Kembali ke Pressroom
14 Agt 2023

Tawarkan Pesona Keindahan Sulawesi Utara, Desa Wisata Kakaskasen Dua Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Tomohon, 8 Agustus 2023 - Desa Wisata Kakaskasen Dua terpilih sebagai salah satu dari 75 nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Desa yang terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, ini menawarkan segudang potensi yang dimilikinya, mulai dari wisata alam, buatan, seni, budaya, hingga kuliner khas lokal.

Sebagai informasi, Desa Wisata Kakaskasen Dua merupakan salah satu desa mitra Bakti BCA yang masuk dalam nominasi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023 setelah melalui seleksi ketat dari 4.573 peserta desa wisata lainnya. Tim Dewan Juri ADWI 2023 melakukan penjurian Desa Wisata Kakaskasen Dua secara langsung pada tanggal 7 Agustus 2023. 

Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Uno juga turut melakukan visitasi ke lokasi. Selain itu, turut hadir dalam visitasi tersebut adalah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara Henry Kaitjily, Kepala OJK Sulutgomalut Winter Marbun, Walikota Tomohon Caroll Senduk, dan Kepala Kantor Cabang Utama BCA Manado Liau Jung Nyap.

“Kami bangga salah satu desa wisata mitra Bakti BCA dapat masuk sebagai nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia versi ADWI 2023. Kami harap pencapaian ini dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat Tomohon, khususnya masyarakat Desa Wisata Kakaskasen Dua. Secara khusus, kami ingin memberikan apresiasi bagi segenap pengurus desa yang telah bekerja keras mengembangkan desa ini. Kami juga berterima kasih atas dukungan penuh dari Kemenparekraf RI dan pemerintah daerah. Secera keseluruhan, kami menilai inisiasi program ADWI adalah suatu terobosan positif yang mampu menciptakan momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Liau Jung Nyap.

Desa Wisata Kakaskasen Dua menawarkan wisata alam nan sejuk khas dataran tinggi, karena secara geografis desa ini diapit oleh dua gunung aktif, yakni Gunung Mahawu dan Gunung Lokon. Terdapat juga wisata alam Air Terjun Malimbukar untuk menambah kelengkapan wisata alam di desa ini. Selain itu, Desa Wisata Kakaskasen Dua juga memiliki sejumlah objek wisata lainnya yang siap memanjakan mata dan pikiran wisatawan, antara lain Taman Wisata Pelangi, Telaga Kasewean, hingga Bukit Doa Mahawu.

Desa Wisata Kakaskasen Dua juga menjadi bagian dari kesuksesan Tomohon International Flower Festival (TIFF), yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2008, dan turut didukung oleh Kemenparekraf RI. Desa ini merupakan “rumah” bagi sejumlah tanaman bunga yang digunakan dalam festival bunga tersebut, dan tentunya menjadi sumber keindahan utama di Desa Wisata Kakaskasen Dua. Seni dan budaya juga menjadi daya tarik tersendiri di Desa Wisata Kakaskasen Dua. Wisatawan dapat menikmati wisata seni berupa pertunjukan Tari Kabasaran, musik Kolintang, dan Tarian Maengket. 

Setelah menikmati sajian alam hingga seni dan budaya, wisatawan juga dapat mencicipi kuliner khas daerah ini seperti Kue Gulung, Nasi Jaha, Cucur, Apang, Ayam Bulu, Pangi Bulu, dan Bubur Manado. Terakhir, para wisatawan juga dapat membawa buah tangan khas Desa Wisata Kakaskasen Dua seperti Batik Tomohon dan kerajinan bambu. Seluruh rangkaian wisata itu dapat dinikmati dengan menempuh perjalanan selama 90 menit dari Bandara Sam Ratulangi.

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI. Dari total 7.275 desa wisata di Indonesia, sebanyak 4.573 desa telah terpilih untuk mengikuti ajang ADWI 2023. Saat ini, rangkaian kegiatan ADWI 2023 telah melewati berbagai tahap kurasi yang dilakukan oleh dewan juri. Proses kurasi dimulai dengan pemilihan 500 desa wisata terbaik yang kemudian dikerucutkan menjadi 300 besar, hingga akhirnya terseleksi menjadi 75 desa wisata pilihan.

“Sebagai bagian dari perbankan nasional, BCA mendukung penuh program pemerintah Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja yang tentunya diperkuat dengan penyelenggaraan ADWI ini. Selain memperkenalkan budaya dan tradisi leluhur masyarakat Minahasa, anugerah ini memberikan motivasi tambahan bagi kita semua agar meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia. Dengan mengikuti ajang ini, kami sungguh berharap Desa Wisata Kakaskasen Dua dapat dikenal lebih banyak turis sehingga mampu menjadi salah satu roda penggerak perekonomian warga Tomohon,” tutup Hera F. Haryn selaku Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA.

Keterangan Foto 1:

BCA Senantiasa Membina dan Mendampingi Desa Wisata Kakaskasen Dua - VP CSR BCA Nona Faletta Aryuni Sumanang (kedua dari kiri) menyerahkan simbol pembinaan dan pendampingan kepada Ketua Pokdarwis "Viktory" Kakaskasen Dua Jouvendi A.S. Rompis, SE (keempat dari kanan), yang dipandu langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno (kedua kari kanan). Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Walikota Tomohon Caroll Senduk (ketiga dari kanan) dan Kepala KCU BCA Manado Liau Jung Nyap (kiri). Desa Wisata Kakaskasen Dua merupakan salah satu desa mitra Bakti BCA, dan masuk dalam nominasi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023 setelah melalui seleksi ketat dari 4.573 peserta desa wisata lainnya.

Keterangan Foto 2:

Visitasi Menparekraf RI ke Desa Wisata Kakaskasen Dua - Kepala KCU BCA Manado Liau Jung Nyap (ketiga dari kiri) dan VP CSR BCA Nona Faletta Aryuni Sumanang (ketiga dari kanan) menyambut kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno (kedua dari kanan). Setelah Tim Dewan Juri ADWI 2023 melakukan penjurian Desa Wisata Kakaskasen Dua secara langsung pada tanggal 7 Agustus 2023, sehari setelahnya Menparekraf RI turut melakukan visitasi ke Desa Wisata Kakaskasen Dua.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2023, BCA melayani lebih dari 36 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 77 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.348 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA