2022-04-05 | #AwasModus

Cara Mengenali Nomor Telepon Penipu dan Menghindarinya

Seperti halnya dompet, smartphone pada era digital menjadi salah satu barang penting yang tidak boleh tertinggal ketika bepergian. Komunikasi antar masyarakat kini sudah bergantung kepada sebuah gadget terutama smartphone, begitu banyak platform, media, dan aplikasi untuk masyarakat berkomunikasi dan menerima informasi. Saking canggihnya, pelaku kejahatan siber memanfaatkan kecanggihan ini dengan membuat aplikasi untuk membuat nomor telepon palsu.

Nomor telepon palsu biasanya digunakan untuk melakukan penipuan dengan cara mengaku sebagai instansi, lembaga resmi, perusahaan, staf pemerintah, atau mengaku sebagai teman lama dari korban. Metode seperti ini biasa disebut dengan fake caller.

Baca juga: Penipuan Mengatasnamakan OneKlik 

Pelaku akan menelepon korban dengan nomor palsu yang mengatasnamakan pihak resmi, kemudian meminta data pribadi kepada korbannya melalui telepon. Korban yang lengah, akan dengan mudah percaya dengan nomor tersebut dan terbawa arus obrolan serta memberikan semua data yang diminta.

Tidak hanya sampai situ, para penelepon dengan nomor telepon palsu akan menggunakan data privasi kamu untuk mencuri aset pribadi atau aset finansialmu. Inilah yang dianggap berbahaya dari fake caller, uang dan aset pribadi kamu bisa terkuras habis hanya dalam satu kali telepon. 

Jangan pernah kamu memberitahu data pribadi seperti nomor kartu, password, PIN, atau data finansial kamu terhadap siapapun, lewat sarana apapun, apalagi penelepon tidak dikenal.

Untuk menghindari diri sebagai korban dari fake caller, ada beberapa pilihan aplikasi untuk melacak nomor telepon palsu. Dengan cara tersebut, kamu sudah melakukan satu langkah untuk menghindar dari nomor telepon palsu yang berniat untuk menipu. 

Namun, jika kamu nasabah BCA, ada cara yang lebih dapat kamu andalkan, yaitu dengan melakukan tips-tips di bawah ini. Kamu bisa mengenali nomor kontak Halo BCA palsu dan bisa melaporkan tindakan penipuan tersebut dengan menghubungi Halo BCA.

Tips Mengenali Halo BCA Palsu

Jika ada pihak yang menghubungi melalui telepon / WhatsApp, pastikan nomor yang tercantum adalah nomor resmi BCA. Berikut ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan untuk melakukan verifikasi.

  1. Jika ada incoming call dengan tertulis “Halo BCA”, jangan langsung percaya, karena sekarang ada aplikasi fake caller, cek dulu nomor teleponnya. Sebaiknya kamu tidak menyimpan nomor Halo BCA pada kontak di handphone, sehingga nomor telepon yang masuk bisa terpampang jelas. 
  2. Nomor telepon resmi Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021, +62, dll. Jika ada awalan apapun itu tandanya nomor Halo BCA palsu.
  3. Nomor WhatsApp resmi BCA adalah 08111500998 dengan centang hijau. Jika nomornya berbeda atau tidak ada centang hijau, itu nomor WA palsu.

Segera laporkan jika kamu menerima penipuan seperti ini. Pastikan menghubungi call centre resmi atau media sosial resmi sebagai jalur komunikasi untuk melaporkan peniuan yang kamu alami. 

Kamu bisa memiliki aplikasi haloBCA untuk dapat menghubungi berbagai channel resmi Halo BCA yaitu call, chat, email, dan twitter, yang bisa kamu download di Playstore dan App Store.

Yuk, sebarkan informasi tips keamanan ini untuk orang-orang di sekitar agar aman dan tidak mengalami modus penipuan seperti ini. 

#CariTahuBiarAman #AwasModus #DatamuRahasiamu