Back to Pressroom
25 Apr 2019

PT BCA Tbk Hasil Kinerja Triwulan I 2019 - Kelola Pertumbuhan

Profitabilitas berkelanjutan dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 10,1% menjadi Rp6,1 triliun

Jakarta, 25 April 2019 – PT Bank Central Asia Tbk (IDX: BBCA) dan  entitas anak melaporkan kinerja keuangan konsolidasi pada triwulan I 2019 dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 10,1% mencapai Rp6,1 triliun dibandingkan Rp5,5 triliun pada tahun sebelumnya. Pendapatan operasional Bank, yang terdiri dari pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya, tumbuh 13,7% menjadi Rp16,7 triliun pada triwulan I 2019 dibandingkan Rp14,7 triliun pada tahun sebelumnya. Pendapatan bunga bersih meningkat 11,2% YoY menjadi Rp12,0 triliun, sementara pendapatan operasional lainnya tumbuh 20,7% YoY menjadi Rp4,7 triliun pada triwulan I 2019.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, menyampaikan, “BCA dan entitas anak mencatat pertumbuhan pendapatan operasional (top-line) yang positif pada kinerja keuangan triwulan I 2019, ditopang oleh pertumbuhan kredit dan peningkatan fee-based income. Kami melihat adanya peningkatan jumlah transaksi sebesar 25,8% YoY, terutama didukung pertumbuhan transaksi mobile banking dan internet banking.”

Pada triwulan I 2019 portofolio kredit meningkat 13,2% YoY menjadi Rp532 triliun, ditopang oleh pertumbuhan kredit usaha pada segmen  korporasi  sebesar 15,8% YoY menjadi Rp207,8 triliun dan komersial & UKM yang meningkat 14,7% YoY menjadi Rp184,7 triliun. BCA mencatat laju pertumbuhan kredit investasi yang tinggi sebesar 20,3% YoY pada Maret 2019. Meskipun dihadapkan oleh tantangan tingkat suku bunga yang lebih tinggi, kredit konsumer tumbuh 7,7% YoY menjadi Rp139,7 triliun. Pada segmen konsumer, KPR tumbuh 11,3% YoY menjadi Rp86,5 triliun dan KKB (termasuk entitas anak) meningkat 0,4% YoY menjadi Rp48,0 triliun di triwulan I 2019. Pada periode yang sama, outstanding kartu kredit tumbuh 9,0% YoY menjadi Rp12,9 triliun.

Rasio keuangan utama tetap solid pada triwulan I 2019. Rasio kecukupan modal (CAR) dan rasio kredit terhadap dana pihak ketiga (LDR) berada pada level yang sehat masing-masing sebesar 24,5% dan 81,0%. Rasio kredit bermasalah (NPL) berada dalam tingkat toleransi risiko yang masih dapat diterima pada level 1,5%. Rasio cadangan terhadap kredit bermasalah (loan loss coverage) tercatat pada level yang memadai sebesar 171,4%.

Dengan mempertahankan keunggulannya dalam perbankan transaksi, BCA dapat membukukan pertumbuhan dana giro dan tabungan (CASA) sebesar 7,2% YoY menjadi Rp483,7 triliun, berkontribusi 76,8% terhadap total dana pihak ketiga. Deposito naik 10,1% YoY menjadi Rp145,9 triliun. Total dana pihak ketiga tercatat sebesar Rp629,6 triliun, tumbuh 7,9% YoY.

“Secara konsisten, kami mencermati dinamika bisnis. Posisi permodalan yang kuat, kecukupan likuiditas dan kualitas kredit yang sehat merupakan faktor utama bagi pertumbuhan bisnis ke depannya. Sejalan dengan kemajuan teknologi serta perubahan kebutuhan nasabah, BCA terus mengembangkan produk dan layanan dengan berfokus pada peningkatan customer experience dan kenyamanan nasabah.”  tutur Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA.

PT Bank Central Asia Tbk Hasil Kinerja Triwulan I 2019 - Mengelola Pertumbuhan

Paparan Kinerja BCA Kuartal I 2019 – Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja (tengah) memaparkan kinerja keuangan BCA kuartal I 2019 bersama Presiden Komisaris BCA Djohan Emir Setijoso (kedua kanan), Direktur BCA Suwignyo Budiman (kedua kiri), Direktur BCA Subur Tan (kanan), dan Direktur BCA Vera Eve Lim (kiri) di Jakarta, Kamis (25/04). Per akhir Maret 2019, BCA mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 10,1% mencapai Rp6,1 triliun dengan portofolio kredit meningkat 13,2% YoY menjadi Rp532 triliun. Dengan mempertahankan keunggulannya dalam perbankan transaksi, BCA dapat membukukan pertumbuhan dana giro dan tabungan (CASA) sebesar 7,2% YoY menjadi Rp483,7 triliun, berkontribusi 76,8% terhadap total dana pihak ketiga.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2019)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Maret 2019, BCA melayani 19,5 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.246 kantor cabang, 17.800 ATM, serta layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Related Activities

Hubungi Biro Humas BCA