03 Mei 2024 | Edukatips

Cara Pengembalian Dana (Refund) Transaksi QRIS di EDC BCA

Transaksi menggunakan QRIS yang telah berhasil dibayarkan oleh nasabah dapat dikembalikan dananya atau di-refund. Contohnya adalah ketika customer kelebihan membayar atau customer melakukan pengembalian barang yang membuat merchant perlu melakukan pengembalian dana ke customer.

Transaksi QRIS yang dapat dilakukan pengembalian adalah transaksi QRIS di EDC BCA.

  1. Pengembalian dana ke customer akan terjadi secara real time.
  2. Pendebetan rekening merchant:
    • Jika refund dilakukan sebelum settlement, maka tidak akan di-debet dari rekening merchant.
    • Jika refund dilakukan setelah settlement, maka akan di-debet dari rekening merchant dan MDR dikembalikan.

Berikut beberapa informasi tentang proses pengembalian dana QRIS untuk merchant:

Transaksi menggunakan QRIS

  • Kriteria transaksi QRIS yang dapat dilakukan refund adalah transaksi QRIS yang berhasil.
  • Batas waktu refund QRIS adalah sebelum/sesudah settlement, maksimal H+7 setelah transaksi.
  • Nominal yang dapat dikembalikan adalah sebagian atau sepenuhnya.
  • Merchant perlu memasukkan nomorRRN dan tanggal transaksi.
  • EDC yang digunakan harus sama dengan EDC ketika transaksi.
  • MDR akan dikembalikan ke merchant sesuai dengan persentase MDR yang berlaku dari nominal transaksi.

Cara refund QRIS melalui EDC BCA

  1. Pilih menu QR
  2. Pilih menu Refund
  3. Masukkan Password
  4. Masukkan Nomor RRN QRIS
  5. Masukkan tanggal transaksi
  6. Cek informasi transaksi. Jika sesuai, pilih Yes
  7. Masukkan jumlah nominal refund, lalu Konfirmasi
  8. Setelah refund berhasil, akan muncul pilihan cetak

Cara refund QRIS melalui EDC dengan Layar Sentuh

  1. Pilih menu Lainnya pada homescreen
  2. Pilih fasilitas Refund
  3. Masukkan password
  4. Masukkan RRN QRIS dan tanggal transaksi
  5. Masukkan jumlah pengembalian dana (refund) lalu klik Konfirmasi
  6. Pilih opsi Cetak/Email untuk memberikan bukti transaksi ke customer

Saat ini, QRIS Refund belum dapat dilakukan untuk transaksi QRIS yang dilakukan melalui Sakuku, QRIS Paylater, dan QR Cross Border. Untuk refund yang dilakukan, dapat dicek keberhasilan transaksi QRIS Refund melalui mutasi rekening.

Informasi lainnya mengenai QRIS dapat dilihat di sini.

Bagi customer yang ingin melakukan pengembalian dana (refund) dari transaksi QRIS yang sudah dilakukan, wajib untuk membawa/menunjukkan struk transaksi original/asli saat mendatangi merchant untuk melakukan proses pengembalian dana.

Bagi merchant yang telah melakukan pengembalian dana (refund), diharapkan untuk menyimpan bukti transaksi pengembalian dana (refund).