Sakuku adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk menunjang gaya hidupmu, mulai dari bayar belanja, isi pulsa hingga berbagai tagihan.
Keuntungan
Mudah
Hanya perlu download aplikasi untuk mulai menggunakan Sakuku
Praktis
Nomor handphone sebagai nomor kepemilikan Sakuku
Perlu Diketahui
Tampilan Layar Transaksi
Khusus untuk transaksi finansial, kamu akan menerima bukti transaksi dalam menu Inbox
Pengamanan Sakuku
- Nomor handphone dan smartphone pribadi
- PIN Sakuku (6 digit numerik)
Tips Transaksi Sakuku
Jaga selalu kerahasiaan PIN Sakuku untuk keamanan transaksi
Selalu memperhatikan layar konfirmasi sebelum melakukan otoritas/menyutujui transaksi
Apabila terjadi gangguan transaksi Sakuku, perhatikan beberapa hal berikut:
1. Pastikan nomor handphone memiliki pulsa untuk pengiriman SMS saat melakukan registrasi
2. Pastikan smartphone mendapatkan jaringan internet yang memadai untuk bertransaksi
3. Pastikan terdapat saldo yang cukup dalam Sakuku dan tidak dalam keadaan terblokir saat transaksi
4. Lakukan pengecekan bukti transaksi untuk memastikan keberhasilan transaksi
5. Hubungi Halo BCA melalui 1500888 jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut
Jika kamu melakukan penggantian SIM Card atau nomor handphone atau smartphone yang digunakan registrasi Sakuku, maka kamu harus melakukan hapus, dan download kembali serta registrasi ulang aplikasi Sakuku. Saldo yang masih tersisa akan tetap tersedia pada Sakuku selama nomor hadphone nya sama
Pemblokiran Sakuku
Sakuku dengan menghubungi Halo BCA jika handphone kamu hilang atau karena penyebab lainnya
Halo BCA akan melakukan verifikasi kebenaran data kamu sesuai dengan prosedur yang berlaku
Jika verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses pemblokiran Sakuku
Penutupan Sakuku
Kamu dapat melakukan penutupan Sakuku dengan menghubungi Halo BCA
Halo BCA akan melakukan verifikasi kebenaran sesuai dengan prosedur yang berlaku dan menanyakan rekening BCA untuk pengembalian (refund) sisa saldo Sakuku
Jika verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses penutupan Sakuku
Khusus Sakuku Plus, pengembalian sisa saldo Sakuku dapat dilakukan hanya ke rekening BCA dengan nama yang sama dengan Pemilik Sakuku atau kamu dapat melakukan tarik tunai terlebih dahulu sebelum melakukan penutupan
Catatan:
Apabila terjadi gangguan sistem di BCA atau gangguan di Operator Selular, maka untuk sementara waktu layanan Sakuku tidak dapat diakses
Produk dan/atau layanan Sakuku telah mendapat otorisasi dari dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
Penanganan Keluhan
Keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan Sakuku dapat disampaikan oleh Nasabah kepada Halo BCA. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Nasabah untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya
BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
Setiap keluhan terkait pengguna Sakuku harus disampaikan oleh Nasabah kepada BCA selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi
Biaya, Limit dan Suku Bunga
Biaya Sakuku
Untuk inisialisasi aplikasi di awal dikenakan biaya SMS yang dikirim dan diterima nasabah sebesar:
Telkomsel Rp 300 s.d. Rp 1.320 per SMS*
Indosat Rp 400 s.d. Rp 600 per SMS*
Update
Berlaku mulai Juli 2021, SMS yang dikirim dan diterima oleh Nasabah akan dikenakan biaya dengan rinician berikut:
Smartfren Rp 150 s.d. Rp 600 per SMS*
XL Rp 400 s.d. Rp 600 per SMS*
3 (Tri) Hutchison Rp 250 s.d. Rp 500 per SMS*
*Harga tersebut belum termasuk PPN 10%
Keterangan
Biaya
Top Up Maksimum
Per Bulan Rp 20.000.000
Saldo Maksimum
Sakuku Rp 2.000.000
Sakuku Plus Rp 10.000.000
Pembayaran Belanja Merchant Toko/e-Commerce
Sesuai saldo
Limit Pembayaran Belanja QRIS
Minimum Rp 1/transaksi
Maksimum Rp10.000.000/transaksi
Keterangan
Biaya
Limit Isi Pulsa dan Paket Data
Rp 2.500.000/hari (limit gabungan)
Limit Pembelian Voucher Game
Rp 1.000.000/hari
Tarik Tunai di ATM BCA
Minimum Rp 50.000/transaksi
Maksimum Rp 1.250.000/transaksi
Top Up/Setoran ke Sakuku
Rp 10.000.000/hari
Split Bill
Minimum Rp 5.000/transaksi
Maksimum sesuai dengan saldo
Transfer ke Sakuku atau Rekening BCA
Minimum Rp 5.000
Maksimum sesuai dengan saldo
Biaya Registrasi Sakuku
Rp 250 - Rp 350 tergantung jenis operator
Apakah rekening Sakuku dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening BCA lainnya?
Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, uang elektronik termasuk Sakuku tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak diberikan bunga.
Apa yang harus dilakukan jika sudah melakukan transaksi normal namun tidak menerima notifikasi transaksi berhasil?
Kamu bisa melakukan pengcekan saldo pada fitur mutasi Sakuku. Apabila ternyata saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silahkan mencoba lagi untuk bertransaksi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak berhasil dilakukan, silahkan hubungi Halo BCA di 1500888.
Apa saja penyebab bila tidak dapat melakukan registrasi Sakuku?
Penyebabnya antara lain:
Smartphone kamu tidak support Sakuku.
SMS-Center operator sibuk/antri, handphone mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan handphone maupun penyebab lainnya.
Bagaimana jika lupa PIN/Sakuku terblokir?
Jika nasabah lupa PIN, kamu dapat menghapus, mengunduh ulang aplikasi Sakuku, dan melakukan registrasi ulang dengan data diri yang sama sebelumnya.
Bagaimana jika pada saat melakukan registrasi ulang, kamu diminta untuk melakukan registrasi ulang kembali pada H+1?
Registrasi baru bisa dilakukan keesokan harinya dikarenakan no HP sudah pernah terdaftar Sakuku sebelumnya dengan data yang berbeda, sehingga menunggu proses verifikasi dari BCA.
Kamu dapat melakukan proses refund dana jika dapat membuktikan bahwa nasabah adalah nasabah Sakuku yang benar.
Bagaimana jika SIM Card dan/atau handphone kamu yang terdapat aplikasi Sakuku hilang atau dicuri?
Kamu dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan Halo BCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila kamu ingin menggunakan Sakuku kembali, nasabah dengan no handphone yang sama dapat kembali download dan registrasi ulang Sakuku dengan data diri yang sama sebelumnya
Apakah kamu akan kehilangan uang di Sakuku jika SIM Card/handphone-mu hilang atau dicuri?
Tidak, uang nasabah aman di Sakuku, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN Sakuku nasabah.
Apa yang harus kamu lakukan bila rekening sakuku terdebet?
Datang ke cabang/menghubungi Halo BCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti. Pihak BCA akan melakukan verifikasi data diri dan transaksi Nasabah dan proses lebih lanjut penyelesaiannya
Apakah saldo akan hilang, jika melakukan aktivasi Sakuku Plus?
Tidak, saldo Sakuku akan tetap aman dan tersimpan
Apakah data diri akan berubah, jika melakukan aktivasi Sakuku menjadi Sakuku Plus?
Setelah aktivasi Sakuku Plus, nama & tanggal lahir akan disesuaikan pada data dan Rekening BCA kamu, dan tidak dapat diubah melalui aplikasi Sakuku
Apakah Sakuku hanya untuk nasabah BCA saja?
Bagi kamu yang ingin menggunakan Sakuku, kamu tidak harus mempunyai Rekening di BCA. Dikarenakan Sakuku dapat dipakai oleh semua kalangan, baik nasabah BCA maupun non-nasabah BCA.
Bagaimana caranya jika belum mempunyai Rekening di BCA, namun ingin menggunakan fitur Sakuku Plus?
Kamu dapat datang ke Kantor Cabang BCA terdekat
Apakah bisa memiliki lebih dari satu rekening Sakuku?
Bisa, namun harus dengan nomor handphone dan smartphone yang berbeda
Apakah bisa mengakses layanan Sakuku di luar negeri?
Kamu dapat mengakses layanan Sakuku di luar negeri sepanjang smartphone-mudapat mengakses jaringan internet dan roaming SMS telah aktif (khusus diperlukan untuk registrasi awal Sakuku).
Bagaimana cara melihat informasi apakah transaksi berhasil atau tidak?
Apabila transaksi telah berhasil dilakukan, akan tampil transaksi berhasil dan dikirimkan notifikasi transaksi berhasil ke dalam inbox aplikasi Sakuku.
Dapatkan Layanan
Download Sakuku
Download untuk akses produk atau layanan ini secara langsung di handphone
Dengan mengklik ‘Lanjutkan’, Anda akan diarahkan menuju website
di luar www.bca.co.id yang tidak terafiliasi dengam BCA dan mungkin
memiliki tingkat sekuriti yang berbeda. BCA tidak bertanggung jawab
dan tidak mendukung, menjamin, mengendalikan konten, mengendalikan
ketersediaan dan perspektif atas produk-produk atau layanan-layanan
yang ditawarkan atau dinyatakan oleh website tersebut.