Kembali ke Pressroom
24 Mei 2021

BCA Kerjasama dengan Kimia Farma Gelar Simbolis Vaksinasi Gotong Royong

Jakarta, 24 Mei 2021 - Industri perbankan merupakan urat nadi sistem perekonomian di tanah air. Maka dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada nasabah di masa pandemi serta berkontribusi terhadap terciptanya kekebalan komunal (herd immunity), secara simbolis PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melaksanakan vaksinasi Gotong Royong kepada karyawan BCA.

BCA akan memberikan vaksinasi kepada seluruh karyawan, terutama bagi yang berinteraksi langsung dengan dengan nasabah dan berada di unit kerja utama dalam memastikan operasional sistem dan pelayanan 24 jam bagi nasabah. Selain melalui program vaksin Gotong Royong yang bekerja sama dengan PT Kimia Farma, sejumlah karyawan BCA telah mendapatkan dosis vaksin melalui Program Vaksinasi Pemerintah atas dukungan Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, BI, OJK, dan Pemerintah Daerah setempat. BCA berkomitmen memberikan vaksin untuk keluarga karyawan sesuai proses yang ditentukan oleh pemerintah ke depan.

Hadir dalam pelaksanaan penerimaan tahap pertama vaksinasi Gotong Royong tersebut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA Haryanto T. Budiman, Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk Verdi Budidarmo, Plt Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika Agus Chandra, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotik Nurtjahjo Walujo Wibowo, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn, dan GM Corporate Secretary PT Kimia Farma Tbk Ganti Winarno P. di Menara BCA, Jakarta, Senin (24/5).

Jahja mengatakan, mendukung percepatan program vaksinasi bagi karyawan karena industri perbankan merupakan sektor esensial yang diperbolehkan tetap beroperasi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang selama ini berada di zona risiko dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dan masyarakat. Vaksinasi tersebut juga menjadi bagian dari kontribusi BCA dalam mendukung program pemulihan ekonomi melalui kekebalan komunal di tengah masyarakat.

“Kami bersyukur menjadi bank pertama yang melaksanakan vaksinasi Gotong Royong untuk karyawan. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan untuk memberikan pelayanan yang optimal, dan menjamin rasa aman dan nyaman bagi karyawan BCA dan keluarganya, serta segenap nasabah. Terima kasih kepada Ketua Umum KADIN Bapak Rosan Roeslani, Wakil Ketua Umum KADIN Ibu Shinta Kamdani, dan seluruh pihak yang sudah membantu terlaksananya vaksinasi ini,” ujar Jahja, pada Senin (24/5).

Seperti diketahui, selama pandemi, BCA telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah dan badan kesehatan dunia WHO. BCA juga senantiasa mengimbau agar nasabah dan masyarakat mengoptimalkan layanan perbankan online melalui #BankingFromHome untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi perbankan selama masa pandemi.  

Verdi Budidarmo menambahkan bahwa setelah mendukung industri manufaktur pada saat kick off Vaksinasi Gotong Royong pada 18 Mei 2021, kini PT Kimia Farma Tbk mendukung industri perbankan, yaitu BCA.

"Kimia Farma menilai kelancaran industri perbankan memiliki peran penting untuk pemulihan ekonomi. Peran BCA dalam industri ini sangat penting dan kesediaan BCA sebagai institusi perbankan pertama yang menyiapkan vaksinasi bagi para karyawan patut diapresiasi. Oleh sebab itu, Kimia Farma memberikan pelayanan Kesehatan terbaik dalam hal ini Vaksinasi Gotong Royong agar BCA dapat memberi pelayanan sebaik-baiknya bagi semua nasabahnya. Ini adalah bukti bahwa selama ini BCA dan Kimia Farma telah bekerja sama dengan baik," tutur Verdi.

Menurutnya, selama ini Kimia Farma dan BCA sudah berkolaborasi dalam berbagai hal seperti penyediaan mesin ATM dan EDC BCA di sejumlah Apotek Kimia Farma untuk memberikan layanan finansial bagi masyarakat sambil mendapatkan layanan kesehatan.

Verdi menegaskan bahwa Kimia Farma terus mendukung kebijakan vaksinasi pemerintah melalui pemberian fasilitas pelayanan kesehatan kepada perusahaan yang melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong terhadap karyawan dan keluarganya. "Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi perusahaan yang melakukan Vaksinasi Gotong Royong. Sekaligus berkontribusi dalam mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi."

