12 Des 2023 | Edukatips

Tips Menjaga Cash Flow Untuk Pecinta Otomotif

Memiliki hobi di luar aktivitas rutin dapat menyegarkan pikiran sejenak, salah satunya adalah hobi otomotif. Namun terkadang memiliki hobi otomotif bisa menimbulkan tantangan finansial tersendiri. Simak tips berikut ini untuk menikmati hobi otomotif dengan cash flow tetap terjaga.

1. Membuat budget khusus untuk hobi

Setelah memenuhi kebutuhan utama lainnya, Anda bisa membuat budget khusus yang terkait dengan hobi otomotif, seperti kebutuhan bahan bakar, pemeliharaan rutin, asuransi, perbaikan/penggantian spare part, hingga kebutuhan modifikasi.

2. Melakukan perawatan secara rutin

Perawatan rutin, seperti penggantian oli, rotasi ban dan penggantian filter dapat menjaga performa kendaraan dan meminimalisir pengeluaran budget ekstra. Manfaatkan fasilitas gratis dari dealer untuk perawatan di bengkel resmi pasca pembelian kendaraan hingga usia kendaraan beberapa tahun. Selain dapat memangkas budget, garansi kendaraan tetap terjaga.  

3. Memilih bahan bakar yang tepat

Pilihlah bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan agar dapat menjaga performa kendaraan serta menghindari kerusakan pada komponen mesin kendaraan. Perbandingan oktan dan rasio kompresi kendaraan perlu berbanding lurus di mana semakin tinggi rasio kompresi kendaraannya, maka diperlukan bahan bakar dengan angka oktan yang lebih tinggi. Selain itu, sebaiknya hindari seringnya tangki bahan bakar yang kosong agar terhindar dari risiko kerusakan pada mesin.

4. Berbelanja kebutuhan otomotif dengan hemat

Agar tidak menjadi impulsif dan mengganggu cash flow keuangan, carilah penawaran atau promosi dari beberapa toko spare part atau modifikasi dan lakukan perbandingan spesifikasi serta harga yang ditawarkan. Selain itu, berbelanja saat event khusus juga bisa menjadi pilihan dalam mendapatkan diskon harga atau bonus hadiah tertentu.

5. Bergabung dalam komunitas otomotif

Selain dapat menambah relasi, bergabung dalam komunitas otomotif juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti mudahnya mendapatkan informasi terkait spare part tertentu hingga mendapatkan diskon khusus dari bengkel rekomendasi. Hal tersebut tentunya dapat membantu agar cash flow  dapat terus terjaga. Hal lain yang perlu diingat ketika bergabung dalam komunitas otomotif adalah kedisiplinan dalam mengelola budget khusus hobi Anda agar tidak selalu tergiur dengan penawaran menarik yang dapat mengganggu cash flow dari kebutuhan lainnya.

6. Memiliki asuransi kendaraan

Tips terakhir yang memiliki dampak yang besar adalah asuransi kendaraan. Dengan memiliki asuransi kendaraan, Anda dapat terhindar dari beban finansial jika terjadi kecelakaan atau kerusakan yang tidak terduga pada kendaraan. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah, BCA bekerja sama dengan BCA Insurance dalam menyediakan produk asuransi, salah satunya adalah asuransi kendaraan. Saat ini BCA Insurance sudah bekerja sama dengan 489 bengkel berkualitas dengan rekanan bengkel yang sudah tersebar di 52 kota. Selain itu asuransi kendaraan dengan BCA Insurance dapat memberikan beberapa keunggulan, sebagai berikut:

  • Pilihan jaminan perluasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Tanpa survei khusus untuk kendaraan dengan usia hingga 12 bulan
  • Pembayaran premi melalui autodebet rekening
  • Layanan klaim dari Halo BCA (1500888) dan aplikasi haloBCA selama 24 jam

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi cabang BCA terdekat atau klik di sini.