Komisaris Independen

Komisaris Independen

Sumantri Slamet

Profil Singkat

Warga Negara Indonesia, 67 tahun. Berdomisili di Indonesia. Diangkat sebagai Komisaris Independen BCA pada RUPS Tahunan 2016 dan mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 11 Juli 2016. Pengangkatan terakhir efektif sejak RUPS Tahunan 2021 untuk periode jabatan 5 tahun.

Perjalanan Karir

Sebelumnya menjadi Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Multi Bintang Indonesia Tbk, Anggota Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia, Ketua Komite Risiko Universitas Indonesia, Anggota Komite Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko PT Bursa Efek Indonesia, Komite Remunerasi & Nominasi dan Komite Audit pada PT CIMB Niaga Tbk, dan Komisaris Utama pada PT Danakita Investama, suatu perusahaan di bidang manajer investasi.

Sumantri Slamet juga pernah menjabat posisi manajerial maupun Direktur pada beberapa perusahaan, di antaranya sebagai Head of Project Finance and Investor Relations – Strategy and Business Development pada PT Medco Energi Internasional Tbk (2008-2013) sekaligus sebagai Managing Director pada beberapa perusahaan anak Medco di luar Indonesia, yaitu di Singapura, Amerika Serikat, Oman, Yaman dan Perancis (2008-2013). Selain itu, pernah menjabat sebagai Direktur pada PT Surya Citra Televisi-SCTV (2005-2008) dan Direktur pada PT Surya Citra Media Tbk (2004-2008).

Riwayat Pendidikan

Menyelesaikan pendidikan S1 jurusan Matematika pada Fakultas MIPA, Universitas Indonesia (1978), dan mendapat geIar MSc. (1981) & Ph.D. Computer Science (1983) dari University of Illinois, Urbana Champaign (Amerika Serikat).

Hubungan Afiliasi

Tidak memiliki hubungan keuangan, kepemilikan saham, dan/atau keluarga dengan anggota Dewan Komisaris lainnya, anggota Direksi, dan/atau pemegang saham pengendali BCA.

Rangkap Jabatan

Saat ini menjabat sebagai Anggota Komite Risiko Universitas Indonesia.

Keahlian

Selama masa karir, telah berpengalaman di berbagai bidang dan penugasan di antaranya IT, finance, capital market, audit, risk management, dan remuneration & nomination.