18 Agt 2023 | Edukatips

Mengenal Surat Berharga Negara (SBN) SR019 dan Cara Memesannya

Mengenal Sukuk Ritel SR019

Pemerintah Republik Indonesia kembali menerbitkan Sukuk Ritel seri SR019 pada September 2023. Sukuk ritel adalah jenis produk investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah untuk seluruh Warga Negara Indonesia dan tidak mengandung unsur judi (masyir), ketidakjelasan (gharar), riba serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Jadwal Penerbitan Sukuk Ritel SR019

Pemesanan SR019 dimulai dari 1 September hingga 20 September 2023 dengan nominal pemesanan mulai dari Rp1 juta dengan tingkat imbalan kompetitif yang nilainya lebih tinggi dari rata-rata tingkat suku bunga deposito bank BUMN dengan pajak yang juga lebih rendah yaitu sebesar 10% dibandingkan pajak deposito yang sebesar 20% dengan tujuan untuk menarik minat masyarakat melakukan investasi.

Berkaca dari Sukuk Ritel 018 yang dirilis sebelumnya, pemerintah menawarkan dua pilihan jangka waktu investasi dengan tenor 3 dan 5 tahun. Sehingga investor dapat memaksimalkan asetnya sesuai kebutuhan dengan memilih pilihan tenor investasi yang tersedia.

Keuntungan Investasi Sukuk Ritel SR019

1. Imbalan tetap dan Kompetitif

Imbal balik yang kompetitif dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN serta pajak yang cukup rendah hanya sebesar 10 persen. Tentunya akan membuat keuntungan investor lebih maksimal.

2. Modal investasi relatif terjangkau

SR019 dapat dibeli mulai dari Rp1.000.000. Bukan hanya terjangkau, registrasi dan pembelian pun terbilang mudah karena bisa dilakukan di myBCA.

3. Dijamin Negara

Negara menjamin pengembalian dari pokok dan imbalan pembelian SBN. Jaminan tersebut ditulis pada UU no. 19 tahun 2008 tentang SBSN. Artinya, investor tidak perlu khawatir munculnya risiko gagal bayar karena telah dijamin oleh Pemerintah dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

4. Bisa dijual di pasar sekunder

Investor SR019 juga bisa mencairkan pokok investasinya lebih awal di pasar sekunder. Sehingga memiliki peluang mendapatkan capital gain/keuntungan jika harga jualnya di atas pokok investasi awal maupun capital loss/kerugian saat harga jualnya berada di bawah pokok investasi awal.

5. Dikelola dengan prinsip syariah

Seluruh pengelolaan dana yang datang dan dikembalikan ke investor menggunakan prinsip syariah yaitu tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan),  riba serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh DSN-MUI.

6. Berperan dalam pembangunan nasional

Dana yang didapatkan dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) ini nantinya akan dipakai untuk pembiayaan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah secara nasional.

7. Cocok untuk investasi jangka menengah

Investasi Sukuk Ritel menjanjikan return dalam 3—5 tahun tergantung tenor yang dipilih, sehingga cocok untuk mengamankan dana jangka pendek hingga menengah. Seperti untuk orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya atau impian untuk mewujudkan tujuan investasi lainnya dalam jangka waktu beberapa tahun lagi.

8. Bisa dijadikan agunan kredit produktif

Kamu juga bisa jadikan SR019 ini sebagai agunan untuk pengajuan kredit produktif di BCA setelah masa minimum holding period yang ditetapkan oleh pemerintah berakhir.

Sukuk Ritel SR019 di BCA

SR019 bisa dipesan secara digital melalui fitur Welma myBCA dan KlikBCA. Segera download aplikasi myBCA untuk kemudahan investasi dan mengelola portofolio. Bikin SID (Single Investor Identification) melalui aplikasi myBCA. Setelah memiliki SID, segera lakukan pemesanan SR019 di awal masa penawaran karena kuota terbatas. Fitur Welma juga bisa digunakan untuk membeli produk investasi seperti Reksa Dana dan Surat Berharga Negara (SBN) lain yang akan diterbitkan pemerintah maupun SBN yang sudah tersedia di pasar sekunder. Nikmati juga berbagai promo investasi myBCA seperti promo investor baru BCA, promo bebas biaya transaksi Obligasi pasar sekunder dan promo bebas biaya transaksi Reksa Dana.

Happy Investing!