Kembali ke halaman Keberlanjutan

Budaya Keberlanjutan

Nilai-nilai keberlanjutan dan operasional yang bertanggung jawab

Menerapkan Operasi yang Adil

BCA berkomitmen mempertahankan praktik operasi yang adil dengan mematuhi undang-undang, peraturan, norma sosial, dan kode etik yang berlaku. Bentuk nyata komitmen BCA terhadap kepatuhan budaya keberlanjutan dijalankan melalui beberapa upaya internal, seperti mengelola aset intelektual dengan efektif, membangun dan memelihara hubungan yang adil, menghilangkan konflik kepentingan dengan pemasok atau pihak terkait lainnya, serta melakukan persaingan yang sehat dengan mematuhi undang-undang anti-monopoli. Selain upaya internal, BCA membuat kebijakan terkait dengan penghormatan hak asasi manusia, ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja, dan praktik pengadaan yang adil kepada pemasok. Keterlibatan BCA dengan pemangku kepentingan dalam inisiatif bisnis maupun aspek-aspek keberlanjutan dilakukan melalui kerja sama yang jelas dengan pakta integritas dan kepatuhan terhadap kebijakan yang adil bagi kedua belah pihak. 

Dalam rantai pasokan, BCA melibatkan pihak-pihak lokal untuk mendukung peningkatan perekonomian di Indonesia. BCA telah melakukan due diligence HAM terhadap vendor dalam rantai pasokan di tahun 2021 dalam memastikan bahwa vendor-vendor menghormati prinsip-prinsip HAM dalam operasinya. Selain itu, setiap calon vendor akan diseleksi sebelum diterima untuk bekerja sama, termasuk seleksi atas aspek LST.

Hak Asasi Manusia dan Ketenagakerjaan

A. Menghormati Hak Asasi Manusia

Komitmen BCA dalam menghormati HAM diwujudkan dalam Kebijakan HAM. Kebijakan HAM yang dimiliki menjadi payung besar dari beberapa aspek HAM, di antaranya terkait pekerja, vendor, mitra kerja, nasabah, dan masyarakat pada umumnya. Di tahun 2021, BCA melakukan due diligence HAM secara berkala sesuai dengan konteks tanggung jawab sosial dan bisnis bank termasuk kepada vendor. 

Dalam kebijakan HAM, BCA secara tegas mengungkapkan penerapan praktik non diskriminasi dan adanya kesetaraan gender di tempat kerja. Sejalan dengan kebijakan non diskriminasi yang tertuang dalam SK HAM BCA, serta code of conduct BCA, dan Perjanjian Kerja Bersama, BCA melarang adanya tindak pelecehan seksual maupun non-seksual di lingkungan kerja, dan tidak akan memberikan toleransi terhadap perilaku tersebut. 

BCA memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik (difabel) dan menghormati hak-hak mereka. Saat ini, BCA telah mempekerjakan 10 (sepuluh) orang Tenaga Kerja Alih Daya penyandang disabilitas yang bekerja sebagai Call Center Officer di Sentra Layanan Digital. 

BCA berkomitmen untuk menjaga komunikasi dengan pekerja, melalui beberapa sarana, salah satunya adalah Halo SDM (66900) yang dapat dihubungi pekerja untuk mendapatkan informasi tentang ketenagakerjaan atau hubungan industrial. Sarana ini dapat diakses melalui jaringan telepon internal BCA dengan jaminan kerahasiaan informasi penelepon. 

B. Memperhatikan Kesejahteraan Pekerja

Dalam manajemen sumber daya manusia, terdapat Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang berisi hak dan kewajiban pekerja dan perusahaan, informasi seperti kesetaraan dan keadilan dalam penilaian kinerja, kebijakan promosi dan pendidikan, serta kebebasan berserikat. 

BCA mengembangkan budaya kerja yang positif melalui program Team Engagement (TE) untuk mengukur tingkat keterikatan pekerja tetap, kontrak, maupun peserta Magang Bakti BCA yang minimal sudah bekerja satu tahun dan berbagai kegiatan fun yang dilakukan secara bersama-sama. Semangat One BCA: One Goal, One Soul, One Joy merupakan slogan yang disuarakan untuk membuat BCA menjadi satu kesatuan yang utuh. 

1. Pengembangan Kompetensi dan Kesejahteraan Pekerja

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan motor penggerak di perusahaan dalam memberikan layanan dan menjaga kelangsungan bisnis bank. Komitmen BCA yaitu berupaya menciptakan sumber daya unggul, salah satunya dengan memberikan berbagai jenis pelatihan dan mendukung mereka untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Seiring dengan perubahan ke arah digitalisasi, BCA telah menerapkan metode pembelajaran e-learning, video learning, video conference, gamification, dan micro learning

BCA memberikan remunerasi tanpa diskriminasi terhadap suku, ras atau golongan. Gaji pokok untuk semua pekerja tidak dibedakan berdasarkan jenis kelamin tetapi berdasarkan kinerja mereka di setiap level jabatan. Gaji pokok setiap pekerja berada di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) yang berlaku di seluruh wilayah kantor cabang di Indonesia. Selain gaji dan tunjangan, BCA memberikan bonus tambahan berupa saham BCA untuk meningkatkan rasa kepemilikan pekerja terhadap Perusahaan. BCA juga memfasilitasi kegiatan kelompok untuk mendukung hobi dan minat pribadi pekerja di luar rutinitas kerja. Selain itu, pekerja juga diberikan fasilitas Layanan Konseling BCA untuk berkonsultasi dengan para konselor profesional atau psikolog konselor berpengalaman untuk memberikan layanan terbaik bagi pekerja. 

2. Tabungan Pensiun

Kebijakan tabungan hari tua pekerja mencakup skema pembayaran iuran yang ditanggung oleh Perusahaan dan pekerja. Program tabungan hari tua (dana pensiun) berlaku untuk seluruh pekerja mulai dari level staf hingga EVP dan dikelola oleh lembaga dana pensiun yang dibentuk oleh BCA. BCA juga mengikutsertakan seluruh pekerja dalam program BPJS Ketenagakerjaan hari tua dan pensiun. Dengan skema iuran bulanan yang dibayarkan oleh perusahaan dan pekerja. 

3. Serikat Pekerja dan Perjanjian Kerja Bersama

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, BCA menjamin kebebasan bagi seluruh pekerja untuk bergabung dengan Serikat Pekerja. Serikat Pekerja merupakan mitra strategis manajemen dalam membina hubungan industrial yang baik dan harmonis, sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif dan peningkatan produktivitas yang optimal. Dalam upaya membangun hubungan industrial yang baik dengan pekerja, BCA memiliki Perjanjian Kerja Bersama yang ditinjau setiap dua tahun oleh perwakilan dari Serikat Pekerja bersama-sama dengan manajemen. 100% hak dan kewajiban pekerja tetap BCA dilindungi melalui Perjanjian Kerja Bersama ini. 

4. Akses ke Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan disediakan di seluruh kantor BCA, antara lain asuransi, klinik kesehatan, dan spanduk edukasi kesehatan. Seluruh pekerja berhak atas rawat inap, rawat jalan, nifas, kacamata, perawatan gigi, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan kesehatan berkala, dan pap smear. BCA juga memberikan perlindungan BPJS Kesehatan bagi keluarga pekerja. BCA juga aktif mensosialisasikan pola hidup sehat (health awareness) melalui Seminar Kesehatan bersama pekerja dan keluarganya. BCA memberikan fasilitas konsultasi melalui kunjungan ke dokter rujukan BCA. BCA juga menyediakan Medical Check-Up (MCU) setahun sekali bagi pekerja berusia 40 tahun ke atas. BCA juga telah melakukan pemetaan terhadap penyakit akibat kerja yang sering diderita oleh pekerja. 

5. Lingkungan Kerja yang Layak dan Aman

Keselamatan kerja tercermin dalam penataan ruang kantor yang mengacu pada kelengkapan dan fasilitas kerja dan lingkungan yang memadai, serta fasilitas keamanan. Seluruh manajemen gedung kantor cabang melakukan simulasi kebakaran dan gempa bumi secara berkala. Selain itu, seluruh pekerja akan mendapatkan sosialisasi, pelatihan fire drill, dan pelatihan evakuasi bencana alam. Untuk meningkatkan kewaspadaan dan mencegah jatuhnya korban jiwa, infrastruktur gedung perkantoran BCA telah dilengkapi dengan fasilitas berupa alarm sebagai sistem peringatan dini. 

6. Sosialisasi Pencegahan Penularan COVID-19

BCA telah menyediakan call center COVID-19 untuk seluruh pekerja. Selain itu, pedoman penanganan COVID-19 telah diterbitkan untuk membantu insan BCA dalam memahami tata cara penanganan kasus suspek, kasus terduga, kontak dekat, dan kasus terkonfirmasi. Dalam upaya memutus penyebaran COVID-19, BCA juga melakukan contact tracing.

Lingkungan dan Perubahan Iklim

A. Respons BCA terhadap Perubahan Iklim

BCA telah menyusun roadmap strategi perubahan iklim untuk mengidentifikasi risiko dan peluang bank yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.

Secara keseluruhan, untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mencapai target penurunan GRK sebesar 29% pada tahun 2030, BCA telah mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mengembangkan peta jalan Strategi Perubahan Iklim;
  • Terus mengembangkan inventarisasi GRK dengan menggunakan Standar Protokol GRK;
  • Meningkatkan pemahaman tentang sumber dan dampak perubahan iklim terhadap operasi dan investasinya;
  • Meningkatkan ketahanan Bank terhadap emisi dan risiko iklim dengan memantau sektor investasi terkait iklim;
  • Menyiapkan pedoman bagi pelanggan dan bisnis untuk beralih ke ekonomi rendah karbon dan tahan iklim. 

B. Menuju Operasi Ramah Lingkungan atau Rendah Karbon 

BCA terus mengembangkan inovasi untuk menuju operasional yang ramah lingkungan. Berbagai upaya telah diimplementasikan untuk mengurangi dampak negatif lingkungan, di antaranya adalah:

  1. Program pengurangan pemakaian kertas
  2. Program efisiensi energi
  3. Pengurangan emisi perjalanan udara dengan pergantian pertemuan secara virtual
  4. Secara bertahap akan menjalankan green procurement dengan mengintegrasikan pedoman pengadaan hijau dan aspek pengurangan GRK untuk menciptakan ketahanan iklim
  5. Meningkatkan kualitas produk dan layanan yang diberikan untuk mempermudah akses bagi nasabah melalui perbankan digital
  6. Menerapkan digital workplace
  7. Mendukung operasional yang ramah lingkungan melalui konsep green building
  8. Program Bakti BCA yang berbasis lingkungan 

C. Agent of Change

Gerakan ramah lingkungan di kantor BCA tidak terlepas dari keterlibatan pekerja BCA. Hal ini diwujudkan dengan dibentuknya Agent of Change (AOC) atau agen perubahan di perwakilan kantor/unit kerja di kantor pusat, kantor wilayah, kantor cabang di seluruh Indonesia dan juga anak perusahaan. 

Agent of Change berperan dalam penerapan budaya dan perilaku ramah lingkungan di lingkungan kantor seperti penghamatan listrik dan air, pemilahan sampah, mengembangkan e-learning green office & green lifestyle sebagai sarana penyadartahuan terkait lingkungan, serta menyerukan Gerakan ramah lingkungan melalui media komunikasi internal dan sosial media perusahaan. 

D. Mengelola Energi dan Mengurangi Jejak Karbon 

Dalam mendukung pelestarian lingkungan dan mitigasi perubahan iklim, BCA mulai mengelola pemakaian energi. BCA konsisten melakukan inisiatif pengurangan pemakaian listrik, di antaranya dengan cara:

  • Mengatur jadwal untuk mematikan lift secara bertahap
  • Mematikan lampu saat jam makan siang untuk area back office
  • Menggunakan inverter AC dan lampu LED
  • Peralihan pemakaian kertas HVS 80gsm menjadi 75gsm 

E. Mengelola Limbah dan Pemakaian Air 

Secara bertahap BCA telah melakukan pemilahan sampah pada beberapa gedung kantor yaitu Wisma Asia I, Wisma Asia II, Wisma Pondok Indah dan Wisma BCA Foresta. Selain itu, BCA juga bekerjasama dengan pihak ketiga melakukan inisiatif pengolahan limbah kartu debit dan kredit menjadi bahan material bangunan (paving block), Beberapa gedung BCA juga telah melakukan pengolahan air limbah yang dimanfaatkan untuk kebutuhan non hygiene 

Dalam hal penghematan air, upaya penghematan dilakukan dengan cara melakukan perawatan instalasi air, menggunakan keran hemat air, eco-washer, pemasangan rain harvest tank, dan kampanye hemat air. 

F. Pelestarian Lingkungan & Keanekaragaman Hayati 

BCA berkontribusi untuk mendukung kegiatan konservasi flora dan fauna di Indonesia, meskipun kegiatan usahanya tidak berhubungan langsung dengan sumber daya alam maupun keanekaragaman hayati. Pelestarian keanekaragaman hayati ini akan sangat penting untuk membantu ekosistem lingkungan dan mereduksi emisi. 

G. Pengaduan terkait Lingkungan Hidup 

Komitmen dan upaya BCA untuk mendukung kelestarian lingkungan dalam aktivitas perbankan sehari-hari akan terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkesinambungan. Aktivitas BCA tidak ada yang secara langsung memanfaatkan sumber daya alam maupun merusak lingkungan. Oleh sebab itu, hingga saat ini tidak ada pengaduan lingkungan hidup yang diterima langsung atas aktivitas perbankan BCA.

Dapatkan Info Sustainability Terbaru dari BCA

Berlangganan