• Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

    Melalui kegiatan tanggung jawab sosial, BCA turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan implementasi Keuangan Berkelanjutan

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Melalui kegiatan tanggung jawab sosial, BCA turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan implementasi Keuangan Berkelanjutan.

Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu kontribusi BCA bagi pemangku kepentingan dan lingkungan hidup. Kontribusi ini menjadi nilai tambah bagi pemangku kepentingan, sejalan dengan salah satu misi BCA yaitu meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholders BCA. Selain itu, program CSR juga merupakan bentuk dukungan BCA dalam mencapai Sustainable Development Goals/SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dan Keuangan Berkelanjutan.

Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran penting dalam menentukan kinerja perusahaan. BCA berkomitmen untuk memperhatikan kesejahteraan dan perkembangan karir pekerja, termasuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman (kesehatan dan keselamatan kerja/K3).

BCA memiliki kebijakan kepegawaian yang menyeluruh, antara lain mencakup transparansi informasi bagi pekerja, implementasi Perjanjian Kerja Bersama (PKB), pengembangan diri serta karir, kesempatan kerja yang sama, serta program kompensasi dan manfaat.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja

Tanggung Jawab Pengembangan Produk dan Jasa Keuangan Berkelanjutan

Pada tahun 2019, BCA memulai dengan mengembangkan visi dan misi Keuangan Berkelanjutan, membentuk Unit Kerja Sub-Divisi Environment Sustainability Governance (ESG), serta mengimplementasikan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan. BCA percaya bahwa perjalanan ini memerlukan waktu yang panjang. Namun BCA berkeyakinan, bahwa dengan berjalan bersama seluruh pemangku kepentingan, kita semua dapat berkontribusi untuk membangun Indonesia.

Perjalanan Baru Menuju Keuangan Berkelanjutan

Menuju Keberlanjutan Melalui Layanan dan Digitalisasi

Lingkungan Hidup

BCA sebagai salah satu bank swasta nasional terbesar di Indonesia berpartisipasi aktif mendukung upaya pelestarian lingkungan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen dan dukungan untuk mengurangi pemanasan global. BCA mempunyai kebijakan yang mendukung pelestarian lingkungan, antara lain penerapan manajemen energi di kantor dan cabang.

Upaya pelestarian lingkungan juga dilakukan dengan mengajak peran aktif pekerja BCA. Untuk itu, BCA aktif melakukan edukasi melalui sarana komunikasi internal.

Selain itu, BCA memberikan pembiayaan kepada beberapa proyek yang taat pada peraturan dan berwawasan lingkungan, sosial dan tata kelola (LST). Upaya ini sejalan dengan peraturan OJK tentang Keuangan Berkelanjutan dan pencapaian SDGs.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Bidang Lingkungan Hidup

Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

BCA mengembangkan program kegiatan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk ‘Bakti BCA’, yang merupakan program pemberdayaan masyarakat. Program dikembangkan tidak hanya untuk berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, namun juga perbaikan kondisi lingkungan hidup dan kegiatan lain yang mendukung SDGs.

Implementasi Bakti BCA dilakukan melalui tiga pilar, yaitu Solusi Cerdas, Solusi Sinergi, dan Solusi Bisnis Unggul.


Beasiswa Bakti BCA

Sumber: PT Bank Central Asia Tbk, Laporan Tahunan 2019: Navigating Change, (Jakarta: BCA, 2020), hal. 585.

Solusi Cerdas BCA

Solusi Cerdas BCA

Pendidikan merupakan salah satu sarana utama dalam pengembangan SDM yang berkualitas. Oleh karenanya, BCA senantiasa mengembangkan program CSR yang dapat meningkatkan pendidikan bagi masyarakat. Program ini dikembangkan dalam jangka panjang melalui Pilar Solusi Cerdas di bawah payung Bakti BCA.

Program Pilar Solusi Cerdas difokuskan pada pemberian dukungan pendidikan bagi masyarakat yang memiliki kendala finansial. Program ini juga menitikberatkan pada peningkatan pendidikan di wilayah berpenghasilan rendah sebagai dukungan program pemerataan pendidikan. Beberapa program Solusi Cerdas yang dilakukan, antara lain:

Program ini ditujukan bagi mahasiswa S1 yang berprestasi namun memiliki kendala finansial.
BCA senantiasa berupaya untuk meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.
BCA aktif bekerja sama dengan beberapa lembaga atau perguruan tinggi di Indonesia, sebagai upaya mendukung pengembangan pendidikan Indonesia.
Program ini ditujukan bagi lulusan SMA hingga Sarjana untuk mendapatkan pengalaman operasional di lingkungan BCA.

