Kembali ke Pressroom
18 Mar 2024

Senantiasa Berkomitmen pada Standar Kualitas Tertinggi, BCA Berhasil Pertahankan Sertifikasi ISO 9001:2015

Jakarta, 15 Maret 2024 — PT Bank Central Asia Tbk (BCA) baru saja berhasil mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 dengan hasil zero finding (tidak ditemukan masalah) untuk kategori kinerja bisnis kredit konsumer di tahun 2024. Sertifikasi ISO yang dipertahankan ini merupakan wujud komitmen BCA dalam menerapkan sistem manajemen mutu untuk memberikan jaminan kualitas layanan kredit konsumer kepada para nasabah.

Dini Niwantari selaku Vice President Consumer Loan BCA menyampaikan, “Keberhasilan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) BCA tercermin dari pelayanan dengan standar kualitas tinggi yang dirasakan oleh nasabah. Pemberian layanan prima ini diwujudkan salah satunya dengan pengembangan digitalisasi dalam setiap proses untuk mempercepat layanan yang diberikan kepada nasabah, termasuk memanfaatkan beragam jenis media komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.”

Dini Niwantari menekankan bahwa sertifikasi ISO untuk KPR BCA menunjukkan standar kualitas dalam setiap tahapan operasional, khususnya pada proses realisasi KPR. Standardisasi ini mencakup persiapan dokumen yang diperlukan saat akad kredit hingga realisasi kredit untuk meminimalisasi kesalahan yang dapat membuat nasabah menjadi kurang nyaman.

Langkah tersebut sejalan dengan upaya BCA yang terus meningkatkan kualitas layanan yang prima kepada nasabah dan memberikan pengalaman transaksi yang optimal melalui beragam inovasi layanan perbankan sesuai perkembangan teknologi terkini.

Pada tahun 2022 menjadi tahun kedua KPR BCA meraih Sertifikasi ISO 9001:2015. Sejak pertama kali mendapat sertifikasi pada tahun 2019, KPR BCA memiliki visi menjalankan proses operasional dengan kualitas tinggi untuk mendukung kredit konsumer BCA sebagai pilihan utama masyarakat. Guna mempertahankan sertifikasi ini, perusahaan wajib mengikuti seluruh proses serupa setiap 3 tahun dengan mengikuti audit surveillance setiap satu tahun sekali. Kesinambungan ini bukan hanya mencerminkan keseriusan BCA dalam menjaga kualitas layanan, tetapi juga memberikan keyakinan pada nasabah bahwa bank ini terus memenuhi standar tertinggi di industri keuangan.

“Kami berharap agar KPR BCA tetap bisa terus konsisten dalam memberikan layanan untuk senantiasa menumbuhkan kepercayaan nasabah. Kembali melekatnya sertifikasi ISO 9001:2015 ini membuktikan KPR BCA sebagai penyedia layanan kredit yang terpercaya dan profesional di mata masyarakat,” pungkas Dini.

Selain mengantongi ISO 9001:2015, BCA juga berhasil memperoleh sejumlah pengakuan dan sertifikasi dari lembaga ternama atas kualitas operasionalnya yang tinggi. Pada awal 2023, BCA memperoleh ISO 20000:1-2018 untuk service management system of data center dan IT operation management. Perusahaan juga mendapat sertifikat Threat, Vulnerability, and Risk Assessment (TVRA) atas keamanan fisik dan data atas infrastruktur data center BCA. Terakhir, pada akhir 2023, BCA memborong puluhan penghargaan bergengsi dari Global Contact Center World Awards (GGCWA) 2023 dan The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) atas kualitas layanan Halo BCA.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2023, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 82 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.047 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA