Kembali ke Pressroom
13 Mar 2024

Rayakan HUT ke-67, BCA Gelar Operasi Katarak Gratis di Namrole, Maluku

Maluku, 5 Maret 2024 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak, dan kini jangkauan program tersebut diperluas hingga ke Namrole, Buru Selatan, Maluku. Kegiatan yang dilakukan di bawah payung program Bakti BCA ini berlangsung pada 1-2 Maret 2024, diikuti 62 pasien dari Namrole dan sekitarnya.

Baksos operasi katarak di Namrole dilakukan BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK PERDAMI). Program ini digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Salim Alkatiri Namrole, Buru Selatan, Maluku.

Seremoni pembukaan kegiatan operasi katarak gratis dari Bakti BCA ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Buru Selatan La Hamidi, Sekretaris Daerah Buru Selatan Ruslan Makatita, Kepala Dinas Kesehatan Buru Selatan Wa Jeny, Kapolres Buru Selatan AKBP M. Agung Gumilar, Direktur RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole Hanafi Laitupa, dan perwakilan Danramil II Leksula, SPBK Perdami, serta BCA Kantor Wilayah (Kanwil) IV. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen perseroan terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya untuk menurunkan angka kebutaan akibat katarak di Indonesia.

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn mengatakan, “Di bawah payung program Bakti Kesehatan, baksos operasi katarak akan terus BCA lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan. Kami menyadari, kesehatan mata sangat esensial dan perlu dijaga agar seseorang dapat memaksimalkan produktivitasnya. Oleh karena itu, berkolaborasi dengan SPBK PERDAMI, kami melaksanakan operasi katarak gratis sebagai bentuk dukungan untuk masyarakat agar tetap produktif dan bisa memenuhi perannya dalam komunitas.”

Namrole adalah kota kecil di bagian selatan Pulau Buru, Maluku. Kecamatan yang menjadi ibu kota Kabupaten Buru Selatan ini mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, nelayan, dan pedagang. Kota ini berada di dataran rendah, dan daerah utaranya diselimuti pegunungan. Pelaksanaan operasi katarak gratis di Namrole diharapkan mampu meringankan beban masyarakat setempat, khususnya bagi para penderita penyakit tersebut.

Seluruh pasien yang mendapat operasi katarak gratis telah memenuhi kriteria medis dari tim SPBK PERDAMI dan RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole. BCA telah rutin menggelar operasi katarak gratis secara rutin bersama SPBK PERDAMI sejak 2001. Hingga akhir 2023, total 7.694 pasien sudah mendapatkan operasi gratis katarak dari kegiatan yang dilakukan BCA bersama SPBK PERDAMI.

Pada 2023 lalu, baksos operasi katarak BCA telah dilaksanakan di beberapa lokasi dan diikuti 1.036
pasien, di antaranya

  • RSPAD Gatot Subroto, Jakarta
  • RSUD Puruk Cahu, Kalimantan Tengah
  • RS Awal Bros Batam, Kepulauan Riau
  • RSUD Karel Sadsuitubun, Kei Kecil, Maluku Tenggara
  • RS Unggul Karsa Medika, Bandung
  • RSUD KH Muhammad Thohir, Krui, Lampung
  • RSUD Manokwari, Papua Barat, dan
  • RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu, Nusa Tenggara Timur

BCA juga bekerja sama dengan Kick Andy Foundation dari tahun 2017, dan telah melakukan operasi katarak kepada 437 pasien. Ke depannya, BCA berkomitmen terus melanjutkan dan memperluas program baksos operasi katarak hingga ke seluruh penjuru Indonesia.

Direktur RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole Hanafi Laitupa menyampaikan, “Kami sangat mengapresiasi usaha yang diberikan BCA dalam melaksanakan program bakti sosial operasi katarak ke berbagai daerah, terkhusus ke Namrole. Katarak merupakan penyakit gangguan mata yang cukup mendesak di Indonesia, dan bakti sosial operasi katarak BCA sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami berharap BCA bisa terus
melakukan kegiatan serupa di lebih banyak wilayah di Indonesia, untuk mengurangi angka penderita katarak secara nasional.”

Tidak hanya melakukan operasi katarak, dalam upaya memberantas penyakit tersebut BCA juga secara proaktif memberikan dukungan dengan menyediakan bantuan alat-alat operasi katarak untuk mendukung SPBK PERDAMI dan beberapa cabangnya. Lewat kolaborasi kuat bersama SPBK PERDAMI, program baksos operasi katarak diharapkan bisa berjalan lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi, sehingga risiko yang berpotensi timbul dapat ditekan serta dampaknya bisa lebih positif.

Keterangan Foto 1:
Diikuti oleh 62 Pasien – BCA menggelar operasi katarak gratis di Namrole, Buru Selatan, Maluku. Kegiatan ini diikuti 62 pasien dari Namrole dan sekitarnya. Baksos operasi katarak di Namrole dilakukan BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK PERDAMI). Program ini digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Salim Alkatiri Namrole, Buru Selatan, Maluku, pada 1-2 Maret 2024

Keterangan Foto 2:
Senantiasa Melayani - BCA telah rutin menggelar operasi katarak gratis secara rutin bersama SPBK PERDAMI sejak 2001. Hingga akhir 2023, total 7.694 pasien sudah mendapatkan operasi gratis katarak dari kegiatan yang dilakukan BCA bersama SPBK PERDAMI.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2023, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 82 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.047 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA