01 Apr 2024 | Edukatips

Tips Agar Keuangan Tetap Stabil Saat Lebaran

Ada banyak alasan kenapa perlu mulai mempersiapkan keuangan yang matang dalam menyambut Lebaran. Karena tidak jarang orang jadi malah bertambah konsumtif selama Lebaran. Ada banyak pengeluaran yang mendadak yang dapat muncul secara tidak terduga.

Terlebih lagi bulan puasa ini juga identik dengan pemberian THR ke kerabat dan saudara. Belum lagi rencana pulang kampung yang sudah mulai direncanakan saat mendekati hari raya Idul Fitri. Karena itu, dibutuhkan strategi khusus untuk mengatur keuangan dalam menyambut bulan Lebaran.

Tips Mempersiapkan Keuangan Selama Lebaran

Persiapan keuangan ini sebaiknya sudah dilakukan sebelum memasuki Lebaran. Berikut langkah-langkah penting yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan keuangan selama Lebaran.

1. Membuat rencana keuangan

Ada baiknya membuat sebuah rencana keuangan khusus untuk menghitung pengeluaran selama Lebaran, mulai dari biaya mudik dan juga alokasi untuk pemberian THR. Lalu, cobalah disiplin terhadap rancangan keuangan yang sudah dibuat. Lebih baiknya, buat skala prioritas dari semua pengeluaran yang mungkin muncul. Dengan membuat rencana keuangan, pengeluaran dapat disesuaikan dengan batasan yang ditentukan.

2. Sisihkan dana untuk bersedekah

Lebaran juga momen yang tepat untuk bersedekah. Karena itu, jangan lewatkan kesempatan ini untuk berbuat baik ke orang lain. Cobalah sisihkan sebagian harta untuk disedekahkan. Saat ini sedekah ataupun Zakat juga sudah bisa dilakukan secara online, salah satunya melalui Virtual Account yang bisa dibayarkan melalui myBCA dan e-channel BCA lainnya.

3. Pertahankan tabungan dan investasi

Sering kali pengeluaran konsumtif meningkat selama Lebaran. Hal yang sering kali dilupakan adalah menambah tabungan dan investasi. Menyisihkan dana untuk tabungan dan investasi ini juga menjaga diri supaya tidak melakukan pengeluaran yang berlebihan selama Lebaran. Salah satunya investasi melalui fitur Welma di myBCA yang menyediakan investasi seperti Obligasi dan Reksa Dana. 

Belum punya aplikasi myBCA? Download sekarang di Play Store dan App Store dan nikmati #NyamannyaDuniaMybca