14 Mar 2024 | Edukatips

Lakukan Tips Berikut Setelah Buka Rekening Online di BCA

Buka rekening di BCA bisa dilakukan secara online melalui myBCA ataupun BCA mobile. Setelah seluruh prosesnya selesai, rekening tersebut sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan.

Biarpun rekening baru tersebut sudah aktif, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan terlebih dulu untuk membuat transaksi lebih lancar dan nyaman. Cek apa saja tipsnya di bawah ini:

Tips Setelah Buka Rekening di myBCA dan BCA mobile

Yuk, lakukan tips di bawah ini setelah buka rekening baru dari myBCA dan BCA mobile.

1. Melakukan setoran awal

Untuk membuat rekening aktif bisa digunakan, lakukan setoran awal ke rekening tersebut. Setoran awal ini tentunya akan menambah jumlah saldo di rekening sehingga bisa dipakai untuk bertransaksi.

Setoran awal pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui ATM BCA Setor Tarik terdekat. Untuk melakukan setoran tunai ke rekening baru yang belum memiliki kartu ATM, manfaatkan fitur Cardless yang ada di myBCA dan BCA mobile, kemudian pilih Transaksi Tanpa Kartu pada menu awal ATM. Selain setor tunai, tarik tunai tanpa kartu juga bisa dilakukan melalui ATM BCA dengan memanfaatkan fitur Cardless.

Setoran awal juga bisa dilakukan melalui transfer antar rekening BCA maupun antar bank lain. Selain itu, setoran awal bisa dilakukan melalui teller di Cabang BCA terdekat.

2. Melakukan transaksi tanpa sentuhan

Biarpun belum memiliki kartu ATM, transaksi pembayaran tetap bisa dilakukan dengan menggunakan  fitur QRIS, baik dari myBCA maupun BCA mobile.

Caranya, buka aplikasi myBCA atau BCA mobile dan pilih fitur QRIS. Scan QRIS yang disediakan oleh merchant dan selesaikan pembayaran dengan memasukkan PIN.

3. Transfer dana

Transfer dana bisa dilakukan ke sesama rekening BCA atau ke bank lain secara real time. Selain itu, di myBCA dan BCA mobile juga bisa dipakai untuk melakukan transfer Virtual Account. Rekening Virtual Account (VA) biasanya dipakai untuk banyak keperluan, mulai dari bayar belanja online, top up e-wallet, dan lainnya.

Aplikasi myBCA dan BCA mobile juga memiliki fitur penyimpanan rekening tujuan transfer. Fitur ini akan memudahkan jika di kemudian hari ingin melakukan transfer ke rekening yang sama tanpa perlu harus memasukkan nomor rekening kembali.

4. Bayar tagihan

Untuk keperluan pembayaran tagihan seperti tagihan kartu kredit, tagihan listrik, telepon, pascabayar, PDAM, BPJS Kesehatan, pajak kendaraan bermotor, internet, dan asuransi juga bisa dilakukan di myBCA dan BCA mobile.

Untuk aplikasi myBCA, pembayaran tagihan ada di menu “Bayar & Isi Ulang”. Sedangkan di BCA mobile menggunakan menu m-Payment untuk melakukan pembayaran tagihan.

Itu dia sejumlah tips agar transaksi jadi lebih nyaman setelah buka rekening dari myBCA atau BCA mobile. Yuk, nikmati kemudahan bertransaksi cukup lewat smartphone!