PPA

Program ini ditujukan bagi lulusan SMA, SMK atau sederajat untuk mendapatkan on the job training di lingkungan BCA.
Program ini ditujukan bagi lulusan SMA, SMK atau sederajat yang berprestasi dan memiliki minat di bidang IT.
Melalui program ini, BCA memberikan bantuan berupa pembangunan sarana dan prasarana serta pelatihan untuk guru.

Solusi Sinergi BCA

Solusi Sinergi BCA

Solusi Sinergi merupakan pilar Bakti BCA yang mendukung pengembangan masyarakat dalam bidang budaya, kesehatan, lingkungan, dan empati di Indonesia. BCA bersinergi dengan beberapa lembaga yang memiliki kompetensi dan kredibilitas pada bidang tersebut dalam penyelenggaraan program, sebagai berikut:

BCA aktif mengembangkan program “BCA Untuk Wayang Indonesia” dengan program edukasi bagi generasi muda.

Program ini diwujudkan dalam bentuk bantuan darurat recovery kepada masyarakat yang terkena bencana alam.

Salah satu wujud kepedulian BCA terhadap masyarakat yaitu dalam memberikan fasilitas layanan kesehatan.

BCA turut berkontribusi pada pelestarian fauna dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Solusi Bisnis Unggul BCA

Solusi Bisnis Unggul BCA

Pilar Solusi Bisnis Unggul melakukan program pembinaan terhadap komunitas dan desa yang mempunyai potensi pariwisata & edukasi budaya. BCA menyadari betul industri pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi penting di Indonesia dan memiliki posisi strategis dalam peningkatan devisa negara. Dalam jangka panjang proses pembinaan ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga mampu meningkatkan kemampuan ekonomi dan berkembang secara mandiri. 

Desa yang dibina adalah desa yang mempunyai potensi dalam bidang pariwisata dan edukasi budaya, serta dijalankan oleh komunitas atau sekelompok orang, sehingga dampak dari pembinaan dapat dirasakan oleh banyak orang.

Berikut ini adalah tahapan yang dilakukan dalam proses pembinaan dan pengembangan desa & komunitas

  • Melakukan proses analisa terkait potensi yang ada, baik dari sisi tempat dan sumber daya manusia, melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat dan aparat pemerintahan daerah dan dinas terkait.
  • Melakukan proses pemaparan SWOT analisa sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan pembinaan.
  • Melakukan pembentukan kepengurusan yang akan menjadi agent of change dari desa dan komunitas yang akan dibina.
  • Melakukan perumusan visi, misi, target hingga action plan yang akan dijalankan untuk proses pembinaan.
  • Melakukan pengembangan kapasitas sumber daya manusia berdasarkan roadmap pelatihan,  melihat kondisi & potensial kebutuhan dari desa dan komunitas yang memerlukan pendampingan untuk pengembangan berikutnya. Setelah pelatihan, BCA aktif melakukan pendampingan untuk memastikan penerapan serta konsistensi dari desa dan komunitas dalam menjalankan hal-hal yang telah dipelajari.
  • Menganalisa serta mendesign program promosi/branding dan kebutuhan akan fasilitas umum  yang dapat menunjang pelayanan.
  • Melakukan proses monitoring dan evaluasi atas performance desa dan komunitas, melakukan proses uji coba layanan untuk memastikan kesiapan desa dan komunitas atas setiap program yang akan dijalankan, hingga melakukan peresmian.
  • Melakukan pengukuran atas dampak pembinaan BCA terhadap desa & komunitas. 

Pembinaan yang dilakukan BCA difokuskan pada pengembangan sumber daya manusia, karena BCA menyadari bahwa sumber daya manusia merupakan aset paling berharga dan bagian penting dalam menjalankan sebuah organisasi, komunitas dan bisnis. Harapannya dengan keberhasilan desa & komunitas menjalankan fungsinya dapat menumbuhkan perekonomian daerah, membuka peluang serta kesempatan kerja baru untuk warga sekitar, mendapatkan sumber penghasilan baru hingga mampu bertumbuh secara mandiri dalam hal finansial.

Hingga akhir tahun 2019, beberapa program pembinaan komunitas dan desa yang dijalankan, antara lain:

Program pemberdayaan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi UMKM, masyarakat pedesaan, dan komunitas.

Kegiatan Terbaru CSR untuk pembinaan Desa & Komunitas