Sakuku

Bikin hangout makin all-out

Mengapa Sakuku?

Gratis

Bebas biaya administrasi

Sakuku Plus

Nikmati lebih banyak fitur dengan upgrade ke Sakuku Plus

Promo

Nikmati beragam promo dengan menggunakan Sakuku.

Sakuku

Kenali Produk Perlu Diketahui Biaya, Limit dan Suku Bunga FAQ Dapatkan Produk Layanan API BCA

Sakuku

Sakuku adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk menunjang gaya hidupmu, mulai dari bayar belanja, isi pulsa hingga berbagai tagihan.

Keuntungan


 

Mudah
Hanya perlu download aplikasi untuk mulai menggunakan Sakuku
Praktis
Nomor handphone sebagai nomor kepemilikan Sakuku

Perlu Diketahui

  • Tampilan Layar Transaksi
    Khusus untuk transaksi finansial, kamu akan menerima bukti transaksi dalam menu Inbox

  • Pengamanan Sakuku
    - Nomor handphone dan smartphone pribadi
    - PIN Sakuku (6 digit numerik)

Tips Transaksi Sakuku

  • Jaga selalu kerahasiaan PIN Sakuku untuk keamanan transaksi
  • Selalu memperhatikan layar konfirmasi sebelum melakukan otoritas/menyutujui transaksi
  • Apabila terjadi gangguan transaksi Sakuku, perhatikan beberapa hal berikut:
  • 1. Pastikan nomor handphone memiliki pulsa untuk pengiriman SMS saat melakukan registrasi
    2. Pastikan smartphone mendapatkan jaringan internet yang memadai untuk bertransaksi
    3. Pastikan terdapat saldo yang cukup dalam Sakuku dan tidak dalam keadaan terblokir saat transaksi
    4. Lakukan pengecekan bukti transaksi untuk memastikan keberhasilan transaksi
    5. Hubungi Halo BCA melalui 1500888 jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut
  • Saat penggantian SIM Card atau nomor handphone atau smartphone yang digunakan registrasi Sakuku, maka nasabah harus melakukan hapus, dan download kembali serta registrasi ulang aplikasi Sakuku. Saldo yang masih tersisa akan tetap tersedia pada Sakuku selama nasabah menggunakan nomor handphone serta menginput informasi data diri yang sama dengan registrasi sebelumnya.

Pemblokiran Sakuku

  • Jika handphone kamu hilang atau terjadi kejadian lainnya sehingga tidak dapat mengakses Sakuku, kamu dapat menghubungi Halo BCA
  • Halo BCA akan melakukan verifikasi kebenaran data kamu sesuai dengan prosedur yang berlaku
  • Jika verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses pemblokiran Sakuku

Penutupan Sakuku

  • Kamu dapat melakukan penutupan Sakuku dengan menghubungi Halo BCA
  • Halo BCA akan melakukan verifikasi kebenaran sesuai dengan prosedur yang berlaku dan menanyakan rekening BCA untuk pengembalian (refund) sisa saldo Sakuku
  • Jika verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses penutupan Sakuku
  • Khusus Sakuku Plus, pengembalian sisa saldo Sakuku dapat dilakukan hanya ke rekening BCA dengan nama yang sama dengan Pemilik Sakuku atau kamu dapat melakukan tarik tunai terlebih dahulu sebelum melakukan penutupan

    Catatan:
    Apabila terjadi gangguan sistem di BCA atau gangguan di Operator Selular, maka untuk sementara waktu layanan Sakuku tidak dapat diakses
    Produk dan/atau layanan Sakuku telah mendapat otorisasi dari dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Penanganan Keluhan

  • Keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan Sakuku dapat disampaikan oleh Nasabah kepada Halo BCA. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Nasabah untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya
  • BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
  • Setiap keluhan terkait pengguna Sakuku harus disampaikan oleh Nasabah kepada BCA selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi

Biaya, Limit dan Suku Bunga

Biaya


Keterangan

Biaya

Biaya Registrasi Sakuku (SMS)

Sesuai jenis operator

Limit


Keterangan

Limit

Top Up Maksimum

Per Bulan Rp 20.000.000

Saldo Maksimum

Sakuku Rp 2.000.000

Sakuku Plus Rp 10.000.000

Pembayaran Belanja Merchant Toko/e-Commerce

Sesuai saldo

Limit Pembayaran Belanja QRIS

Minimum Rp 1/transaksi

Maksimum Rp10.000.000/transaksi

Limit Isi Pulsa dan Paket Data

Rp 2.500.000/hari (limit gabungan)

Limit Pembelian Voucher Game

Rp 1.000.000/hari

Tarik Tunai di ATM BCA

Minimum Rp 50.000/transaksi

Maksimum Rp 1.250.000/transaksi

Top Up/Setoran ke Sakuku

Rp 10.000.000/hari

Split Bill

Minimum Rp 5.000/transaksi

Maksimum sesuai dengan saldo

Transfer ke Sakuku atau Rekening BCA

Minimum Rp 5.000

Maksimum sesuai dengan saldo

Apakah Sakuku hanya untuk nasabah BCA saja?

Bagi kamu yang ingin menggunakan Sakuku, kamu tidak harus mempunyai Rekening di BCA. Dikarenakan Sakuku dapat dipakai oleh semua kalangan, baik nasabah BCA maupun non-nasabah BCA.

Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari Sakuku?

Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pengguna, sbb:

  • Mudah, hanya perlu download aplikasi Sakuku atau aplikasi perusahaan kerjasama Sakuku di appstore/playstore untuk buka akun
  • Praktis, nomor handphone sebagai nomor akun
  • Tidak ada biaya administrasi bulanan

Bagaimana dengan keamanan dalam menggunakan Sakuku?

Berikut faktor pengamanan bagi pengguna Sakuku, yakni:

  • No handphone dan smartphone milik pribadi pengguna.
  • Password (6 digit numerik) dibutuhkan pada saat log in aplikasi Sakuku dan setiap transaksi yang dilakukan.

Apakah bisa mengakses layanan Sakuku di luar negeri?

Kamu dapat mengakses layanan Sakuku di luar negeri sepanjang smartphone-mudapat mengakses jaringan internet dan roaming SMS telah aktif (khusus diperlukan untuk registrasi awal Sakuku).

Apakah bisa memiliki lebih dari satu rekening Sakuku?

Bisa, namun harus dengan nomor handphone dan smartphone yang berbeda.

Apa saja penyebab bila tidak dapat melakukan registrasi Sakuku?

Penyebabnya antara lain:

  • Smartphone kamu tidak support Sakuku.
  • SMS-Center operator sibuk/antri, handphone mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan handphone maupun penyebab lainnya.

Apakah pengguna akan dikenakan biaya transaksi pada saat registrasi Sakuku?

Pengguna dikenakan biaya SMS (tergantung jenis operator) pada saat registrasi melalui aplikasi Sakuku. Untuk nasabah yang melakukan registrasi melalui aplikasi perusahaan kerjasama Sakuku (co-branding) tidak dikenakan biaya SMS. Biaya SMS akan memotong pulsa (prabayar) atau masuk ke tagihan bulanan (pascabayar).

Apakah akun Sakuku dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening BCA lainnya?

Sakuku merupakan uang elektronik. Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, uang elektronik tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak diberikan bunga.

Bagaimana jika lupa Password/Password Sakuku terblokir?

Jika pengguna lupa Password, nasabah dapat menghapus, mengunduh ulang aplikasi Sakuku, dan melakukan registrasi ulang menggunakan data diri yang sama dengan data diri yang sebelumnya. Maka saldo Sakuku pada akun yang sebelumnya akan aktif kembali.

Bagaimana melakukan pengisian saldo (Top up) Sakuku?

Pengguna dapat melakukan pengisian saldo Sakuku melalui:

Via BCA mobile

  • m-BCA
  • m-Transfer
  • Sakuku
  • Input no Sakuku (no HP)
  • Input nominal uang
  • PIN m-BCA

Via KlikBCA

  • Transfer Dana
  • Transfer ke Sakuku
  • Input no Sakuku (no HP)
  • Input nominal uang
  • Input keyBCA appli 2
  • Input keyBCA appli 1

Via myBCA

  • Transfer
  • Sakuku
  • Input no Sakuku (no HP)
  • Input nominal uang
  • PIN myBCA

Via ATM BCA

  • Transaksi Lainnya
  • Transfer
  • Transfer ke Sakuku
  • Input no Sakuku (no HP)
  • INput nominal uang

Cabang BCA

  • Setoran Tunai di Teller

Kartu ATM Bank Lain

  • Transaksi Lainnya
  • Transfer
  • Transfer ke Rek BCA Virtual Account
  • Input 88000 + no Sakuku (880000812xxx)
  • Input nominal uang

Via e-channel bank lain

  • Transfer ke bank lain
  • Pilih BCA
  • Jenis transfer kliring/LLG
  • Input no rekening (88000+no. HP Sakuku)
  • Input nominal/jumlah uang
  • Input PIN/OTP

Bagaimana cara melihat informasi apakah transaksi berhasil atau tidak?

Apabila transaksi telah berhasil dilakukan, akan tampil transaksi berhasil dan dikirimkan notifikasi transaksi berhasil ke dalam inbox aplikasi Sakuku.

Apa yang harus dilakukan apabila akun Sakuku terdebet namun transaksi gagal/terdebet 2x atas transaksi yang sama/nasabah lebih bayar (salah memasukan nominal bayar)?

Pengguna dapat datang ke cabang BCA terdekat atau menghubungi Halo BCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti. Pihak BCA akan melakukan verifikasi data diri dan transaksi Nasabah dan proses lebih lanjut penyelesaiannya.

Bagaimana jika SIM Card dan/atau handphone kamu yang terdapat aplikasi Sakuku hilang atau dicuri?

Kamu dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan Halo BCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila kamu ingin menggunakan Sakuku kembali, nasabah dengan no handphone yang sama dapat kembali download dan registrasi ulang Sakuku dengan data diri yang sama sebelumnya.

Apakah kamu akan kehilangan uang di Sakuku jika SIM Card/handphone-mu hilang atau dicuri?

Tidak, uang nasabah aman di Sakuku, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN Sakuku nasabah.

Bagaimana melakukan upgrade akun Sakuku menjadi Sakuku Plus?

  • Untuk pengguna Sakuku yang juga memiliki rekening BCA dan aktif menggunakan m-BCA, maka proses upgrade menjadi Sakuku Plus akan ditawarkan secara otomatis oleh sistem pada saat registrasi Sakuku pertama kali telah selesai dilakukan atau melalui menu “Pengaturan” kemudian pilih “Aktivasi Sakuku Plus” di aplikasi Sakuku.
  • Pengguna dapat datang kecabang BCA terdekat untuk melakukan upgrade Sakuku Plus dengan mengisi Formulir Upgrade Sakuku Plus dan melampirkan identitas kepemilikan (KTP/Paspor/KITAS).

Bagaimana caranya jika belum mempunyai Rekening di BCA, namun ingin menggunakan fitur Sakuku Plus?

Kamu dapat datang ke Kantor Cabang BCA terdekat.

Apakah saldo akan hilang, jika melakukan aktivasi Sakuku Plus?

Tidak, saldo Sakuku akan tetap aman dan tersimpan.

Apakah data diri akan berubah, jika melakukan aktivasi Sakuku menjadi Sakuku Plus?

Setelah aktivasi Sakuku Plus, nama & tanggal lahir akan disesuaikan pada data dan Rekening BCA kamu, dan tidak dapat diubah melalui aplikasi Sakuku.

Apa yang harus dilakukan jika ingin menutup akun Sakuku?

Pengguna dapat menghubungi Halo BCA di 1500888. Halo BCA akan melakukan verifikasi data diri pengguna sesuai prosedur yang berlaku dan menanyakan rekening BCA untuk pengembalian sisa saldo Sakuku. Apabila verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses penutupan Sakuku.

Untuk Sakuku Plus, pengembalian sisa saldo Sakuku dapat dilakukan hanya ke rekening BCA dengan nama yang sama dengan pemilik Sakuku atau pengguna dapat melakukan Tarik tunai terlebih dahulu sebelum melakukan penutupan.

Bagaimana cara untuk claim/refund dana terhadap akun Sakuku yang telah dilakukan penutupan?

Pengguna dapat menghubungi Halo BCA dan melakukan proses refund dana apabila berhasil membuktikan bahwa pengguna yang bersangkutan adalah nasabah Sakuku yang benar, serta menginformasikan nomor rekening tujuan pengembalian dana.

Bagaimana jika akun Sakuku sudah dilakukan penutupan, namun ingin menggunakan Sakuku kembali?

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Sakuku dan melakukan registrasi Sakuku dengan menginput data diri yang diperlukan kembali dengan masa tunggu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal registrasi terakhir.

Dapatkan Layanan

Download Sakuku
Download untuk akses produk atau layanan ini secara langsung di handphone
Download Sekarang
API BCA
Satu Kemudahan untuk Kembangkan Bisnismu.
Selengkapnya

Fasilitas Sakuku

img logo

Download sakuku