Kembali ke Pressroom
17 Mei 2024

Dihadiri 900 Mahasiswa Universitas Sriwijaya, Direktur BCA Lianawaty Suwono Berbagi Tips ‘Menari Indah’ di Tengah Ketidakpastian


Palembang, 17 Mei 2024 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melanjutkan rangkaian acara BCA Berbagi Ilmu, yang digelar dalam rangka perayaan Hari Pendidikan Nasional, ke berbagai kota. Kali ini, giliran mahasiswa Universitas Sriwijaya di Palembang yang merasakan pengalaman menerima kuliah umum dari Direktur BCA Lianawaty Suwono. Sekitar 900 mahasiswa Universitas Sriwijaya berpartisipasi pada kuliah umum yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Sriwijaya Indralaya, Palembang, Jumat (17/5).

Mengusung tema “Dancing Beautifully with Uncertainties”, Direktur BCA Lianawaty Suwono menjelaskan, “Semenjak pandemi Covid-19, kata ‘ketidakpastian’ kian akrab kita dengar. Ketidakpastian dapat diartikan negatif, namun bisa juga berbuah manis dan membuka peluang bagi kita; tergantung bagaimana cara menghadapinya. Untuk itu, kita perlu jeli melihat peluang sekaligus terampil dan lentur dalam menghadapi tantangan di era penuh dinamika seperti sekarang.”

Sejak pandemi Covid-19, kondisi penuh ketidakpastian terus dihadapi dunia. Dinamika kondisi ekonomi, konflik geopolitik, hingga berbagai kejadian sosial dan bencana alam menjadi penyebabnya. Direktur BCA Lianawaty Suwono menyebut, mahasiswa harus bisa menghadapi kondisi tersebut layaknya penari dengan mengedepankan sikap tenang dan penuh keyakinan untuk membuka pintu menuju kesuksesan. Dia juga memaparkan pentingnya perilaku adaptif dimiliki mahasiswa agar dapat memanfaatkan tantangan dan ketidakpastian menjadi peluang, seperti yang dilakukan BCA.

"Di BCA, kami percaya bahwa adaptasi merupakan kunci untuk bertahan. Sejak berdiri pada 1957 silam, BCA terus beradaptasi untuk menghadapi berbagai tantangan dan era yang dilalui. Kami senantiasa mempersiapkan manajemen risiko untuk menghadapi berbagai kemungkinan. BCA tidak bisa menjadi perusahaan seperti sekarang, apabila tidak mampu beradaptasi menyesuaikan kondisi zaman dan menghadapi berbagai ketidakpastian yang pernah terjadi secara tenang,” tutur Lianawaty Suwono.

Program BCA Berbagi Ilmu pada 2024 ini diadakan di 5 perguruan tinggi, yaitu BINUS University, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Udayana. BCA Berbagi Ilmu merupakan salah satu program unggulan Bakti BCA bidang pendidikan, untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Pendidikan Berkualitas serta menyiapkan generasi muda berkualitas dan berdaya saing jelang puncak bonus demografi pada 2030.

Selain menghadirkan direksi untuk mengisi kuliah umum secara langsung, program BCA Berbagi Ilmu juga dilengkapi dengan kegiatan Student Banking Tour & Sharing. BCA mengajak sejumlah siswa SMA & Universitas belajar mendalami materi mengenai perbankan dan literasi keuangan, seraya berkunjung langsung ke kantor cabang BCA. Selain itu, ada pula kegiatan pemberdayaan bagi penyandang difabel.

Pada 2023 lalu, rangkaian kuliah umum BCA Berbagi Ilmu dilaksanakan di 5 universitas di Indonesia dan diikuti lebih dari 3.000 mahasiswa. Pada saat yang sama, kegiatan Student Banking Tour disemarakkan kehadiran lebih dari 900 pelajar dari 18 sekolah. Terakhir, ada sekitar 30 difabel yang diberdayakan melalui pembekalan keterampilan, bazaar karya, dan tur ke kantor cabang BCA.

EVP Corporate Communications & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, “BCA Berbagi Ilmu di bawah payung Bakti BCA menjadi bentuk dukungan kami kepada generasi muda untuk menjadi SDM unggul dan memberikan kontribusi kepada ekonomi Indonesia. Terlebih, menurut BPS, Indonesia diperkirakan memasuki masa bonus demografi dengan periode puncak pada 2030, ditunjukkan dari jumlah penduduk usia produktif yang mencapai dua kali lipat jumlah penduduk usia anak dan lanjut usia. Kami percaya investasi terbaik bagi generasi muda adalah pendidikan. Karena itu, Bakti BCA berkomitmen untuk terus memfasilitasi mereka dengan berbagai bentuk dukungan.”