Kimia Farma, melalui cucu usahanya PT Kimia Farma Diagnostika (KFD), menjadi penyedia fasilitas pelayanan kesehatan untuk proses Vaksinasi Gotong Royong. Selain itu, Kimia Farma telah menyiapkan layanan digital, seperti Kimia Farma Mobile untuk memastikan pelaksanaan Vaknisasi Gotong Rotong ini berjalan dengan nyaman dan aman.

BCA bekerja sama dengan Kimia Farma Laksanakan Simbolis Vaksinasi Gotong Royong

BCA Selenggarakan Vaksinasi Gotong Royong - Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (tengah), Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk Verdi Budidarmo (kiri), dan Plt Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika Agus Chandra (kanan) meninjau secara langsung pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong untuk Pekerja BCA pada Senin (24/05) di Menara BCA, Jakarta (24/05). BCA akan memberikan vaksinasi kepada seluruh karyawan, terutama bagi yang berinteraksi langsung dengan dengan nasabah dan berada di unit kerja utama dalam memastikan operasional sistem dan pelayanan 24 jam bagi nasabah.

BCA bekerja sama dengan Kimia Farma Laksanakan Simbolis Vaksinasi Gotong Royong

BCA Selenggarakan Vaksinasi Gotong Royong - (kiri-kanan) Direktur BCA Haryanto T. Budiman, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotik Nurtjahjo Walujo Wibowo, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk Verdi Budidarmo dan Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika Agus Chandra meninjau pelaksanaan simbolis vaksinasi Gotong Royong di Menara BCA pada Senin (24/05).

BCA bekerja sama dengan Kimia Farma Laksanakan Simbolis Vaksinasi Gotong Royong

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2021)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2021, BCA melayani lebih dari 25 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.244 kantor cabang, 17.634 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat iakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 24.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat: Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon: (021) 2358-8000

Fax: (021) 2358-8339

E-mail: humas@bca.co.id    
 

Tentang Kimia Farma

Kimia Farma adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Nama perusahaan ini pada awalnya adalah NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co.

Berdasarkan kebijaksanaan nasionalisasi atas eks perusahaan Belanda di masa awal kemerdekaan, pada tahun 1958, Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma. Kemudian pada tanggal 16 Agustus 1971, bentuk badan hukum PNF diubah menjadi Perseroan Terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

Mencatatkan saham perdana untuk publik (IPO) pada tanggal 4 Juli 2001 dengan kode emiten KAEF dan komposisi saham 90,025% milik pemerintah dan 9,975% milik publik. Melalui proses inbreng yang dilaksanakan Pemerintah Republik Indonesia pada 28 Februari 2020, kepemilikan saham 4.999.999.999 saham seri B dialihkan kepada PT Bio Farma (Persero)

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pemerintah menugaskan PT Bio Farma (Persero) dalam pendistribusian vaksin Covid-19, peralatan pendukung, dan logistik. Pemerintah juga bisa melakukan penunjukan langsung badan usaha dalam pendistribusian vaksin tersebut.

Sementara itu, perusahaan yang akan menjadi peserta Vaksinasi Gotong Royong harus terdaftar dulu di Kadin Indonesia. Selanjutnya, Kadin bekerja sama dengan Bio Farma melalui anak usahanya PT Kimia Farma Tbk. Dalam pendistribusian dan penyuntikan Vaksinasi Gotong Royong, emiten farmasi berkode saham KAEF itu menunjuk cucu usahanya, PT Kimia Farma Diagnostika. Kimia Farma Diagnostika merupakan anak usaha PT Kimia Farma Apotek.

Vaksinasi Gotong Royong merupakan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung oleh badan hukum/badan usaha. Sejak pertengahan Januari 2021, pemerintah telah menggelar penyuntikan Vaksinasi Program secara gratis kepada kelompok prioritas seperti tenaga kesehatan dan lanjut usia (lansia).

KIMIA FARMA TBK
Corporate Secretary

Alamat: Jl. Veteran No. 9 Jakarta 10110

Telepon: (021) 384-7709

Fax: (021) 381 4441

E-mail: corsec@kimiafarma.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA