Beasiswa Bakti BCA

BCA menyediakan Beasiswa Bakti BCA bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun terkendala pembiayaan pendidikannya. Dengan tersedianya beasiswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.

Beasiswa Bakti BCA

Program ini mulai dikembangkan sejak tahun 1999. Beasiswa Bakti BCA ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. Diharapkan beasiswa tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.

Pada tahun 2017, kami memberikan beasiswa kepada 637 mahasiswa, atau  meningkat sebesar 8% dari tahun 2016. Untuk itu, kami bekerja sama dengan 16 perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Udayana (Unud), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Samratulangi (Unsrat), Universitas Mulawarman (Unmul), dan Universitas Cendrawasih (Uncen).

BCA juga secara aktif melengkapi mahasiswa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh pendidikan di  perguruan tinggi dan persiapan memasuki dunia kerja, seperti sharing session oleh Direksi BCA pada kuliah umum mahasiwa UI dan ITB; penyelenggaraan Seminar Persiapan Memasuki Dunia Kerja di Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, dan Universias Hasanudin; pendampingan/mentoring bagi penerima Beasiswa Bakti BCA di 16 PTN; dan pelatihan kepemimpinan di UI, IPB, Undip, Unud, dan USU.

Selain itu, BCA juga menjalin kerja sama dengan Universitas Sanata Dharma untuk bantuan mahasiswa di Indonesia bagian timur, Karya Salemba Empat (KSE), Beasiswa Skripsi dan Tugas Akhir (BEST) UI dan Institut Koperasi Indonesia.

Apa Kata Mereka?
Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro

Pendekatan Beasiswa Bakti BCA tidak hanya memberikan kesempatan belajar bagi penerimanya, tetapi juga memberikan pendampingan dan pendewasaaan serta menumbuhkan pengembangan karakter pendalaman NKRI dan integritas serta loyalitas dalam persaudaraan.

Dengan cara ini BCA telah melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terpadu antara kebutuhan lembaga keuangan dan dinamika sosial baik dalam konteks makro maupun mikro.