Jakarta, 3 November 2017 – Salah satu bentuk tanggung jawab sosial PT Bank Central Asia Tbk (BCA) adalah dengan mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia. Kerja sama yang dimulai tahun 1991 ini, terus berlangsung tidak hanya di Jakarta, tetapi merata hampir di seluruh kantor cabang BCA di Indonesia dan rutin diadakan sebanyak 3 - 4 kali setiap tahunnya. Sehingga pada penyelenggaraan kegiatan donor darah di bulan November 2017 ini merupakan pelaksanaan yang ke-100, dimana BCA dianugerahi Rekor MURI sebagai “Bank Swasta Nasional Pertama yang Melaksanakan Kegiatan Donor Darah ke-100”.
Rekor MURI tersebut diserahkan kepada Direktur BCA Lianawaty Suwono oleh CEO MURI Jaya Suprana disaksikan oleh Executive Vice President CSR Inge Setiawati di Jakarta, Jumat (3/11). Pada kesempatan tersebut, Direktur BCA Lianawaty Suwono juga menyerahkan secara simbolis 1 unit mobil operasional kepada Kepala UTD PMI DKI Jakarta Salimar Salim.
“Fokus Bakti BCA di bidang kesehatan adalah menyediakan layanan, akses dan sarana kesehatan kepada masyarakat yang kurang mampu. Dalam pelaksanaannya, BCA bekerja sama dengan beberapa lembaga yang memiliki kompetensi dan kredibilitas di bidang layanan kesehatan. Untuk kegiatan donor darah, BCA bekerja sama dengan PMI sejak tahun 1991, sampai dengan saat ini kami telah memfasilitasi 100 kegiatan donor dan berhasil mengumpulkan lebih dari 47 ribu kantong darah di seluruh kantor cabang BCA di Indonesia.” ujar Lianawaty.
Kegiatan donor darah Bakti BCA telah menjadi agenda rutin. Kegiatan sosial ini tidak hanya melibatkan karyawan BCA melainkan juga turut mengundang nasabah dan masyarakat di sekitar kantor-kantor BCA yang melaksanakan program donor darah. “Mengingat banyaknya manfaat donor darah, tidak hanya bagi penerima donor darah melainkan bagi pendonor itu sendiri, kami secara rutin mengadakan dan mensosialisasikan kegiatan ini kepada seluruh keluarga besar BCA dan masyarakat di sekitar kantor cabang BCA. Kami berharap dengan sosialisasi dan jadwal rutin yang digelar, para calon pendonor lebih bersemangat untuk menyumbangkan darahnya bagi kelangsungan hidup masyarakat yang membutuhkan darah,” lanjut Lianawaty.
Kerja sama yang telah terjalin baik dengan PMI juga mendorong BCA untuk terus melihat dan mengevaluasi dukungan yang dapat diberikan kepada PMI. Oleh karena itu, BCA memberikan sumbangan berupa 1 unit mobil operasional yang akan digunakan untuk pengambilan darah oleh UTD PMI. “Kami berharap dukungan yang diberikan dapat memperlancar kegiatan operasional tim PMI sehingga semakin banyak darah yang dapat dikumpulkan untuk menolong masyarakat yang membutuhkan,” tutup Lianawaty.
Donor Darah BCA Raih Rekor MURI – Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Lianawaty Suwono (tengah) menerima Piagam Penghargaan sebagai “Bank Swasta Nasional Pertama yang Melaksanakan Kegiatan Donor Darah ke-100” yang diserahkan oleh CEO Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Jaya Suprana (tengah kanan) disaksikan oleh Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati (tengah kiri) di Jakarta, Jumat (03/11). Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia sejak tahun 1991, BCA rutin menyelenggarakan acara donor darah untuk kemanusiaan hampir di seluruh kantor cabang BCA di Indonesia, yang mana di bulan November 2017 ini merupakan pelaksanaan yang ke-100.
Direktur BCA Lianawaty Suwono (tengah kanan) didampingi Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati (kanan) juga menerima Piagam Apresiasi yang diserahkan oleh Palang Merah Indonesia DKI Jakarta atas partisipasinya pada acara Donor Darah untuk Kemanusiaan di Jakarta, Jumat (03/11). Pada kesempatan tersebut, BCA juga memberikan sumbangan berupa 1 unit mobil operasional yang akan digunakan untuk pengambilan darah oleh Unit Transfusi Darah PMI.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2017)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2017, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 16 juta rekening nasabah melalui 1.225 cabang, 17.314 ATM dan lebih dari 460 ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id