Kembali ke Pressroom
20 Des 2023

Tingkatkan Industri Halal, BCA Beri Workshop Sertifikasi Halal Gratis untuk 500 UMKM di Padang

Padang, 12 Desember 2023 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendukung pengembangan UMKM dan ekonomi halal di Indonesia dengan menyelenggarakan Workshop Sertifikat Halal secara gratis untuk UMKM binaan BCA di kota Padang. Bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), BCA memberikan pelatihan seputar pendaftaran sertifikasi halal self declare. Hal ini diharapkan agar UMKM dapat memperoleh sertifikasi halal secara mandiri.

Diikuti hingga 500 UMKM, kegiatan yang berlangsung di Hotel Mercure Padang pada Selasa (12/12) ini, menandai berakhirnya rangkaian kegiatan “Pelatihan Pendaftaran Sertifikat Halal Self-Declare bagi UMKM Binaan BCA” untuk tahun 2023. Pelatihan ini turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius, Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia Siti Aminah, EVP Bisnis Komersial & SME Freddy Iman, Kepala Kantor Wilayah V Iwan Santoso Narto, dan Kepala KCU BCA Padang Robert Siahaan.

EVP Bisnis Komersial & SME Freddy Iman menyatakan, “BCA menyadari peran penting UMKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, melalui program pelatihan sertifikasi halal ini, BCA berkomitmen untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM, terutama dengan memahami tingginya permintaan terhadap produk bersertifikasi halal di Indonesia. Kami berharap pelatihan sertifikasi halal ini akan melahirkan lebih banyak UMKM yang lebih mandiri dalam meningkatkan kualitas produk mereka sekaligus mampu bersaing di pasar domestik maupun mancanegara.”

Dalam pelaksanaan kegiatan Workshop Sertifikat Halal, BCA juga memberikan insentif pengajuan sertifikasi halal gratis kepada pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini. Insentif ini diharapkan dapat meringankan beban pemilik usaha yang ingin mengembangkan bisnis mereka dengan mendapatkan sertifikat halal.

“Hingga 7 Desember 2023, BCA telah berhasil menerbitkan sebanyak 228 sertifikat Halal. Sementara itu, terdapat 215 sertfikat yang masih dalam tahap antrean. Sertifikat yang telah diterbitkan dan masih proses antrean berasal dari UMKM yang tersebar di Lombok, Makassar, Tulung Agung, Surabaya, Tasikmalaya, Solo, Banjarmasin serta Jabodetabek. Melihat antusiasme nasabah BCA yang tinggi, kami optimis target penerbitan 1.000 sertifikat halal dapat tercapai. Lebih lanjut, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada UMKM yang mengikuti penyelenggaraan workshop ini. Hal ini karena selama penyelenggaraan workshop, terdapat penambahan nasabah baru, akuisisi QRIS/EDC BCA serta potensi Kredit Produktif BCA baik KUR maupun Non-KUR,” tutur Freddy.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah memberikan apresiasi atas inisiatif BCA mengadakan pelatihan sertifikasi halal untuk UMKM di kota Padang. “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada BCA dan Kemenkop UKM telah menyelenggarakan pelatihan sertifikasi halal untuk UMKM kota Padang. Kami berharap para pelaku UMKM dapat memaksimalkan potensinya setelah memperoleh sertifikasi halal. Semoga aksi kolaboratif dapat menjadi titik awal bagi terwujudnya ekosistem UMKM yang tangguh dan berdaya saing di kota Padang,” ungkap Mahyeldi.

Data dari Kemenkop UKM menunjukkan bahwa omzet pelaku usaha meningkat rata-rata 8,5% setelah usahanya mengantongi sertifikat halal. UMKM yang dapat mengikuti pelatihan sertifikasi gratis ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni kriteria debitur/nasabah dan kriteria usaha/produk. Bagi mereka yang masuk ke kriteria pertama adalah UMKM di segmen mikro dengan modal usaha kurang dari Rp2 miliar, memiliki produk sendiri/asli, dan memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB). Sementara dari kriteria usaha/produk adalah UMKM yang bergerak di bidang makanan/minuman, industri rumah tangga, memiliki varian produk maksimal 10 jenis, dan belum pernah mengajukan/memiliki sertifikat halal.

Pemberdayaan UMKM terus menjadi fokus utama bagi perjalanan BCA. Selain memberikan pelatihan dan sertifikasi halal gratis, BCA juga memberikan dukungan kepada UMKM melalui sektor pembiayaan. Tercatat, penyaluran kredit BCA ke sektor UMKM mencapai Rp104,8 triliun atau tumbuh 16,4% YoY per September 2023. Tidak hanya itu, komitmen BCA dalam mendukung UMKM agar terus menjadi juara di Tanah Air, juga tercermin dari penyelenggaraan BCA UMKM Fest 2023 yang digelar secara offline di Gandaria City, Jakarta, pada 9 - 13 Agustus dan secara online pada 12 Agustus - 13 September 2023, dan berhasil menjangkau 1.400 peserta UMKM.

Keterangan Foto:

Hadirkan Workshop Sertifikasi Halal, Upaya BCA Perkuat Industri Halal - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansarullah (kelima kiri), Kepala Pusat Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI A. Sukandar (kelima kanan), Asdep Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Muhammad Firdaus (ketiga kiri), Kepala Dinas Koperasi & UMKM Pemprov Sumatera Barat Enrizal (keempat kanan), Kabiro Perekonomian Pemprov Sumatera Barat Vonny (ketiga kanan), Kepala Kantor BCA Wilayah V Iwan Santoso Narto (keempat kiri), Kepala BCA KCU Padang Robert Siahaan (kanan), Kepala BCA KCU Bukit Tinggi Danny (kiri), EVP Commercial & SME BCA Freddy Iman (kedua kiri), dan VP Micro Business & SME BCA Suryawati Widjaja (kedua kanan) saat menghadiri Workshop Sertifikat Halal secara gratis untuk UMKM binaan BCA, pada Selasa (12/12), di Hotel Mercure Padang, Sumatera Barat. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendukung pengembangan UMKM dan ekonomi halal di Indonesia dengan menyelenggarakan Workshop Sertifikat Halal secara gratis untuk UMKM binaan BCA di Sumatera Barat. Bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), BCA memberikan pelatihan seputar pendaftaran sertifikasi halal self declare. Hal ini diharapkan agar UMKM dapat memperoleh sertifikasi halal secara mandiri. Acara ini diikuti oleh 500 UMKM.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2023, BCA melayani hampir 39 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 81 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.252 kantor cabang, 18.705 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id


Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA