2020-11-18 | #AwasModus

Awas Modus Penipuan Jual Beli Online. Ini Ciri Toko Bodong!

Banyak sekali kasus penipuan jual beli online khususnya online shop yang terjadi akibat kurang waspada dan mudah tergiurnya konsumen pada penawaran barang-barang branded dengan harga di bawah pasaran. Bahkan ada yang menawarkan diskon gila-gilaan.

Dipancing harga murah, hasrat belanja langsung berontak! Ujung-ujungnya malah merenung dan kesal pesanan tak kunjung datang. Pas dikontak seller-nya menghilang. Yuk ketahui ciri-cirinya dan bagaimana menghindari penipuan dari akun sosmed bodong atau dari online shop bodong.


Ciri-ciri Akun Online Shop Bodong di IG / FB

Dengan memanfaatkan social media Instagram / Facebook dimana kasus penipuan online shop kerap terjadi, kamu harus curiga jika menemukan harga miring dan melakukan stalking terhadap ciri-ciri penipuan lewat akun online shop bodong.

  1. Kolom komentar dinon-aktifkan. Cek, apakah kamu bisa komentar di akunnya, kalau dikunci kamu patut tambah curiga karena gak mungkin online shop menutup kemungkinan komentar baik di akunnya sendiri!
  2. Followernya fiktif. Coba cek follower nya jangan-jangan fiktif / bot. Caranya lihat apakah masuk akal antara jumlah followerdengan jumlah like atau comment pada postingannya. Kalau jauh banget kaya langit dan bumi. Fix pasti ada yang gak beres!
  3. Ngajakin chat japri dan meminta Down Payment (DP) duluan atau full payment setelah menunjukkan “resi pengiriman” palsu.

Ciri-ciri Toko Bodong di Online Shop

Ada juga pelaku yang menjual barangnya melalui Online Shop ternama. Penipu biasanya menjual barang-barang branded, logam mulia Antam dll, dengan harga yang sangat murah. Ini toko abal-abal:

  1. Tidak memiliki lambang STAR di pojok kiri atas.
  2. Tidak memiliki review positif (bintang 4 ke atas) dari pembeli.
  3. Biasanya ngajakin chat japri. Nah, kalau dia udah ngajakin japri kamu harus segera curiga.
  4. Pelaku meminta DP sebelum barang dikirim atau meminta full payment setelah menunjukkan “resi pengiriman” palsu.

Nah, ketika uang sudah kamu transfer, si penipu langsung kabur.


Penting Untuk Diingat:

  • Jangan tergiur beli barang bermerek / emas / mata uang asing dll dengan harga jauh dibawah pasar.
  • Jangan mau diajak untuk keluar dari aplikasi online shopuntuk melakukan chat japri atau transfer ke si penjual sebelum barang diterima.
  • Bank tidak berwenang melakukan pendebetan kembali uang yang sudah ditransfer.
  • Hubungi Halo BCA 1500888 jika kamu terlanjur terkena tipu.

Sampaikan informasi ini kepada teman-teman / orang terdekat di sekitarmu agar selalu berhati-hati dalam membeli barang-barang bermerek secara online. Penting juga untuk diingat, selalu jaga kerahasiaan data pribadimu. Sebab #DatamuRahasiamu.

Yuk jadi #GenerasiAntiModus dengan mengupdate modus penipuan lainnya di www.bca.co.id/awasmodus