14 Jul 2023 | Edukatips

Tips Atur Budget Buat Nonton Konser Musik

Akhir-akhir ini, mulai banyak diadakan acara konser dan festival musik. Buat kebanyakan orang, hal ini jadi kesempatan emas untuk mengeluarkan kembali jiwa bermusik dan menikmati keseruannya.

Hanya saja, banyaknya acara musik ini tak jarang membuat penikmatnya bingung karena tabungan yang masih terbatas. Apalagi harga tiket konser musik juga biasanya dibanderol dengan harga yang tidak murah, sehingga perlu strategi khusus agar bisa membeli tiket konser tanpa mengganggu flow keuangan. 

Simak lima tips menabung konsisten untuk nonton konser berikut ini:

1. Rencanakan Keuangan

Pertama, merencanakan keuangan. Buat rincian pengeluaran yang akan dipakai untuk nonton konser, mulai dari biaya tiket konser, hingga pengeluaran lain seperti akomodasi, konsumsi, hingga merchandise. Setelah dirinci dan ditotalkan, selanjutnya adalah membuat goal, periode, dan skema tabungan hingga saat nanti membeli tiket konser.

Pastikan setiap goal tabungan dalam periode tabungan tercapai ya! Misalnya, dalam satu bulan, goal tabungan adalah Rp100.000, maka goal ini harus terpenuhi dalam periode tabungan tersebut!

2. Buat Tabungan Terpisah

Menyimpan uang tabungan konser pada rekening yang sama dengan pengeluaran lain sangatlah riskan. Sebab, beberapa orang biasanya tanpa sengaja menggunakan dana yang telah disisihkan untuk kebutuhan lain. 

Untuk mengantisipasinya, buatlah tabungan khusus secara terpisah dengan tabungan utama. Ada banyak sekali opsi, misalnya membuka rekening tambahan sebagai tabungan khusus seperti Tahaka (Tahapan Berjangka) untuk menabung rutin dengan jangka waktu tertentu.

3. Berburu Tiket Presale

Demi menghemat biaya, belilah tiket konser presale. Sebab, tiket konser ini terbilang murah dibandingkan harga asli dari tiket konser tersebut. Oleh karena itu, jangan sia-siakan momen untuk membeli tiket konser presale ya!

4. Manfaatkan Kartu Kredit & Promonya

Selain berburu tiket presale, manfaatkan juga promo kartu kredit. Biasanya beberapa kartu kredit menawarkan promo-promo menarik seperti diskon potongan harga dan banyak lagi. Pastikan selalu update informasi mengenai promo kartu kredit yang sedang berjalan, agar tidak ketinggalan ya! Selain itu, manfaatkan program cicilan Kartu Kredit BCA, kamu bisa atur tagihan menjadi cicilan agar tidak meringankan pengeluaran dan tidak mengganggu cash flow bulanan.

Tips menabung ini sangat mudah dipraktikkan, asalkan disiplin dan konsisten da