Syarat dan Ketentuan Aplikasi Mobile Halo BCA PT Bank Central Asia Tbk

  1. DEFINISI
    1. Aplikasi Mobile Halo BCA, selanjutnya disebut Aplikasi, adalah aplikasi berbasis mobile yang dapat diunduh oleh nasabah BCA atau non nasabah BCA dari gawai (gadget) untuk menghubungi Halo BCA secara online melalui Voice over Internet Protocol (VoIP) call, e-mail, chat, dan media sosial.
    2. Pengguna adalah pihak yang menggunakan Aplikasi.
    3. Kartu Kredit BCA adalah BCA Card, BCA Mastercard, BCA Visa Card, dan kartu kredit lainnya yang diterbitkan oleh BCA.
    4. E-mail Pengguna adalah alamat e-mail Pengguna yang terdaftar pada BCA.
    5. Password Aplikasi adalah kode identifikasi pribadi berupa alfanumerik yang ditentukan sendiri oleh Pengguna yang melakukan registrasi Aplikasi dan wajib dimasukkan setiap kali Pengguna mengakses data nasabah dan menu-menu lain pada Aplikasi yang ditentukan dan yang akan diberitahukan oleh BCA dari waktu ke waktu.
    6. OTP (One Time Password) adalah kode untuk mengaktifkan akun Pengguna pada Aplikasi, yang dikirimkan melalui SMS (Short Message Service) ke nomor handphone Pengguna yang sudah terdaftar di BCA.
  1. REGISTRASI DAN AKTIVASI APLIKASI
    1. Untuk menggunakan Aplikasi, Pengguna harus terlebih dahulu mengunduh Aplikasi pada gawai (gadget) dengan operating system yang ditentukan BCA.
    2. Pengguna dapat menggunakan Aplikasi dengan 2 (dua) cara:
      1. Melalui menu Registrasi. Pada menu ini, Pengguna harus terlebih dahulu melakukan proses registrasi dengan meng-input data sekurang-kurangnya nomor Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA/Kartu Kredit/rekening Pengguna, Password Aplikasi untuk mendapatkan OTP yang akan dikirimkan oleh BCA ke nomor handphone Pengguna yang terdaftar di BCA. Pengguna wajib memasukkan OTP pada Aplikasi untuk mengaktifkan akun Pengguna. Atas pengiriman OTP tersebut, Pengguna akan dikenakan biaya SMS.
      2. Melalui menu Guest. Pada menu ini, Pengguna dapat langsung menggunakan Aplikasi tanpa perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Pengguna tidak dapat melihat data nasabah, History Transaksi, dan Status Laporan.
  1. KETENTUAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI
    1. Pengguna wajib memastikan nomor Kartu ATM BCA/Kartu Kredit/rekening Pengguna yang di-input pada Aplikasi adalah milik Pengguna.
    2. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan Password Aplikasi.
    3. Penggantian Password Aplikasi dapat dilakukan dengan mengakses menu Akun Saya.
    4. Pengguna wajib memastikan kebenaran data yang di-input pada saat registrasi. Pengguna bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul atas pengisian data pada saat registrasi dan update data pada Aplikasi. Pengguna dengan ini membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
    5. Penggunaan Halo BCA VoIP Call oleh Pengguna dapat dilakukan dengan memilih layanan Halo BCA yang diinginkan pada menu Halo BCA VoIP Call.
    6. Penggunaan Halo BCA Chat dapat dilakukan dengan memilih akses chat melalui aplikasi chatting Halo BCA atau aplikasi chatting yang disediakan oleh pihak yang bekerja sama dengan BCA:
      1. Dalam hal Pengguna menggunakan Halo BCA Chat melalui aplikasi chatting Halo BCA, Pengguna harus terlebih dahulu memasukkan data yang diperlukan seperti nama, alamat e-mail, dan nomor telepon milik Pengguna pada widget aplikasi chatting Halo BCA. Halaman 2/3 Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul karena dimasukkannya nama, alamat e-mail, dan nomor telepon milik pihak lain dalam menggunakan Halo BCA Chat.
      2. Apabila Pengguna mengakses Halo BCA Chat melalui aplikasi chatting yang disediakan oleh pihak yang bekerja sama dengan BCA, maka Pengguna wajib terlebih dahulu mengunduh aplikasi chatting yang disediakan oleh pihak yang bekerja sama dengan BCA tersebut dari toko aplikasi seperti App Store atau Play Store.
    7. Penggunaan Halo BCA Mail dapat dilakukan oleh Pengguna dan e-mail dari Pengguna akan ditujukan secara otomatis ke halobca@bca.co.id.
    8. Penggunaan Halo Social Media (Twitter) dapat dilakukan oleh Pengguna dan pesan dari Pengguna akan ditujukan secara otomatis ke media sosial (Twitter) Halo BCA.
    9. Data terkait Aplikasi akan disimpan oleh BCA sesuai ketentuan retensi yang berlaku.
    10. Pengguna wajib melakukan peningkatan versi (upgrade) Aplikasi atas permintaan BCA.
    11. Kelalaian Pengguna dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) Aplikasi mengakibatkan Pengguna tidak dapat menggunakan Aplikasi atau hanya dapat mengakses fitur tertentu di Aplikasi.
    12. Apabila Pengguna lupa Password Aplikasi, Pengguna tidak dapat melakukan reset Password Aplikasi pada Aplikasi. Untuk dapat kembali menggunakan Aplikasi, Pengguna harus terlebih dahulu melakukan penghapusan Pengguna pada Aplikasi dan melakukan registrasi ulang pada Aplikasi.
    13. Apabila Pengguna salah memasukkan Password Aplikasi sebanyak 3 (tiga) kali secara berturut-turut maka akun Pengguna akan terblokir dan tidak dapat digunakan kembali. Pengguna dapat membuat akun baru dengan melakukan registrasi ulang pada Aplikasi.
    14. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya dan membebaskan BCA dari segala akibat yang timbul sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam penggunaan Aplikasi.
  1. FORCE MAJEURE

    Dalam hal BCA tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna, baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan BCA, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, peralatan/sistem/transmisi dalam keadaan tidak berfungsi, terjadinya gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, adanya kebijakan pemerintah yang melarang BCA menyediakan Aplikasi, serta kejadian-kejadian atau hal-hal lain di luar kekuasaan atau kemampuan BCA, maka Pengguna dengan ini membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun terkait dengan hal tersebut.

  2. PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)
    1. Keluhan/pengaduan terkait Aplikasi dapat disampaikan oleh Pengguna melalui cabang BCA terdekat atau dengan menghubungi Halo BCA. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Pengguna untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Pengguna dan dokumen pendukung lainnya sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.
    2. BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
    3. Keluhan/pengaduan terkait Aplikasi harus disampaikan oleh Pengguna kepada BCA selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal terjadinya Transaksi.
    4. Pengguna setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan Aplikasi Mobile Halo BCA PT Bank Central Asia Tbk ini akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
    5. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh BCA dan Pengguna akan diselesaikan melalui mediasi perbankan di Bank Indonesia atau mediasi yang dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tercantum dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.
    6. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir E.5 di atas akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.
  3. LAIN-LAIN

    Dengan menjadi Pengguna Aplikasi, Pengguna dengan ini menyatakan telah memahami sepenuhnya serta tunduk dan terikat pada isi Ketentuan Aplikasi Mobile Halo BCA PT Bank Central Asia Tbk ini. BCA berhak untuk mengubah, melengkapi, atau mengganti Ketentuan Aplikasi Mobile Halo BCA PT Bank Central Asia Tbk ini yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.


Ketentuan Aplikasi Mobile Halo BCA PT Bank Central Asia Tbk (“BCA”) ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan