Back to Pressroom
09 Dec 2016

Terus Tingkatkan Kualitas Layanan Teknologi Informasi, BCA Raih 3 Sertifikat ISO

Network Data Center BCA menerima sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 27001:2013,
IT Quality Assurance menerima sertifikasi ISO 9001: 2015

Jakarta, 9 Desember 2016 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mewujudkan komitmennya untuksecara berkesinambungan meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya, termasuk melalui peningkatan kualitas teknologi informasi. Komitmen ini diwujudkan melalui tiga sertifikasi ISO yang diterima oleh Data Center Network Group Strategic Information Technology (GSIT) yakni ISO 27001:2013 dari Lembaga Sertifikasi SGS Indonesia yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan United Kingdom Accreditation Service (UKAS). Selain itu, GSIT Data Center Network dan GSIT Quality Assurance telah berhasil meraih ISO 9001:2015 dari Lembaga Sertifikasi SAI Global yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Joint Accreditation System of Australia and New Zealand (JAS-ANZ).

 Ketiga sertifikat ISO ini diserahkan secara langsung oleh David Ngalusi selaku Direktur SAI Global Indonesia dan Guy Francois selaku Managing Director PT SGS Indonesia kepada Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono dan EVP IT BCA Hermawan Thendean di Menara BCA, Jumat (9/12).

Armand menyampaikan, ”BCA secara berkesinambungan melakukan berbagai langkah dan upaya meningkatkan kapasitas maupun kemampuan sistem teknologi informasi. Hal tersebut semata-mata untuk pengembangan jaringan distribusi yang lebih canggih serta melayani transaksi yang terus meningkat dan kebutuhan usaha yang terus berkembang dan semakin kompleks. Hal itulah yang mendorong BCA untuk senantiasa terus meningkatkan layanan melalui proses sertifikasi standard kerja kami untuk dapat diakui secara internasional. Kami bersyukur atas kerja keras seluruh tim, hari ini kami telah mendapat pengakuan melalui 3 sertifikat ISO”.

Lebih lanjut Armand menjelaskan tim Network Data Center BCA memiliki fungsi yang cukup vital, yakni sebagai pengelola dan pemelihara perangkat Network di Data Center, Kantor Pusat, dan Kantor Pusat Extention. Selain itu, Tim Network Data Center BCA memiliki peranan penting sebagai IT infrastruktur di BCA, yang memberikan solusi terhadap kebutuhan jaringan kepada customer. Mengingat fungsinya yang sangat vital, BCA mengajukan sertifikasi dari lembaga yang berkompeten di bidangnya, yaitu SAI Global untuk menilai kualitas layanan dari unit kerja Network Data Center dan IT Quality Assurance serta SGS Indonesia untuk menilai keamanan informasi jaringan data center BCA.

“Sejak akhir November 2016 lalu kami telah menerima sertifikasi bahwa sistem Network Data Center BCA telah sesuai dengan standard internasional yakni ISO 9001:2015, ISO 27001:2013 serta IT Quality Assurance telah sesuai dengan standard ISO 9001: 2015,” lanjut Armand.

ISO 9001:2015 merupakan standard sistem manajemen mutu. Sertifikasi ini diperoleh melalui proses assessment terhadap proses kerja atau layanan yang diberikan oleh data center Network BCA agar sesuai dengan standard internasional. Sementara itu, ISO 27001:2013 merupakan standard sistem manajemen keamanan Informasi. Point penting dari ISO 27001 ini adalah untuk menjamin aspek kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi. Aspek kerahasiaan organisasi diperlukan dalam menjaga informasi agar tidak diakses oleh pihak yg tidak berwenang. Aspek integritas, diperlukan untuk menjaga informasi dari, keutuhan data dan agar informasi tidak menyalahi ketentuan legal / perundang-undangan. Sedangkan aspek ketersediaan, sangat diperlukan terutama untuk menjamin informasi dapat selalu diakses pada saat dibutuhkan.

Dengan diraihnya ketiga ISO tersebut juga diharapkan akan meningkatkan kepercayaan nasabah, jaminan kualitas proses layanan, peningkatan produktivitas, motivasi, moral & kinerja karyawan, peningkatkan efisiensi, dan lain-lain. ”Sertifikasi yang kami lakukan merupakan upaya peningkatan tata kelola teknologi informasi agar kami dapat mendukung dan meningkatkan layanan kepada berbagai unit kerja BCA. Hal ini tentunya akan bermuara pada peningkatan mutu dan kelancaran kepada nasabah pada umumnya,” tutup Armand.

Terus Tingkatkan Kualitas Layanan Teknologi Informasi, BCA Raih 3 Sertifikat ISO

Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Armand Wahyudi Hartono (kedua kanan), Managing Director PT SGS Indonesia Guy Francois (kanan), Direktur SAI Global Indonesia David Ngalusi (kiri), dan EVP IT BCA Hermawan Thendean (kedua kiri) berbincang seusai penyerahan 3 sertifikasi ISO di Menara BCA, Jakarta, Jumat (9/12). Network Data Center BCA menerima sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013, serta IT Quality Assurance BCA menerima sertifikasi ISO 9001: 2015, yang mengindikasikan sistem manajemen mutu dan sistem manajemen keamanan informasi BCA telah memenuhi standar internasional.

Terus Tingkatkan Kualitas Layanan Teknologi Informasi, BCA Raih 3 Sertifikat ISO

BCA terus mewujudkan komitmennya untuk secara berkesinambungan meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya, termasuk melalui peningkatan kualitas teknologi informasi. Sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013 yang diterima oleh tim Network Data Center dan IT Quality Assurance BCA diharapkan akan meningkatkan kepercayaan nasabah, menjamin kualitas proses layanan perbankan, serta meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan dalam memberikan solusi perbankan yang terbaik kepada nasabah setia BCA.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2016)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 15 juta rekening nasabah melalui 1.204 cabang, 17.057 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id

Related Activities

Hubungi Biro Humas BCA