2023-07-07 | #AwasModus

Waspada Modus Penipuan File PDF Palsu

Belakangan ini sedang ramai modus penipuan lewat media sosial maupun aplikasi chatting yang isinya kiriman pesan berisi file APK, namun berganti jenis, menjadi file berupa PDF.

Sebelumnya, modus penipuan file APK dilakukan melalui berbagai cara, seperti modus kurir paket, undangan pernikahan, surat tilang elektronik dan banyak lagi.

Salah satu contohnya, penipu berpura-pura menjadi calon pembeli dan menghubungi penjual via Whatsapp. Penipu bersandiwara ingin melakukan pembelian sejumlah barang dan membuat list daftar barang yang ingin dipesan dalam bentuk dokumen PDF. Setelahnya, file tersebut dikirimkan untuk memancing penjual meng-klik file agar aksi kejahatan berujung peretasan akun dapat berhasil dilakukan.

Sebenarnya file PDF palsu ini manipulasi yang dilakukan penipu dengan mengubah format file APK berbasis aplikasi berbahaya yang bisa menyerang perangkat untuk mencuri data pribadi hingga dapat menguras rekening milik calon korban.

Waspada! Jangan sembarangan klik file apalagi dari orang tidak dikenal.

Untuk terhindar dari modus penipuan ini, cek tips berikut:

  1. File APK berkedok PDF palsu tidak memiliki tampilan dokumen, sedangkan yang asli terlihat tampilan dokumen yang dikirimkan

  2. Logo file pdf seharusnya memiliki logo berwarna putih bertuliskan PDF font merah

  3. File palsu tidak memiliki detail dokumen seperti jumlah halaman, jenis file dan biasanya berukuran besar, sedangkan file PDF asli memiliki detail yang lebih rinci

Kejahatan dengan modus ini berupaya untuk memanfaatkan ketidakwaspadaan dan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap jenis file .apk maupun .pdf. yang membuat korban ragu.

Sehingga, calon korban terpancing untuk membuka file PDF yang sudah dimanipulasi dan menyetujui permintaan akses dari file tersebut. Setelahnya, pelaku bisa mengakses seluruh informasi yang tersimpan di dalam smartphone dan melakukan pencurian data penting di dalamnya.

Sebagai informasi, jika ragu membuka file PDF, gunakan aplikasi pembaca file PDF seperti Adobe Acrobat.

Semakin banyak cara penipu melakukan aksi kejahatan, untuk itu kita harus semakin berhati-hati pada segala upaya penipuan yang ada.

Selalu update dengan informasi terbaru mengenai modus penipuan dan tips menghindarinya lewat halaman bca.co.id/awasmodus