Kembali ke Pressroom
09 Apr 2020

BCA Menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

Jakarta, 9 April 2020 – PT Bank Central Asia Tbk (“Perseroan”) hari ini melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) di Menara BCA Grand Indonesia, Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta. Dalam pelaksanaan RUPST, BCA tetap mengikuti Protokol Kesehatan yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sesuai arahan pemerintah di antaranya melakukan pengukuran suhu tubuh, menggunakan masker, dan menyiapkan hand sanitizer bagi para pemegang saham yang memasuki gedung Menara BCA serta mengatur jarak tempat duduk sesuai anjuran physical distancing.

Adapun dalam RUPST tersebut telah diambil keputusan atas beberapa hal yang dirangkum sebagai berikut:

  • Menyetujui Laporan Tahunan serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et decharge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilaksanakan selama tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2019.
  • Sehubungan dengan Laba Bersih yang diperoleh Perseroan selama tahun buku 2019 adalah sebesar Rp 28,6 Triliun. RUPST telah menetapkan penggunaan Laba Bersih Perseroan tersebut, diantaranya untuk dibagikan sebagai Dividen Tunai sebesar Rp555,- per saham. Dividen tunai tersebut sudah termasuk dividen interim sebesar Rp100 per saham yang telah dibagikan pada tanggal 20 Desember 2019.
  • Menyetujui perubahan anggota Direksi Perseroan dengan mengangkat Bapak Haryanto Tiara Budiman dan Bapak Gregory Hendra Lembong; serta menerima pengunduran diri Ibu Inawaty Handojo selaku Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan) Perseroan dan mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas jasa-jasa yang telah diberikan selama menjabat.
  • Pemberian kuasa untuk penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan untuk tahun buku 2020 serta tantiem untuk tahun buku 2019 yang akan dibayarkan Perseroan kepada Dewan Komisaris dan Direksi.
  • Memberi kuasa dan wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Kantor Akuntan Publik Terdaftar yang akan melakukan audit pada tahun 2020.
  • Memberi kuasa dan wewenang kepada Direksi dengan persetujuan Dewan Komisaris untuk membayar dividen interim untuk tahun buku 2020.
  • Menyetujui perubahan recovery plan Perseroan.

BCA Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

Pembagian dividen tersebut di atas adalah sebesar 47,9% dari total Laba Bersih tahun buku 2019. Dividen tersebut meningkat cukup signifikan yaitu sebesar 15,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Pemberian dividen tunai pada tahun buku 2019 ini dengan mempertimbangkan proyeksi pertumbuhan bisnis, tercukupinya kebutuhan modal untuk aksi korporasi akuisisi dua bank, serta adanya potensi penurunan capital charge terkait dengan perubahan metode perhitungan ATMR risiko operasional. Ke depan, BCA akan terus mengkaji besarnya dividen yang akan diberikan sesuai kondisi pasar dan performa bisnis perseroan dari tahun ke tahun.

Pengangkatan Bapak Haryanto Tiara Budiman selaku Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan) dan Bapak Gregory Hendra Lembong selaku Direktur Perseroan, akan efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah Perseroan menerima persetujuan dari OJK untuk pengangkatan tersebut; serta menerima pengunduran diri Ibu Inawaty Handojo selaku Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan) Perseroan yang akan berlaku sejak Bapak Haryanto Tiara Budiman efektif menjabat sebagai Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan) Perseroan. Pengangkatan dua anggota direksi baru BCA tersebut untuk melengkapi kapabilitas manajemen BCA dalam mengembangkan bisnis perseroan dalam menghadapi dinamika bisnis di tengah kompetisi ketat dan perkembangan teknologi digital di masa depan. 

Dengan demikian setelah ditutupnya RUPST, maka susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang menjabat adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

Presiden Komisaris

: Djohan Emir Setijoso

Komisaris

: Tonny Kusnadi

Komisaris Independen

: Cyrillus Harinowo

Komisaris Independen

: Raden Pardede

Komisaris Independen

: Sumantri Slamet

Direksi:

Presiden Direktur

: Jahja Setiaatmadja

Wakil Presiden Direktur

: Armand Wahyudi Hartono

Wakil Presiden Direktur

: Suwignyo Budiman

Direktur

: Subur Tan

Direktur

: Henry Koenaifi

Direktur Independen

: Erwan Yuris Ang

Direktur

: Rudy Susanto

Direktur

: Santoso

Direktur

: Lianawaty Suwono

Direktur
Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan)

: Vera Eve Lim
: Inawaty Handojo*)

Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan)

: Haryanto Tiara Budiman**)

Direktur

: Gregory Hendra Lembong**)

Catatan:              
*) Masih menjabat sampai dengan Bapak Haryanto Tiara Budiman efektif menjabat selaku Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan)  
**) Efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah Perseroan menerima persetujuan OJK

BCA Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

RUPST BCA 2020 – (kiri-kanan) Presiden Komisaris BCA Djohan Emir Setijoso, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, dan Direktur BCA Vera Eve Lim di sela-sela penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (09/04). RUPST memberikan persetujuan atas penetapan penggunaan Laba Bersih Perseroan selama tahun buku 2019 sebesar Rp 28,6 Triliun, diantaranya untuk dibagikan sebagai Dividen Tunai sebesar Rp555,- per saham. Dividen tunai tersebut sudah termasuk dividen interim sebesar Rp100 per saham yang telah dibagikan pada tanggal 20 Desember 2019. Pembagian dividen tersebut di atas adalah sebesar 47,9% dari total Laba Bersih tahun buku 2019. Dividen tersebut meningkat cukup signifikan yaitu sebesar 15,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, RUPST mengangkat Haryanto Tiara Budiman sebagai Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan) dan Gregory Hendra Lembong sebagai Direktur Perseroan; serta menerima pengunduran diri Inawaty Handojo selaku Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan) Perseroan, yang berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah Perseroan menerima persetujuan dari OJK.

BCA Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2019)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2019, BCA melayani hampir 22 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.256 kantor cabang, 17.928 ATM, serta layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Sub Divisi Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat: Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat 10310
Telepon: (021) 2358-8000
Fax: (021) 2358-8339
E-mail: humas@bca.co.id


Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA