Sakuku

Bikin hangout makin all-out

Mengapa Sakuku?

Gratis

Bebas biaya administrasi

Sakuku Plus

Nikmati lebih banyak fitur dengan upgrade ke Sakuku Plus

Promo

Nikmati beragam promo dengan menggunakan Sakuku.

Sakuku

Sakuku

Sakuku adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk menunjang gaya hidupmu, mulai dari bayar belanja, isi pulsa hingga berbagai tagihan.

Keuntungan


 

Mudah
Hanya perlu download aplikasi untuk mulai menggunakan Sakuku
Praktis
Nomor handphone sebagai nomor kepemilikan Sakuku

Perlu Diketahui

  • Tampilan Layar Transaksi
    Khusus untuk transaksi finansial, kamu akan menerima bukti transaksi dalam menu Inbox

  • Pengamanan Sakuku
    - Nomor handphone dan smartphone pribadi
    - PIN Sakuku (6 digit numerik)

Tips Transaksi Sakuku

  • Jaga selalu kerahasiaan PIN Sakuku untuk keamanan transaksi
  • Selalu memperhatikan layar konfirmasi sebelum melakukan otoritas/menyutujui transaksi
  • Apabila terjadi gangguan transaksi Sakuku, perhatikan beberapa hal berikut:
  • 1. Pastikan nomor handphone memiliki pulsa untuk pengiriman SMS saat melakukan registrasi
    2. Pastikan smartphone mendapatkan jaringan internet yang memadai untuk bertransaksi
    3. Pastikan terdapat saldo yang cukup dalam Sakuku dan tidak dalam keadaan terblokir saat transaksi
    4. Lakukan pengecekan bukti transaksi untuk memastikan keberhasilan transaksi
    5. Hubungi Halo BCA melalui 1500888 jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut
  • Jika kamu melakukan penggantian SIM Card atau nomor handphone atau smartphone yang digunakan registrasi Sakuku, maka kamu harus melakukan hapus, dan download kembali serta registrasi ulang aplikasi Sakuku. Saldo yang masih tersisa akan tetap tersedia pada Sakuku selama nomor hadphone nya sama

Pemblokiran Sakuku

  • Sakuku dengan menghubungi Halo BCA jika handphone kamu hilang atau karena penyebab lainnya
  • Halo BCA akan melakukan verifikasi kebenaran data kamu sesuai dengan prosedur yang berlaku
  • Jika verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses pemblokiran Sakuku

Penutupan Sakuku

  • Kamu dapat melakukan penutupan Sakuku dengan menghubungi Halo BCA
  • Halo BCA akan melakukan verifikasi kebenaran sesuai dengan prosedur yang berlaku dan menanyakan rekening BCA untuk pengembalian (refund) sisa saldo Sakuku
  • Jika verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses penutupan Sakuku
  • Khusus Sakuku Plus, pengembalian sisa saldo Sakuku dapat dilakukan hanya ke rekening BCA dengan nama yang sama dengan Pemilik Sakuku atau kamu dapat melakukan tarik tunai terlebih dahulu sebelum melakukan penutupan

    Catatan:
    Apabila terjadi gangguan sistem di BCA atau gangguan di Operator Selular, maka untuk sementara waktu layanan Sakuku tidak dapat diakses
    Produk dan/atau layanan Sakuku telah mendapat otorisasi dari dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Penanganan Keluhan

  • Keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan Sakuku dapat disampaikan oleh Nasabah kepada Halo BCA. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Nasabah untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya
  • BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
  • Setiap keluhan terkait pengguna Sakuku harus disampaikan oleh Nasabah kepada BCA selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi

Biaya, Limit dan Suku Bunga

Biaya Sakuku


Untuk inisialisasi aplikasi di awal dikenakan biaya SMS yang dikirim dan diterima nasabah sebesar:

  • Telkomsel Rp 300 s.d. Rp 1.320 per SMS*
  • Indosat Rp 400 s.d. Rp 600 per SMS*

Update


Berlaku mulai Juli 2021, SMS yang dikirim dan diterima oleh Nasabah akan dikenakan biaya dengan rinician berikut:

  • Smartfren Rp 150 s.d. Rp 600 per SMS*
  • XL Rp 400 s.d. Rp 600 per SMS*
  • 3 (Tri) Hutchison Rp 250 s.d. Rp 500 per SMS*

*Harga tersebut belum termasuk PPN 10%


Keterangan

Biaya

Setoran Awal Minimum

Rp 10.000

Top Up Maksimum

Per Bulan Rp 20.000.000

Saldo Maksimum

Sakuku Rp 2.000.000

Sakuku Plus Rp 10.000.000

Pembayaran Belanja Merchant Toko/e-Commerce

Sesuai saldo

Limit Pembayaran Belanja QRIS

Minimum Rp 1/transaksi

Maksimum Rp2.000.000/transaksi

Keterangan

Biaya

Limit Isi Pulsa dan Paket Data

Rp 2.500.000/hari (limit gabungan)

Limit Pembelian Voucher Game

Rp 1.000.000/hari

Tarik Tunai di ATM BCA

Minimum Rp 50.000/transaksi

Maksimum Rp 1.250.000/transaksi

Top Up/Setoran ke Sakuku

Rp 10.000.000/hari

Split Bill

Minimum Rp 5.000/transaksi

Maksimum sesuai dengan saldo

Transfer ke Sakuku atau Rekening BCA

Minimum Rp 5.000

Maksimum sesuai dengan saldo

Biaya Registrasi Sakuku

Rp 250 - Rp 350 tergantung jenis operator

Apakah rekening Sakuku dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening BCA lainnya?

Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, uang elektronik termasuk Sakuku tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak diberikan bunga.

Apa yang harus dilakukan jika sudah melakukan transaksi normal namun tidak menerima notifikasi transaksi berhasil?

Kamu bisa melakukan pengcekan saldo pada fitur mutasi Sakuku. Apabila ternyata saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silahkan mencoba lagi untuk bertransaksi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak berhasil dilakukan, silahkan hubungi Halo BCA di 1500888.

Apa saja penyebab bila tidak dapat melakukan registrasi Sakuku?

Penyebabnya antara lain:

  • Smartphone kamu tidak support Sakuku.
  • SMS-Center operator sibuk/antri, handphone mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan handphone maupun penyebab lainnya.

Bagaimana jika lupa PIN/Sakuku terblokir?

Jika nasabah lupa PIN, kamu dapat menghapus, mengunduh ulang aplikasi Sakuku, dan melakukan registrasi ulang dengan data diri yang sama sebelumnya.

Bagaimana jika pada saat melakukan registrasi ulang, kamu diminta untuk melakukan registrasi ulang kembali pada H+1?

  1. Registrasi baru bisa dilakukan keesokan harinya dikarenakan no HP sudah pernah terdaftar Sakuku sebelumnya dengan data yang berbeda, sehingga menunggu proses verifikasi dari BCA.
  2. Kamu dapat melakukan proses refund dana jika dapat membuktikan bahwa nasabah adalah nasabah Sakuku yang benar.

Bagaimana jika SIM Card dan/atau handphone kamu yang terdapat aplikasi Sakuku hilang atau dicuri?

Kamu dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan Halo BCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila kamu ingin menggunakan Sakuku kembali, nasabah dengan no handphone yang sama dapat kembali download dan registrasi ulang Sakuku dengan data diri yang sama sebelumnya

Apakah kamu akan kehilangan uang di Sakuku jika SIM Card/handphone-mu hilang atau dicuri?

Tidak, uang nasabah aman di Sakuku, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN Sakuku nasabah.

Apa yang harus kamu lakukan bila rekening sakuku terdebet?

Datang ke cabang/menghubungi Halo BCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti. Pihak BCA akan melakukan verifikasi data diri dan transaksi Nasabah dan proses lebih lanjut penyelesaiannya

Apakah saldo akan hilang, jika melakukan aktivasi Sakuku Plus?

Tidak, saldo Sakuku akan tetap aman dan tersimpan

Apakah data diri akan berubah, jika melakukan aktivasi Sakuku menjadi Sakuku Plus?

Setelah aktivasi Sakuku Plus, nama & tanggal lahir akan disesuaikan pada data dan Rekening BCA kamu, dan tidak dapat diubah melalui aplikasi Sakuku

Apakah Sakuku hanya untuk nasabah BCA saja?

Bagi kamu yang ingin menggunakan Sakuku, kamu tidak harus mempunyai Rekening di BCA. Dikarenakan Sakuku dapat dipakai oleh semua kalangan, baik nasabah BCA maupun non-nasabah BCA.

Bagaimana caranya jika belum mempunyai Rekening di BCA, namun ingin menggunakan fitur Sakuku Plus?

Kamu dapat datang ke Kantor Cabang BCA terdekat

Apakah bisa memiliki lebih dari satu rekening Sakuku?

Bisa, namun harus dengan nomor handphone dan smartphone yang berbeda

Apakah bisa mengakses layanan Sakuku di luar negeri?

Kamu dapat mengakses layanan Sakuku di luar negeri sepanjang smartphone-mudapat mengakses jaringan internet dan roaming SMS telah aktif (khusus diperlukan untuk registrasi awal Sakuku).

Bagaimana cara melihat informasi apakah transaksi berhasil atau tidak?

Apabila transaksi telah berhasil dilakukan, akan tampil transaksi berhasil dan dikirimkan notifikasi transaksi berhasil ke dalam inbox aplikasi Sakuku.

Dapatkan Layanan

Download Sakuku
Download untuk akses produk atau layanan ini secara langsung di handphone
Download Sekarang

Fasilitas Sakuku