Kembali ke Pressroom
29 Des 2023

Permudah Pembelian Tiket Kapal melalui fitur Lifestyle di BCA mobile, PELNI Jalin Kerja Sama dengan BCA dan MKP


Jakarta, 29 Desember 2023 - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI tingkatkan kemudahan pembelian tiket kapal secara online melalui ekosistem digital fitur Lifestyle di BCA mobile yang didukung oleh traffic intelligence system MKP. Dengan jutaan pengguna BCA mobile, nasabah dapat langsung melakukan pembelian sekaligus pembayaran tiket menjadi lebih mudah serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Tiket Kapal, menu terbaru pada fitur Lifestyle di BCA mobile secara resmi diluncurkan pada bulan Desember 2023, di mana nasabah dapat melakukan pembelian tiket kapal laut untuk memesan, dan membeli Tiket Kapal Laut melalui fitur Lifestyle pada aplikasi BCA mobile, sehingga nasabah dipermudah untuk memesan, dan membayar tiket kapal laut dengan cepat dan mudah.

PT Mitra Kasih Perkasa, atau akrab disebut MKP, secara konsisten melakukan terobosan inovatif mulai dari issue tiket, validasi, pembayaran, hingga distribusi dan data analytics tiket secara on-site dan online di Indonesia. Fokus pada digitalisasi Pelabuhan, perusahaan teknologi lokal pertama dan satu-satunya yang mendigitalkan pelabuhan ini telah mengelola lebih dari Rp2,2 triliun Total Processing Value dan 60 juta transaksi. Jajaran Pelabuhan yang telah mengimplementasikan sistem e-ticketing di antaranya adalah Pelabuhan penumpang domestik Punggur, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Sri Bintan Tanjungpinang, dan masih banyak pelabuhan lain di Indonesia.

Irawan Wu, Co-CEO & Co-Founder MKP menyampaikan sistem pembelian tiket secara online yang terkoneksi dengan pembayaran menjadi solusi traffic seluruh pelabuhan di Indonesia. “Sistem yang terintegrasi dengan data analytics menjadi solusi bagi traffic, transaksi, dan transparansi bagi seluruh industri, khususnya pelabuhan di Indonesia,” ungkapnya.

Percepatan transisi digitalisasi pada penjualan tiket menjadi salah satu fokus utama peningkatan pelayanan kapal penumpang PELNI. Evan Eryanto, Kepala Kesekretariatan PELNI mengatakan penjualan tiket kapal Pelni dioptimalkan secara daring atau online. “Kami berharap pelanggan kapal PELNI dapat memanfaatkan kehadiran fitur baru yang ada di aplikasi BCA mobile ini sehingga merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam memperoleh tiket kapal PELNI. Kehadiran tambahan channeling penjualan tiket ini akan semakin memperkuat digitalisasi PELNI di samping kehadiran aplikasi PELNI Mobile.”

Dody Santosa Iswan, Senior Vice President BCA menyatakan, “Kami menyadari peran vital kapal laut sebagai moda transportasi yang dapat menghubungkan pulau-pulau di Indonesia. Moda ini menjadi salah satu transportasi yang penting untuk mendukung mobilitas masyarakat dalam berbisnis ataupun berlibur, terutama di momen-momen libur dan hari raya. Karena itu dengan melakukan integrasi layanan pembelian tiket di fitur Lifestyle pada aplikasi BCA mobile, kami berkomitmen memberikan solusi perbankan dalam mempermudah nasabah dan penumpang untuk dapat membeli tiket kapal di mana dan kapan saja.”

Keterangan Foto:

PELNI Jalin Kerja Sama dengan BCA: Kini Beli Tiket Kapal Bisa Lewat Fitur Lifestyle BCA - Sebagai bentuk komitmen untuk senantiasa memenuhi kebutuhan nasabah, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjalin kerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI. Berkat kerja sama ini, nasabah dapat melakukan pembelian tiket kapal secara online melalui fitur Lifestyle di BCA mobile yang didukung oleh traffic intelligence system MKP.

*****************

Tentang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa pelayaran saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang yang melayani 1.058 ruas dan menyinggahi 71 pelabuhan. Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 42 trayek Kapal Perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana Kapal Perintis menyinggahi 273 pelabuhan dengan total 3.495 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 11 trayek Tol Laut serta 1 trayek khusus untuk Kapal Ternak.

Tentang PT Mitra Kasih Perkasa

PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) selaku perusahaan teknologi berupaya membangun ‘jembatan digital’ dengan mengenalkan sistem pembayaran non tunai dan pembelian tiket elektronik (e-ticketing). Hingga tahun 2023 ini, MKP telah menaungi lebih dari 200 ticketing points dengan total traffic transactions lebih dari 60 juta, dan total processing value mencapai IDR 2.3 Triliun. MKP berfokus pada tiga Strategic Business Unit yaitu MKP E-Ticketing, MKP Mobile, dan APPS2Pay, dalam 4 (empat) segmen Produk 4P yaitu Pariwisata dengan sistem One Man One Ticket, Parkir dengan sistem Tap In Tap Out, Pasar dengan Billing Management System, dan Public Transportations dengan Boarding Management System.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2023, BCA melayani hampir 39 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 81 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.252 kantor cabang, 18.705 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.


PT PELNI (Persero)

Komunikasi Internal dan Eksternal

Kesekretariatan Perusahaan

 

Alamat : Jl. Gajah Mada No 14
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 633-4342
Fax : (021) 6385-7741
E-mail : info.corporate@pelni.co.id

 

PT MITRA KASIH PERKASA

Marketing Communications

 

Alamat : Jalan Singosari I/12
Pleburan, Semarang
Hotline : +62 811 1608 272
E-mail : markom@mkpmobile.com

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

 

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA