01 Apr 2024 | Edukatips

Belanja Kebutuhan Sehari-hari dengan Paylater BCA

Paylater adalah metode pembayaran yang tengah naik daun karena memungkinkan seseorang untuk berbelanja saat ini dan membayar di kemudian hari. Kini, ada banyak sekali kebutuhan yang bisa dibeli menggunakan paylater sehingga membuat banyak orang tertarik menggunakannya.

Meskipun metode pembayaran ini memberikan kemudahan, paylater tetap saja utang yang harus dibayar. Jadi, menggunakannya pun harus berhati-hati agar tidak terjerat utang di kemudian hari.

Jangan asal menggunakan paylater untuk membeli barang yang tidak penting. Gunakanlah paylater untuk membeli barang yang tepat agar lebih bermanfaat. Apa saja barang yang bisa dibeli dengan memanfaatkan paylater? Sebelum menjawabnya, simak dulu cara bijak menggunakan sistem pembayaran yang satu ini.

Cara Bijak Menggunakan Paylater

Sebelum menggunakannya paylater, pahamilah cara bijak menggunakannya berikut ini:

1. Pahami skema pembayaran paylater dan bunganya

Hal terpenting sebelum menggunakan paylater adalah memahami skema pembayaran yang dimiliki penyedia paylater. Umumnya, cicilan yang wajib dibayar pengguna sudah termasuk bunganya. Namun, jangka waktu pembayaran dan besaran bunga akan tergantung dari masing-masing platform.

2. Perhatikan legalitasnya

Paylater merupakan sebuah layanan bisnis yang berbasis keuangan. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya, pastikan untuk mengetahui legalitas dari lembaga tersebut. Misalnya saja dengan mengecek apakah platform tersebut sudah legal dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum.

3. Sadar akan kemampuan diri

Menggunakan paylater berarti sudah siap dengan utang yang harus dibayar sesuai waktu dan bunga yang telah disepakati. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya, perlu pahami batas kemampuan diri dalam membayar utang tersebut. Jika sekiranya cicilan akan memberatkan, disarankan untuk menunda membeli kebutuhan tersebut dilain waktu.

Kebutuhan yang Bisa Dibeli Menggunakan Paylater

Pada dasarnya, metode pembayaran ini bisa untuk membeli berbagai barang atau kebutuhan lainnya. Namun, alangkah baiknya untuk tetap menggunakannya untuk kebutuhan yang benar-benar diperlukan saja. Berikut beberapa kebutuhan yang bisa dibeli menggunakan paylater, meliputi:

1. Akomodasi traveling

Salah satu kebutuhan yang disarankan untuk menggunakan paylater adalah membeli akomodasi untuk traveling, seperti sewa hotel. Pasalnya, ada beberapa online travel agent yang menyediakan berbagai promo menarik jika membayar dengan metode pembayaran ini.

Terlebih saat membeli tiket saat peak season, tentu saja harga pemesanan hotel bisa sangat tinggi. Nah, saat inilah metode pembayaran secara dicicil tanpa kartu kredit bisa digunakan dan tentunya akan meringankan pengeluaran.

2. Peralatan rumah tangga

Buat yang sudah berumah tangga, membeli peralatan elektronik atau kebutuhan lain yang sudah rusak mungkin bisa jadi pengeluaran tak terduga yang memberatkan. Pasalnya, ada saja barang-barang yang rusak secara tiba-tiba dan tidak bisa menggunakan anggaran belanja yang sudah ada.

Nah, sistem pembayaran cicilan dari paylater bisa meringankan pengeluaran yang harus dilakukan. Daripada menggunakan uang tabungan atau uang belanja, memilih paylater bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

3. Peralatan elektronik

Kebutuhan lain yang bisa dibeli dengan sistem pembayaran paylater adalah barang-barang elektronik atau gadget, seperti smartphone. Meski begitu, sebaiknya ketika membeli barang elektronik atau mengganti gadget perlu disesuaikan dengan kemampuan membayar yang dimiliki. Hal ini tentu saja untuk menghindari kesulitan ketika mencicil setiap bulannya.

4. Alat olahraga

Kebutuhan yang bisa dibeli menggunakan paylater lainnya adalah peralatan olahraga. Alat olahraga kerap kali dibutuhkan, baik untuk menunjang hobi maupun menjaga kesehatan fisik dan mental.

Harga alat olahraga sendiri bervariasi. Ada yang mahal, tapi ada juga yang murah. Jika dana yang dimiliki belum terkumpul atau harga alat olahraga yang dibeli relatif mahal, menggunakan paylater bisa jadi pilihan yang memudahkan.

5. Kebutuhan rumah tangga

Belanja kebutuhan rumah tangga seperti sampo atau sabun cuci juga bisa memanfaatkan pembayaran paylater. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan banyaknya promo yang diberikan oleh marketplace saat berbelanja menggunakan paylater, mulai dari diskon hingga cicilan nol persen.

Selain meringankan beban pengeluaran, hal ini juga bisa menjadi celah untuk berbelanja lebih hemat. Akan tetapi, hal ini tetap perlu dikontrol penggunaannya. Jangan terlena menggunakan paylater dan membuat kesulitan membayar tagihan di masa yang akan datang.

Itu dia cara bijak menggunakan paylater serta sejumlah kebutuhan yang bisa dibeli menggunakannya. Manfaatkan juga layanan Paylater BCA yang memberikan kemudahan dalam pembayaran tagihan hingga berbelanja di banyak merchant. Cari tahu informasi lebih lengkap tentang Paylater BCA di sini.