Kembali ke Pressroom
26 Okt 2023

Peringati Bulan Bahasa, BCA Ajak Siswa Lampung Berkreasi Dengan Aksara Lewat Semarak Literasi

 

Lampung, 26 Oktober 2023 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengukuhkan komitmennya dalam meningkatkan literasi generasi muda Indonesia melalui program Semarak Literasi. Lewat program ini, BCA ingin turut berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan memberikan wahana bagi para siswa maupun generasi muda di Indonesia, yang memiliki prestasi serta ketertarikan lebih terhadap sastra. Kehadiran program ini juga untuk turut memperingati Bulan Bahasa yang jatuh setiap Oktober.

Kali ini Semarak Literasi hadir menyapa SMPN 1 Gadingrejo, Lampung dan akan dilaksanakan pada 26 hingga 28 Oktober 2023 dan diikuti oleh 188 siswa dari 34 SD dan 20 SMP dari kabupaten pringsewu dan Kabupaten pesawaran. Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu Budi Heryanto, S.E., M.M., Pengawas Sekolah tingkat SMA Bapak Suharno, serta Kepala BCA KCP Pringsewu Wahyu Emir Zayadi pada Kamis (26/10).

Vice President CSR BCA Krisbiakto Cahyo Adi menyatakan, “BCA berkomitmen untuk mendukung generasi muda dalam meningkatkan kapabilitas mereka, termasuk dalam peningkatan literasi. Sebagaimana kita ketahui, literasi dan sastra sangat penting bagi siswa dan generasi muda. Oleh karena itu, BCA mengadakan program Semarak Literasi dalam rangka Bulan Bahasa sebagai bukti komitmen BCA dalam mendukung pendidikan berkualitas dan meningkatkan kecakapan literasi siswa di Indonesia.”

Selama tiga hari, BCA akan menghadirkan berbagai kompetisi mulai dari, cipta cerpen, mendongeng, dramatisasi puisi, olimpiade MIPA, Solo Song competition, dan masih banyak kompetisi yang menantang siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka

“Kami sangat bangga bisa menyelenggarakan Semarak Literasi bersama BCA. Melalui acara ini, siswa-siswa memiliki kesempatan untuk lebih dalam menggali sastra, yang kami yakin akan meningkatkan kualitas literasi siswa SMPN 1 Gadingrejo. Kami berharap Semarak Literasi BCA dapat menjadi tradisi tahunan yang sangat dinantikan oleh para siswa,” tutur Kepala Sekolah SMPN 1 Gadingrejo Heru Siswanto S.Pd, M.Pd.

Sebelumnya, rangkaian program Semarak Literasi oleh Bakti BCA ini dibuka secara resmi di SMAN 1 Karangmojo Kab. Gunungkidul, dengan menyelenggarakan Workshop Literasi Siswa dan Guru, dilanjutkan dengan Kompetisi Literasi, dan diakhiri dengan Festival Literasi. Membawa semangat #GenerasiPastiBisa, Semarak Literasi akan dilaksanakan di beberapa wilayah lainnya seperti DKI Jakarta, Serang, Yogya dan Jayapura, dengan target sebanyak 2.000 peserta.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan BCA dan Semarak Literasi hadir di Lampung. Kami harap program dan kompetisi yang siswa-siswa nikmati dapat memberikan dampak positif bagi siswa untuk mengembangkan minat mereka dalam membaca dan belajar,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu Budi Heryanto.

Dalam pelaksanaannya di beberapa wilayah di Indonesia, inisiatif ini tidak hanya menciptakan pendidikan yang berkualitas, tetapi sebagai jembatan yang menghubungkan semua pihak dalam upaya bersama untuk meningkatkan kecintaan dan menumbuhkan minat generasi muda untuk menciptakan karya sastra mereka sendiri. Semarak Literasi langkah kontribusi BCA dalam membangun ekosistem pendidikan yang lebih berkualitas, serta memberikan harapan dan peluang kepada generasi muda untuk mencapai potensinya sepenuhnya.

“Agar memaksimalkan dampak yang diberikan, serta mengupayakan adanya keberlanjutan, kami berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, institusi pendidikan serta pegiat literasi di masing-masing daerah. Kami harap melalui program ini, BCA dapat berkontribusi dalam memajukan pembelajaran dan literasi di Indonesia.” tutup Krisbiakto.

Tingkatkan Kualitas Literasi Generasi Muda Lampung – Perwakilan BCA (ketiga kanan) bersama Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Tommy Yazid Bustomi M.Pd (tengah), Kepala Sekolah SMPN 1 Gadingrejo Heru Siswanto S.Pd, M.Pd (kedua kanan) serta jajaran pendidik meresmikan perhelatan Semarak Literasi di SMPN 1 Gadingrejo, Lampung pada Kamis ini (26/10). Kegiatan Semarak Literasi yang diikuti oleh 188 siswa dari 34 SD dan 20 SMP dari Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Pesawaran menjadi bentuk nyata kontribusi BCA dalam meningkatkan literasi dan memberikan wahana bagi para siswa maupun generasi muda di Indonesia yang memiliki prestasi serta ketertarikan lebih terhadap sastra.

Bangkitkan Semangat Wirausaha Sejak Muda – Aktivitas Semarak Literasi tidak hanya menjadi perhelatan bagi siwa dengan minat literasi, melainkan juga memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMPN Gadingrejo 1 untuk mengadakan bazaar antar siswa, yang memberi mereka pengalaman berbisnis sejak usia dini.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2023, BCA melayani hampir 39 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 81 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.252 kantor cabang, 18.705 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA