalanan yaitu:

 

  • Kecelakaan Perjalanan (Travel Insurance)

    Apabila Penerima Manfaat mengalami kecelakaan yang terjadi dalam suatu perjalanan pergi/pulang, dari dan ke tempat keberangkatan dan tempat tujuan (seperti yang tercantum dalam tiket), maka Penanggung akan memberikan santunan sesuai yang tertera pada tabel santunan di bawah ini, dengan syarat, kecelakaan tersebut terjadi sewaktu Penerima Manfaat menjadi penumpang alat transportasi komersial, bukan sebagai pilot atau awak pesawat. Khusus perjalanan melalui udara, jaminan asuransi atau pertanggungan ini termasuk kecelakaan yang terjadi pada Penerima Manfaat yang bersangkutan yang melakukan perjalanan dimaksud yang terjadi di terminal/bandar udara dan dalam suatu perjalanan dari dan ke bandar udara dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

    Nilai Pertanggungan yang dijamin adalah Rp 2.000.000.000 (dua miliar rupiah) dengan perincian sebagai berikut:

Tabel santunan

Kecelakaan yang mengakibatkan Jumlah santunan yang diberikan
Kematian 100%
Kehilangan kedua tangan atau kedua kaki, atau kehilangan seluruh penglihatan dari kedua mata 100%
Kehilangan satu tangan dan satu kaki 100%
Kehilangan seluruh penglihatan dari satu mata dan satu tangan atau satu kaki 100%
Kehilangan satu tangan atau satu kaki 50%
Kehilangan seluruh penglihatan dari satu mata 50%
Kehilangan seluruh ibu jari dan jari telunjuk dalam satu tangan 25%

 

Tanggung jawab Penanggung untuk setiap kejadian kecelakaan atas setiap diri Penerima Manfaat tidak akan melebihi nilai jaminan sebesar yang tercantum pada tabel nilai pertanggungan, namun untuk setiap kejadian kecelakaan untuk setiap alat angkutan umum penumpang tidak melebihi Rp 2.000.000.000 (dua miliar rupiah) untuk setiap jenis Kartu Kredit BCA dan tidak melebihi Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah) untuk semua jenis Kartu Kredit BCA.

Bilamana jumlah akumulasi santunan dalam satu alat angkutan umum penumpang melebihi nilai yang disebutkan masing‐masing tersebut di atas, maka nilai santunan untuk setiap Penerima Manfaat akan dibagikan secara proporsional.

Pengecualian Umum

Polis ini tidak menanggung segala kerugian yang disebabkan oleh atau akibat dari:

  • Bunuh diri atau percobaan bunuh diri oleh Penerima Manfaat yang dilakukan baik secara sadar atau tidak sadar.
  • Keadaan perang
  • Bertugas dalam militer atau layanan udara di negara manapun
  • Kerugian yang timbul dari tindakan terorisme dengan cara apapun 
  • Kondisi penyakit yang  sudah ada sebelumnya
  • Sabotase

Pengecualian untuk asuransi kecelakaan perjalanan

Polis ini tidak menanggung kerugian langsung atau tidak langsung yang disebabkan oleh:

  • Cedera tubuh yang disebabkan baik secara langsung maupun tidak langsung, karena tindaka melanggar hukum yang dilakukan oleh Penerima Manfaat.
  • Keadaan tubuh yang sudah cacat, atau penyakit yang sudah diderita sebelum kecelakaan.
  • Penerima Manfaat dalam keadaan mabuk atau karena penyalahgunaan narkoba.
  • Penyakit.

Hilangnya Penerima Manfaat

Bilamana Penerima Manfaat hilang akibat suatu peristiwa yang dijamin polis dan tidak diketemukan dalam waktu 12 (dua belas) bulan kalender sejak terjadinya peristiwa, hal ini akan dianggap sebagai kematian, dengan syarat hilangnya Penerima Manfaat telah diumumkan oleh pihak yang berwenang disertai dengan bukti pendukung dari ahli waris kepada Penanggung. Sehubungan dengan hal tersebut, Penanggung akan menanggung sesuai dengan syarat dan kondisi polis.

  • Biaya Pengobatan di Luar Negeri
    Penanggung akan mengganti kepada Penerima Manfaat biaya pengobatan hingga maksimum Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dan batas maksimum untuk seluruh keluarga tidak melebihi Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) untuk biaya pengobatan yang layak dan wajar yang dikeluarkan oleh Penerima Manfaat yang terjadi pada saat Penerima Manfaat sedang berada di luar negeri sebagai akibat kecelakaan atau sakit (“pre‐existing condition” berlaku).

    Sakit berarti sakit atau penyakit yang diderita dan terjadi selama Penerima Manfaat melakukan perjalanan. Perlindungan ini memberikan penggantian atas biaya medis yang terjadi untuk perawatan atau perawatan lanjutan di Indonesia apabila Penerima Manfaat telah kembali dari luar negeri. Perlindungan ini diberikan apabila Penerima Manfaat dirawat inap di Rumah Sakit dalam waktu 12 (dua belas) jam setelah kedatangan kembali di Indonesia dan harus merupakan perawatan lanjutan yang diperlukan dari perawatan yang diterima oleh Penerima Manfaat pada saat Penerima Manfaat dirawat di luar negeri. Penggantian untuk perawatan di rumah sakit di Indonesia maksimal sampai dengan 7 (tujuh) hari secara terus‐menerus atau 5% dari maksimum manfaat ini.

    “Medical Expense”/ Biaya pengobatan; berarti semua biaya yang dikeluarkan di luar negeri dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak Penerima Manfaat mengalami kecelakaan atau sakit dan telah dibayar terlebih dahulu oleh Penerima Manfaat kepada ahli medis yang berwenang, Rumah Sakit atau biaya ambulan, biaya operasi, x‐ray, biaya perawat atau perawatan medis lain yang diperlukan dan ditentukan oleh dokter yang sah.

Bila Penerima Manfaat mendapatkan penggantian atas Biaya Pengobatan tersebut dari perusahaan asuransi lain, maka Penerima Manfaat hanya berhak atas selisih kurang dari jumlah penggantian yang diterima dari perusahaan asuransi lain.


Pengecualian untuk biaya pengobatan di luar negeri

Penanggung tidak akan bertanggungjawab atas biaya pengobatan yang terjadi:

  • Pada saat dan setelah Penerima Manfaat mamasuki usia 70 tahun.
  • Bila perjalanan yang dilakukan Penerima Manfaat bertentangan dengan nasihat ahli medis yang berwenang.
  • Jika sebelumnya sudah ada kondisi kesehatan atau penyakit, dimana gejala tersebut sudah ada dalam waktu 12 (dua belas) bulan sebelum perjalanan dan Penerima Manfaat telah mendapat nasihat medis atau menjalani perawatan medis dari ahli medis yang berwenang.
  • Untuk cedera yang timbul dari kegiatan yang berkaitan dengan profesi atau pekerjaan Penerima Manfaat dalam industri minyak dan gas.
  • Terhadap penggantian yang diberikan ganti rugi dari polis asuransi lain yang dimiliki oleh Penerima Manfaat.
  • Setelah 60 (enam puluh) hari dari tanggal biaya pengobatan yang pertama kali terjadi
  • Untuk prosthesis, lensa kontak, kacamata, alat bantu pendengaran, peralatan yang berhubungan dengan gigi dan peralatan medis lainnya.
  • Untuk perawatan medis rutin, pembedahan kosmetik, perawatan dan pembedahan khusus lainnya
  • Untuk biaya gigi dan mata lainnya kecuali terjadi karena keadaan darurat
  • Untuk perawatan karena AIDS atau setiap cedera tubuh atau sakit yang timbul pada saat awal tes positif untuk HIV, dan penyakit yang berhubungan dengannya.

Pembayaran Klaim

Klaim untuk kematian akan dibayarkan kepada ahli waris Penerima Manfaat, sedangkan klaim atas cacat tubuh dan biaya pengobatan akan dibayarkan kepada Penerima Manfaat.

Pemberitahuan Klaim dan Informasi Produk

Pemberitahuan klaim harus dibuat secara tertulis dan disampaikan oleh Penerima Manfaat atau ahli waris Penerima Manfaat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari dari tanggal terjadinya kecelakaan atau sakit yang menimpa Penerima Manfaat kepada Departemen Klaim PT. Asuransi Umum BCA (BCAinsurance). Untuk informasi lebih lanjut mengenai fasilitas produk Asuransi Perjalanan ini, anda dapat menghubungi:

PT. ASURANSI UMUM BCA (BCAinsurance)
Sahid Sudirman Centre Building lantai 10 / Unit F
Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta 10220
Tel: (021) 27889588
Fax: (021) 27889577
Call Center kami : HaloBCA 1005888
www.bcainsurance.co.id