Melalui Bakti BCA, Perseroan berkomitmen terus memberikan berbagai manfaat bagi individu, masyarakat, dan ekosistem. BCA percaya bahwa individu yang berdaya dapat membawa dampak positif bagi komunitasnya. Kemudian, komunitas yang berdaya dapat berkontribusi positif pada kelestarian ekosistem, sehingga tercipta sebuah siklus yang saling berpengaruh dan berkaitan.

Dalam rangka mempertegas komitmen tersebut, BCA telah meluncurkan kampanye #BuktiBaktiCA yang merekam jejak kegiatan Bakti BCA, berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Cakupan program Bakti BCA meliputi aspek pendidikan (Bakti Pendidikan), kesehatan (Bakti Kesehatan), pemberdayaan masyarakat (Desa Bakti BCA), budaya (Bakti Budaya), dan lingkungan (Bakti Lingkungan.

Selain BCA Berbagi Ilmu, program Bakti Pendidikan lainnya mencakup pelatihan guru di Indonesia Bagian Timur, dukungan terhadap ekonomi digital berupa SYNRGY Accelerator & Academy, Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI), hingga pengembangan kompetensi penyandang disabilitas.

Terbaru, BCA telah resmi membuka program Beasiswa Bakti BCA 2024 yang diikuti 700 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi. Secara total, Bakti BCA telah memberikan beasiswa dan pelatihan kepada lebih dari 7.000 mahasiswa berprestasi di Indonesia.

Informasi selengkapnya mengenai Bakti BCA dapat diakses di tautan ini http://bca.id/baktibca.

Keterangan Foto 1:

Meraih Peluang dari Ketidakpastian - Direktur BCA Lianawaty Suwono (Kanan) dan EVP Corporate Communication and Social Responsibilities BCA Hera F. Haryn dalam rangkaian kegiatan BCA Berbagi Ilmu di Auditorium Universitas Sriwijaya, Indralaya, Palembang, pada Jumat (17/5). Mengusung tema “Dancing Beautifully with Uncertainties”, Direktur BCA Lianawaty Suwono membahas mengenai cara menghadapi ketidakpastian. Menurutnya, Ketidakpastian dapat diartikan negatif, namun bisa juga berbuah manis dan membuka peluang, tergantung bagaimana cara menghadapinya.

Keterangan Foto 2:

Komitmen Persiapkan Generasi Berdaya Saing yang Siap Hadapi Ketidakpastian - Direktur BCA Lianawaty Suwono (tengah), EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn (kiri), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Sriwijaya Prof. Dr. dr. Radiati Umi Partan Sp. PD. M.kes (kedua dari kanan) dan Kepala Kantor Wilayah VI BCA Suhardjo Moeliadi (kedua dari kiri) berfoto  dalam kegiatan "BCA Berbagi Ilmu" bertema “Dancing Beautifully with Uncertainties” di Auditorium Universitas Sriwijaya Indralaya, Palembang, Jumat (17/5).  BCA Berbagi Ilmu merupakan salah satu program unggulan Bakti BCA bidang pendidikan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Pendidikan Berkualitas serta menyiapkan generasi muda berkualitas dan berdaya saing jelang puncak bonus demografi  pada 2030.

Keterangan Foto 3:

"BCA Berbagi Ilmu" Palembang Berhasil Datangkan 900 Mahasiswa Universitas Sriwijaya - Direktur BCA Lianawaty Suwono (keempat dari kiri), EVP Corporate Communication Hera F. Haryn (kedua kiri), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Sriwijaya Prof. Dr. dr. Radiati Umi Partan Sp. PD. M.kes (keempat dari kanan), dan Kepala Kantor Wilayah VI BCA Suhardjo Moeliadi (ketiga kiri) berfoto bersama 900 Mahasiswa Universitas Sriwijaya dalam kegiatan BCA Berbagi Ilmu bertema “Dancing Beautifully with Uncertainties” di Auditorium Universitas Sriwijaya, Palembang, Jumat (17/5). Program BCA Berbagi Ilmu juga dilengkapi dengan kegiatan Student Banking Tour & Sharing. BCA mengajak sejumlah  siswa SMA & Universitas belajar mendalami materi mengenai perbankan dan literasi keuangan, seraya berkunjung langsung ke kantor cabang BCA. Selain itu, ada pula kegiatan pemberdayaan  bagi penyandang difabel.

##

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2024, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 90 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.055 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

 

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA