2023-08-21 | #AwasModus

Penipuan Menggunakan WhatsApp dengan Action Button ‘View’ Tentang Kenaikan Tarif Transfer

Setelah sebelumnya ramai modus penipuan menggunakan malware seperti modus file APK dan PDF, sekarang modus lama menggunakan social engineering berkembang lagi.

Penipu mengangkat lagi modus surat palsu kenaikan tarif transfer antar bank. Kali ini menggunakan media WhatsApp bisnis dengan action button  ‘view’ di bawahnya.

Isi chat nya berupa kop surat seolah-olah dari BCA yang berisi pengumuman kenaikan tarif transfer antar bank menjadi Rp150 ribu per bulan. Jika tidak setuju, korban harus menekan tombol ‘view’ tersebut. Jika tidak merespon dianggap setuju tarif baru.

Saat tombol ‘view’ ditekan, akan muncul sebuah web palsu/web form yang meminta korban mengisi data pribadi/akun perbankan yang akan disalahgunakan oleh pelaku untuk membobol rekening korban.

Bahkan beberapa korban ditelepon dan dipandu untuk melakukan konfirmasi ‘tetap menggunakan tarif lama’ padahal dipandu untuk transfer ke virtual account milik si penipu.

Karena itu, diperlukan kewaspadaan yang lebih tinggi untuk terhindar dari modus penipuan dan pencurian data seperti ini.

Tips aman jika mendapatkan modus penipuan ini

  • Abaikan pesan. Terlebih saat mereka menghubungi dengan menggunakan nomor pribadi. Bank hanya akan memberikan pengumuman/informasi ke dari nomor/akun resmi. Ingat, centang hijau verified account Whatsapp itu bukan di foto profil ya, tapi di samping nama akun.
  • Hindari klik buttonview’ dan mengisi data. Jangan membuka atau klik tombol ‘view’ untuk melihat isinya. Apalagi sudah jelas dari nomor/sumber yang tidak jelas. Kalau terlanjur klik, jangan mengisi web form yang ada di dalamnya. Segera keluar dari website atau microsite yang terbuka dari halaman tersebut.
  • Blokir nomor kontak dan hapus pesan. Blokir nomor kontak pengirim agar nomor tersebut tidak bisa lagi mengirim pesan ke nomor ponsel kamu.
  • Kelola password mobile banking dengan baik. Buatlah password yang kuat dan ubah secara berkala. Hindari penggunaan password yang sama untuk semua akun/aplikasi perbankan.
  • Laporkan ke Halo BCA di 1500888 atau melalui aplikasi haloBCA untuk penanganan lebih lanjut.

Itu dia tips untuk terhindar dari modus penipuan melalui WhatsApp bisnis tentang surat palsu kenaikan tarif transfer antar bank.

Cari tahu informasi modus-modus perbankan lainnya di #Awasmodus  agar kamu bisa lebih waspada terhadap modus penipuan yang dipakai oleh oknum kejahatan.